Langsung ke konten utama

Batik Warisan Budaya Indonesia


Kata Batik berasal dari bahasa jawa abatik , amba nitik yang mempunyai arti harfiah menggambar dalam satu titik , atau melukis dalam selembar kain.
Pada awalnya batik hanyalah kegiatan menggambar dengan pola pola sederhana yang berasal dari pola pola tumbuhan atau binatang dialam jawa.

Kegiatan tersebut makin menjadi kegiatan serius setelah kain batik menjadi pakaian para bangsawan/raja atau para pengikutnya , yang dimulai sejak jaman Majapahit diabad 13 hingga 15 , dan semakin dikenal karena menjadi pakaian kebesaran dimasa itu.

Budaya tersebut tetap berkembang meskipun Majapahit runtuh , tetapi lebih banyak berkembang didaerah Jawa Tengah yang notabene wilayah pusat Mataram , dan menjadi makin berkembang seiring kedatangan bangsa -  bangsa dari eropah.

Abad ke 20 industri batik makin meluas seiring ditemukan teknik batik Cap , dan banyak pedagang pedagang batik dari Solo, Pekalongan yang mengembangkan teknik batik cap.Berbagai motif dan desain batik bermunculan dan menjadi ciri khas masing masing daerah penghasil batik.
Blazer batik

Pada Abad 21 teknik Batik Printing makin membuat batik menjadi bahan pakaian yang menarik dengan berbagai macam desain yang lebih rumit dan bagus.Batik Printing menggeser dominasi batik cap karena presisi , variasi motif yang makin baik dan banyak.

2 0ktober 2009 Batik ditetapkan menjadi warisan budaya oleh Unesco , yang merupakan karya asli Indonesia.Hingga saat ini batik yang dulu dikenal kurang menarik makin mencuri perhatian banyak penggemar.

Untuk menghasilkan Pakaian / baju batik yang baik dibutuhkan pemilihan motif dan yang paham tentang kain. Dengan pengetahuan dan pengalaman yang baik, salahsatunya  menghitung kebutuhan kain hem batik akan didapat baju yang maksimal.

Komentar