Langsung ke konten utama

Kebutuhan Kain Buat Hem Batik

Hem batik adalah setelan baju hem yang berbahan dasar kain batik . Model dan desain kain batik yang digunakan bisa bervariasi dari berbagai daerah di Indonesia.

Di sarankan agar menggunakan kain batik yang berbahan dasar dari kain katun karena nyaman dikenakan dan mudah untuk di potong dalam pembuatan pola dan ketika dijahit . Perlu di ketahui bahan yang umum digunakan untuk membatik adalah kain katun , walaupun ada juga yang menggunakan kain sutra yang halus , tetapi sangat mahal dan jarang digunakan masyarakat umum.

Supaya nyaman , menggunakan kain furing sebagai layer atau pelapis bagian dalam kain batik yang dijahit untuk membuat baju hem . Berfungsi sebagai penyerap keringat dan penambah kenyamanan dalam memakai hem batik.

Detil detil dalam membuat hem batik akan kita jelaskan :

Hem berbahan batik dan songket
Hem berbahan kain batik dan kain songket

  • Ukuran kain

Ukuran kain batik yang digunakan umumnya berukuran 1.2 meter x 2.25 meter dengan bahan katun . Dibedakan antara batik tulis , batik cap dan batik printing. Harga termahal jelas kain batik tulis , tanpa kita melihat model dari gambar batik.

  • Teknik memotong kain 

Cara memotong batik membutuhkan ketelitian , motif batik harus diperhatikan sehingga bila dijahit menghasilkan kesesuaian dan kerapian dalam hasilnya. Salah dalam memotong pola kain mengakibatkan bahan terbuang .

Memotong batik klasik jauh lebih sulit karena memiliki pola yang sangat rumit dan detil. Bila untuk kegiatan sehari hari batik  desain digital printing adalah alternatif terbaik karena bisa di kustomisasi desainnya.

  • Teknik Jahit kain batik

Penjahit baju batik , umumnya menjahit mengikuti pola yang sudah digambar dan dibuat. Perlu kemampuan yang lebih bila menjahit 2 layer kain sebagai baju atau hem. Baju hem batik yang menggunakan furing tidak boleh mengurangi ukuran pola ketika selesai dijahit.

Apabila kita melakukan semua  dengan detil dan ketelitian besar kemungkinan didapatkan hasil jahitan yang dikerjakan oleh anda atau penjahit yang anda percayakan akan maksimal dan sesuai harapan dan keinginan anda . Demikian juga sebaliknya , jangan sampai salah dalam detil dan pengerjaan , karena semua akan sia sia dan merugikan kita , mengingat harga kain batik relatif mahal .



Komentar

  1. Anonim7/19/2023

    Hasil bagus

    BalasHapus
  2. Artikel yang bagus mas, semoga bisa memberikan banyak manfaat bagi pemirsa blog.

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas komentarnya. Semoga ke depan lebih bermanfaat.

    BalasHapus
  4. Saya termasuk pengguna batik paling tidak seminggu sekali, yang saya rasakan pada beberapa moement saat mencucinya yang membutuhkan perlakuan khusus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciri batik tulis mudah luntur dan mudah kusam karena bahannya alami. Jangan merendam terlalu lama dalam mencuci dan hindari panas matahari dalam menjemur.

      Hapus
  5. Kain songket berasal dari sumatera yang ditenun dengan benang logam metalik yang menimbulkan efek kemilau cemerlang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kain songket perlu hati hati dalam menjahit, karena harga selembar kain jutaan.

      Hapus
  6. Menarik artikelnya udah rapin& enak bgt dibaca.. Next time sya boleh beri usulan nih ttg materi sejarah busana di dunia & jenis2nya juga.. Supaya semakin untuk dibaca oleh orang umum

    BalasHapus
  7. Usulan bagus mas. Terima kasih selalu mendukung tulisan saya.

    BalasHapus
  8. Saya banyak belajar ilmu menjahit dari blog ini, walupun hanya penjahit pemula tapi dengan panduan yang ada dalam materi blog ini, membuat saya ngak kebingungan untuk belajar menjahit. terima kasih banyak mas atar materinya

    BalasHapus
  9. Menarik sekali pembahasannya, karena batik salah satu pakaian kesukaan saya.

    BalasHapus
  10. Artikel ini sangat bermanfaat jadi banyak tau tentang ilmu2 penjahitan

    BalasHapus
  11. Artikel ini sangat bermanfaat menambah pengetahuan bidang penjahitan

    BalasHapus
  12. Batik khasnya Indonesia semoga negeri lain mengakuinya juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Batik bagian dari peninggalan budaya yang di akui unicef

      Hapus
  13. Makasih ilmunya kak saya besok mau nyoba buat Hem lh

    BalasHapus
  14. Silakan di coba.untuk hem gunakan 2 layer lebih bagus.

    BalasHapus

Posting Komentar