Langsung ke konten utama

Mengukur Badan Untuk Membuat Baju

Mengukur Ukuran Baju 

Pentingnya Ukuran Baju 

Dalam berpakaian terutama baju , sering ditemukan potongan atau model baju dalam berbagai gaya  tidak sesuai dengan ukuran tubuh yang dikenakan oleh pemiliknya . Membuat tidak nyaman dalam beraktifitas sehingga mengurangi penampilan dan kepercayaan diri saat memakainya , walaupun baju tersebut baru dan menggunakan bahan yang mahal . Ketidaktahuan akan macam macam jenis ukuran baju dan tidak mengerti bagian tubuh yang harus di ukur adalah faktor utama penyebabnya . Untuk kebutuhan kainnya bisa membacanya ditulisan yang lainnya.

Ukuran Tubuh Yang Di Ukur

Agar mendapatkan baju yang pas dengan tubuh kita dan nyaman bila di kenakan ada beberapa bagian tubuh yang harus di ukur ketika membeli atau menjahit baju .

Berikut ini bagian bagian tubuh yang harus diukur secara baik dan teliti :

1. Lingkar Leher 

2. Lingkar Badan

3. Lingkar Pinggang

4. Lingkar Panggul

5. Tinggi Panggul

6. Panjang Punggung

7. Lebar Punggung

8. Panjang Sisi Luar Badan

9. Lebar Muka Badan

10. Panjang Muka Badan

11. Tinggi Dada

12. Panjang Bahu

13. Lingkar Lubang Lengan atas 

14. Lingkar  Siku Lengan

15. Panjang lengan

16. Lingkar Pergelangan Tangan


Ada 16 bagian utama tubuh yang harus diukur oleh seorang penjahit yang dapat anda lakukan sendiri bila di rumah dengan di bantu 1 orang untuk mencatatnya .

Keterangan Pengukuran 

Berikut ini berisi keterangan pengukuran 16  bagian tubuh , yang harus di catat :

  • Lingkar Leher
Mengukur lingkar krah baju

Lingkar leher adalah bagian paling atas yang harus diukur . Tujuannya sebagai ukuran dalam membuat krah baju atau lubang baju bagian atas . Lingkar leher menjadi patokan lingkar minimal yang dibuat apabila membuat pola baju . Selanjutnya bisa menyesuaikan dengan menambahkan panjang lingkar leher sesuai model dan desain baju yang akan dibuat .

  • Lingkar Badan Atas

Mengukur lingkar dada baju kemben

Adalah ukuran yang dilakukan setelah pengukuran lingkar leher . Bagian yang diukur adalah bagian atas Dada bawah ketiak melingkar . Umumnya pengukuran ini banyak di gunakan untuk baju atau pakaian wanita yang berbentuk kemben atau topless , perlu pengukuran yang presisi dalam pengukurannya , khususnya untuk kemben karena di kuatirkan akan pakaian akan melorot ke bawah karena kebesaran atau tidak dapat dikenakan karena terlalu kecil . Harus juga ketika di kenakan tidak membuat sesak pengguna dalam bernapas pemakainya .
  • Lingkar Pinggang 

Mengukur lingkar perut untuk baju

Lingkar pinggang adalah ukuran pinggang bawah pusar perut . Di ukur melingkar agar di ketahui ukuran yang pas . Pengukuran ini harus memperhatikan kelonggaran ukuran yang di berikan , karena terkadang pinggang dan perut seseorang bisa berubah dalam beberapa bulan karena penambahan berat badan , terutama pada perempuan yang sedang hamil karena biasanya dengan bertambah usia kehamilan semakin bertambah ukuran pinggang .

  • Ukuran Panggul Atau Pinggul
Ukuran pinggul untuk baju juga celana

Ukuran panggul atau pinggul adalah bagian tengah badan , harus di ukur berdasar ukuran terbesar pinggul seseorang , memberi sedikit kelonggaran pada ukuran panggul kadang diperlukan bila baju tersebut modelnya adalah terusan ke bawah karena bila sempit bisa mengakibatkan baju robek pada jahitan atau kain bagian pinggul , wanita berpinggul besar sebaiknya di ukur lebih longgar .

  • Tinggi Panggul  Atau Pinggul

Di ukur dari pinggang hingga ke bagian panggul , tujuannya adalah untuk membentuk lekuk tubuh pada baju atau pakaian . Bila pinggang lebih besar daripada panggul , disarankan untuk membuat ukuran panggul sama dengan ukuran pinggang . Tujuannya untuk kenyamanan dan estetika dalam pembuatan baju atau pakaian ,  apalagi bila baju tersebut model terusan yang panjang .

  • Panjang Punggung
Panjang tulang belakang

Di ukur dari tulang bawah leher memanjang hingga bagian bawah tulang punggung , ukuran ini sangat perlu untuk pakaian dengan model jas atau blazer pada wanita . Dimana umumnya terdapat belahan baju bawah yang terletak pada bawah punggung hingga pinggul . Untuk baju jenis kebaya juga di butuhkan , tujuannya untuk plipit cupnut ( sekeng ) badan penggunanya. Potongan resleting punggung panjangnya berpatokan pada panjang punggung juga . 

  • Lebar Punggung 
Punggung belakang tubuh

Adalah lebar bagian atas punggung yang jaraknya dari ujung bahu kanan hingga ujung bahu kiri . Tujuannya untuk membuat pola baju atau pakaian bagian belakang . Untuk diketahui lebar muka depan  tidak sama dengan lebar punggung . Hal ini dipengaruhi bentuk badan pengguna yang kadang condong ke depan atau bisa juga tegap .

