Langsung ke konten utama

Peringatan Hari Waisak 2023 di Indonesia

Hari Raya Waisak atau Vesak day adalah hari untuk memperingati hari lahir  , pencerahan dan kematian (parinirwana) Budha Gautama.

Peringatan Waisak jatuh pada bulan Vesakha penanggalan Budha , yang diperingati dalam berbagai kegiatan umat Budha di seluruh dunia. 
Mengenakan pakaian kasaya sebagai lambang kesederhanaan , berupa pakaian tanpa jahitan , para biksu dan bikhuni memimpin upacara Waisak.

Warna kuning yang melambangkan kejayaan adalah warna yang dianjurkan pada umat Budha.
Puncak kegiatan Waisak di Indonesia 2023 jatuh pada 2 Juni 2023 , berpusat di Candi Borobudur , Magelang Jawa Tengah.

Berbagai upacara dan prosesi ritual dilakukan untuk merenungkan dan menghormati Budha Gautama , sosok yang paling utama dalam agama Budha.
Selamat Waisak 2567 BE.

Dalam Bulan Juni  tahun 2023 ada 2 Hari libur yang diperingati di Indonesia. Banyak kegiatan yang dilakukan umat Hindu tidak hanya di Borobudur Magelang , Tetapi ditempat tempat Ibadah Umat Budha di seluruh Indonesia. Peringatan tersebut hanya berselang beberapa hari dari HUT kota Surabaya yang berlangsung cukup meriah.

Tema Waisak tahun 2023 adalah : "Aktualisasikan Ajaran Buddha Dharma Di Dalam Kehidupan Sehari-Hari" dengan sub tema "Momentum Waisak Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Serta Perdamaian Dunia".

Persatuan dan kesatuan bangsa sangatlah penting di tengah gempuran perpecahan umat dan golongan yang merugikan semua bentuk kehidupan sosial , saling menghargai dan menghormati akan mempererat , memperkuat bangsa menuju persaingan ekonomi dan politik dunia.

Persaingan dunia dalam politik , budaya , ekonomi dan sosial seharusnya tidak meyebabkan rusaknya perdamaian umat manusia di seluruh dunia , Waisak adalah moment yang sangat baik dan tepat untuk mewujudkan hal tersebut .

Ajaran Budha harus bisa diaktualisasi oleh semua umat , tidak sekedar dalam bentuk ritual yang hanya bisa dilakukan oleh pemeluk Budha semata . tetapi seharusnya harus nyata dalam kehidupan sehari hari yang memberi manfaat bagi umat di seluruh dunia tanpa melihat ras , suku ataupun kepercayaan yang berbeda beda . Salahsatu perayaan agama yang terdekat dengan hari waisak adalah Peringatan Idul Adha 1444 H yang di peringati oleh umat Islam.


Hari waisak 2023


Komentar