Langsung ke konten utama

Alat Wajib DiMiliki Penjahit Baju Pemula Dan Berpengalaman

Menjahit baju adalah proses pengerjaan sehelai kain yang di olah sejak di beli dari toko kain , kemudian dibuatkan pola baju , memotong kain hingga proses menjahit menggunakan mesin jahit dengan hasil akhir selembar baju yang siap dikenakan orang.

Semua penjahit baik yang baru belajar atau disebut penjahit pemula ataupun penjahit yang berpengalaman pasti menjalani proses yang sama dalam menjahit baju , yang membedakan hanyalah hasil jahitan dan waktu yang dibutuhkan dalam proses pengerjaan atau di sebut proses menjahit .

Seorang pemula butuh waktu lebih lama untuk mendapatkan hasil jahitan yang mirip ataupun sama dengan para penjahit berpengalaman.

Alat dasar yang dibutuhkan untuk proses menjahit baju umumnya sama diantara semua penjahit agar menghasilkan baju , yaitu :

  • Gunting kain
Gunting kain untuk memotong kain secara manual,  dengan ukuran 4 inchi.
Gunting Kain

Para penjahit wajib dan harus memiliki gunting kain untuk memotong kain yang sudah digambar dalam pola tertentu berdasar rencana pembuatan baju atau pakaian.

Gunting terbagi atas gunting manual dengan berbagai ukuran dan kegunaannya hingga gunting atau alat potong kain dari mesin . Harga gunting manual untuk memotong kain harganya berkisar Rp.20.000 hingga Rp.100.000 tergantung ukuran dan merk . Untuk alat potong kain umumnya bila membeli baru harga paling murah adalah Rp.800.000.

  • Meteran Berbahan Nylon
Alat mengukur badan pelanggan, terbuat dari bahan nylon dengan panjang 1.5 m
Meteran Jahit

Meteran berbahan nylon paling banyak digunakan oleh penjahit dalam kegiatan mengukur . Umumnya digunakan untuk mengukur badan atau biasa disebut fitting ukuran badan pelanggan . 

Panjang meteran umumnya 1, 50 meter dengan 2 satuan ukur yaitu centimeter dan inchi  yang di gunakan saat mengukur badan dan fitting Warnanya bermacam macam mulai dari kuning , putih , biru dan lain lain .

  • Jarum Pentul
Fungsi jarum pentul mengikat kain sebelum dijahit
Jarum Pentul

Jarum pentul fungsi dasarnya adalah  pengikat 2 lembar kain yang sudah dipola sebelum di jahit . Sehingga didapat jahitan yang presisi ketika proses jahit selesai . Bagi pemula sebaiknya memanfaatkan dan menggunakan jarum pentul sebagai pengikat sebelum kain di jahit agar tidak mendapat kesulitan dalam proses menjahit.

  • Mesin Jahit
Mesin Jahit Industri untuk menjahit skala besar


Ada 3 macam mesin jahit yang umum digunakan para penjahit ketika melakukan proses menjahit baju. Terdapat perbedaan hasil dan kecepatan menjahit ketika menggunakan tiap tiap mesin jahit . Mesin jahit terbagi dengan :

- Mesin Jahit portabel , umumnya digunakan oleh para pemula atau mereka yang mempunyai hobi menjahit . Berbagai merk dan harga banyak dijual untuk mesin jahit portabel .

- Mesin Jahit semi Portabel , adalah mesin jahit yang kemampuannya diatas mesin jahit portabel , yang paling membedakan mesin jahit ini dengan mesin jahit portabel adalah mobilitas dalam memindahkan mesin jahit ini tidak semudah mesin jahit portabel . Untuk durabilitas jelas masih lebih baik mesin jahit semi portabel .

- Mesin Jahit High Speed , biasa disebut mesin jahit industri , dengan penggerak dinamo listrik minimal 200 watt  , membuat mesin jahit jenis ini cocok untuk usaha menjahit yang berfokus pada volume hasil yang tinggi dalam menjahit . Pemula dalam menjahit tidak disarankan untuk menggunakan mesin jahit ini karena alasan keamanan .

  • Benang Jahit
benang jahit kain disesuaikan warna kain
Benang Jahit 

Benang jahit adalah barang yang paling mendasar di miliki oleh seorang penjahit . Tanpa benang sama saja bohong ketika seseorang menjahit baju atau pakaian .

Benang jahit terbagi atas benang jahit untuk mesin jahit dan benang jahit untuk mesin obras . Bahan dan ketebalan benang jahit , berbeda beda , tergantung bahan kain yang akan digunakan dalam menjahit . Warna benang sebaiknya di sesuaikan dengan kain yang akan dijahit sehingga didapat warna sama antara kain dan benang ketika menjadi baju .

  • Penggaris
untuk menggambar pola menggunakan penggaris kayu
Penggaris


Penjahit umumnya memakai penggaris kayu siku dengan panjang minimal 50 cm untuk proses menarik garis dalam menggambar pola baju atau pola jahitan . Selain itu juga menggunakan penggaris lengkung yang gunanya untuk membuat bentuk lengkung sebagai estetika dalam membuat baju .


Demikian hal hal dasar yang perlu dimiliki oleh penjahit pemula ataupun yang sudah berpengalaman .


Komentar

  1. Bisa ajari saya buat pola kemeja dan celana?

    BalasHapus
  2. Nice artikel kak, akutu pengen ada diajarin teknik ngejahit tangan gitu nahh🤧

    BalasHapus
  3. nice informasi nih, walau pun hal ini udah lumrah, tapi kita perlu membuat tulisan pengingat seperti artikel ini.. oya kayanya kita bisa kolaborasi backlink nih mbak, kebetulan sya ada konten artikel bertema tata busana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap.akan segera saya hubungi melalui grup.🤘

      Hapus
  4. Iya bang, dulu pernah ada diajarin pkk tp baru ngejahit polanya belum ada jarum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok.di mengerti dasar menjahit akan dibuatkan.

      Hapus
  5. buat yang baru mengenal jahit menjahit harus liat artikel ini

    BalasHapus
  6. bagi yang mau menjahit wajib liat artikel dan baca ya

    BalasHapus
  7. Wah rame nih... info yang bagus dan menarik untuk menambah pengetahuan tentang jahit menjahit baju... semangat bloggingnya...

    BalasHapus
  8. Terima kasih dengan bimbingannya selama ini

    BalasHapus
  9. hanya anak penjahit ,beda sama yang punya blog lebih intelektual

    BalasHapus

Posting Komentar