  • Panjang Sisi Luar Badan 
Panjang tulang rusuk

Panjang sisi luar badan diukur dari bawah ketiak hingga pinggang , bentuk baju bagian perut bisa di buat proporsional dengan menggunakan ukuran panjang sisi luar , caranya lebar kain pola baju di sesuaikan bentuk bagian perut sepanjang sisi badan .

  • Lebar Muka Badan
Panjang atas dada untuk topless

Yang di maksud lebar muka badan adalah bagian badan depan . Pengukurannya hampir sama dengan pengukuran bagian punggung , diukur dari ujung bahu kanan hingga bahu Kiri . Yang membedakannya hanya pada pengukurannya adalah bagian depan badan . Kain hasil pola pengukuran muka badan dan punggung nanti disatukan dalam proses menjahit .

  • Panjang Muka Badan
Panjang leher bawah hingga pinggang

Jarak antara bawah leher hingga tengah perut sejajar dengan pinggang adalah panjang muka badan . Bertujuan untuk menentukan panjang lapisan kancing depan baju atau kemeja . Penggunaan kain pelapis pada bagian kancing depan baju berdasar panjang muka depan , termasuk kebutuhsn resleting bagian depan untuk jaket .

  • Tinggi Dada

Tinggi dada fungsinya lebih pada pakaian wanita remaja dan wanita dewasa . Karena ukuran dada tiap wanita berbeda , dengan di ukur tinggi dada baju berdampak tidak berbedanya ketinggian baju dari tanah atau umum di sebut tidak menggantung . Cara mengukurnya adalah dari tengah ketiak diukur hingga bagian tertinggi atau paling besar jaraknya ke bagian dada wanita . Untuk laki laki dan anak anak tidak perlu mengukur tinggi dada .

  • Panjang Bahu
Panjang pundak badan

Setiap orang mempunyai lebar bahu yang berbeda antara sebelah kiri dengan sebelah kanan . Hal ini dipengaruhi oleh bagian tangan yang dominan dalam beraktifitas . Orang kidal punya bahu lebih besar dan panjang di sebelah kiri . Pengukuran 2 bahu akan menghilangkan jahitan salah satu bahu yang terlalu panjang dan baju terkesan tidak simetris . Bila menggunakan 1 ukuran bahu disarankan menggunakan panjang bahu terpendek.

  • Lingkar Lubang Lengan
Mengukur lubang lengan baju

Lingkar lubang lengan baju mengukurnya adalah pangkal lengan atas sebelah bahu di ukur melingkar hingga bawa ketiak . Letak bagian bawah bertemu bagian panjang luar badan ketika menjahit . Lingkar lubang lengan haruslah longgar agar baju tidak robek bila lengan badan digerakkan .

  • Lingkar Siku Lengan 
Lingkar lengan pendek

Sesuai namanya lingkar siku lengan itu ukuran lingkar antara lengan tubuh bagian bawah dan siku tangan yang di ukur sesuai dengan lingkar lengan terbesar . Pemberian kelonggaran minimal 1 cm dianjurkan agar bagian lengan tidak terjepit lengan baju ketika di tekuk . Bila lengan baju di buat pas , penggunaan karet baju dianjurkan .

  • Panjang Lengan

Panjang lengan baju secara umum terbagi 2 jenis yang di kenal , yaitu :

- Lengan baju pendek yang panjangnya diukur dari pangkal lengan atas hingga pangkal siku tangan orang .

Baju lengan pendek


- Lengan baju panjang yang diukur dari pangkal lengan atas hingga pergelangan tangan orang . Umumnya lengan panjang  baju formal menggunakan manset sepanjang 3 cm dengan 1 kancing .

Mengukur baju lengan Panjang

  • Lingkar Pergelangan Tangan
Mengukur pergelangan tangan

Lingkar pergelangan tangan di ukur tujuannya untuk menentukan lingkar manset baju , sehingga tidak kebesaran atau kekecilan . Letak yang diukur adalah pergelangan tangan yang terdekat dengan telapak tangan .

Dengan mengukur sendiri ukuran badan akan memudahkan Penjahit baju atau pakaian mengerjakan pakaian anda , apalagi bila berada di tempat atau daerah yang jaraknya jauh. 


 







Komentar

  1. Akhirnya ketemu juga, trimakasih atas materinya, ini sangat lengkap. Jd ngk bingung lagi buat belajar menjahit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak materi di sini mengenai jahit kedepannya.

      Hapus
  2. Jadi bisa ngukur baju sendiri

    BalasHapus
  3. Jadi ngerti, makasih materinya kak sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa untuk mengukur ukuran baju teman teman lainnya

      Hapus
  4. buat tak kasih tau tetangaku yang sama penjahit otodidak tp lumayan bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas , berkenan mampir. Tonggo dewe jenengan mas.

      Hapus
  5. artikel nya bagus banget, terperinci dan mendeskripsikan setiap elemen dengan visual gambar yang lengkap dan sesuai.. bagus bgt nih buat referensi ilmu tata busana, walau sya tidak paham dg dunia jahit menjahit dan konveksi.. hehee.. terimakasih sudah berbagi informasinya mbak

    BalasHapus
  6. Buat postingan ini terimakasih ya atas ilmunya sekarang saya jadi tau tentang jahit menjahit

    BalasHapus
  7. Ternyata begini ya cara mengukur badan yang benar untuk membuat baju. Terima kasih ya atas ilmunya

    BalasHapus

Posting Komentar