Langsung ke konten utama

Kampung Jahit Jadi Solusi Penjahit Kelas UMKM

 Tentang Kampung Jahit

Kampung Jahit adalah satu lingkungan atau wilayah yang sebagian besar warganya bekerja dan berusaha dalam bidang usaha menjahit .

Para warga dalam kampung tersebut , berusaha dan bekerja dengan keahlian bidang jahit tertentu , sehingga siapapun yang membutuhkan jasa mereka bisa terlayani . Jenis jenis pelayanannya antara lain :

  • Jahit konveksi
  • Jahit tas
  • Jahit sepatu
  • Jahit tailor
  • Desain baju 
  • Jahit baju wanita
  • Jasa permak dan perbaikan baju
Selain sebagai operator mesin jahit atau di kenal sebagai penjahit , warga lainnya berprofesi dalam hal lain yang menjadi pendukung pekerjaan dan usaha menjahit . Beberapa profesi tersebut adalah :
  • Jasa perbaikan , perawatan mesin jahit dan obras.
  • Pemasok bahan dan alat Jahit
  • Pemasar dan penjual hasil produksi menjahit .
  • Koperasi 
Dengan satu ekosistim usaha yang kuat , Kampung Jahit menjadi salahsatu solusi yang  baik untuk pelaku usaha UMKM di bidang jahit .

Keuntungan Yang di Dapat Warganya

Banyak hal yang didapat bagi para warga Kampung Jahit , yang perlu diketahui yaitu :

  • Penjahit Mudah Dapat Pekerjaan

Kampung yang dikenal dalam keahlian bidang tertentu sangat mudah di kenali daripada mengandalkan diri sendiri untuk memasarkan jasa pekerjaan.

Orang yang berasal dari berbagai tempat diluar wilayah akan datang untuk mencari mereka yang menawarkan jasa yang di butuhkan , dalam hal ini adalah jasa menjahit .

Para penjahit cukup menunggu para pencari jasanya tanpa harus keluar jauh dari tempat tinggal .

  • Persaingan Di Minimalkan

Persaingan harga dan pelayanan dalam dunia usaha adalah sesuatu yang tidak bisa dihindarkan di berbagai profesi pekerjaan dan usaha .

Persaingan selama dalam batas wajar , merupakan tindakan yang membuat pelanggan dan pemberi jasa sama sama di untungkan .  Yang menjadi masalah adalah persaingan yang tidak sehat dengan saling menjatuhkan antara sesama pelaku usaha atau sesama pelanggan.

Dengan adanya Kampung Jahit diharapkan persaingan tersebut diatas , bisa diminimalkan karena antara penjahit dan pengusaha jahit saling kenal bahkan bertetangga , karena rumah dan tempat tinggalnya dalam satu lingkungan kampung.

  • Membuka Lapangan Kerja

Bekerja bagi orang orang usia produktif adalah hal yang dibutuhkan untuk mendapatkan pendapatan yang digunakan untuk keperluan sehari hari . 

Menjadi impian dalam usaha dan bekerja berada dalam lingkungan dan tempat tinggal sendiri . Tidak jauh dari keluarga dan teman yang selama hidup selalu bersama .

Dengan adanya Kampung Jahit , para warganya tidak perlu keluar kampung dalam mencari pekerjaan . Lapangan kerja terbuka lebar bagi siapa saja warganya yang mau berusaha dan bekerja .

Bahkan bagi anak anak mereka yang bekerja dan berusaha di bidang jahit bisa mewarisi usaha orang tuanya , untuk kemudian mengembangkannya.

  • Menambah Pendapatan 

Pendapatan ekonomi keluarga bertambah dengan adanya Kampung Jahit , karena para ibu ibu dan wanita bisa bekerja paruh waktu . Selain mengurusi rumah tangga , mereka bila waktunya senggang dapat mengerjakan pekerjaan paruh waktu dibidang jahit.

Contoh Kampung Jahit 

Kampung para penjahit

Ada banyak Kampung Jahit di Indonesia yang sukses , menjadi terkenal karena mengangkat nama daerahnya dan ekonomi wilayahnya sehingga bisa di jadikan inspirasi untuk yang lainnya , beberapa di antaranya :

  • Kampung Tas Tanggulangin Sidoarjo

Di kenal sejak era tahun sembilan puluhan hingga waktu sekarang , para pengrajin tas Tanggulangin menghasilkan tas yang sangat terkenal dari berbagai kalangan masyarakat Indonesia .

Mereka membuat dan memasarkan hasil kerajinan tas sendiri . Para pekerja berasal dari keluarga , teman , tetangga dan kenalan di sekitar wilayah mereka.

Beromset milyaran rupiah dalam setiap bulan menggerakkan ekonomi daerah serta memajukan wilayah mereka secara mandiri dan baik .

Koperasi Industri Tas Dan Koper ( INTAKO ) adalah salah satu wadah koperasi yang menampung ratusan karya penjahit tas di wilayah Tanggulangin . Beromset ratusan juta perbulan dengsn gedung yang luasnya ribuan meter menjadi salah satu penggerak utama ekonomi yang patut di contoh .

  • Sentra UKM Jahit Surabaya

Sentra UKM jahit berada di kecamatan Sawahan Surabaya adalah pusat para penjahit baju dan pakaian yang patut diperhatikan . Terdiri dari orang orang yang berpengalaman di dalam bidang menjahit , menjadikan wilayah tersebut salah satu tujuan untuk mencari tenaga jahit baju dan pakaian . 

Menawarkan harga yang kompetitif dan kecepatan dalam pengerjaan pesanan membuat nilai lebih bila menggunakan kemampuan dan keahlian mereka yang berada di tempat tersebut .

Omset yang dihasilkan dari UMKM bidang jahit ini termasuk menjanjikan . Puluhan juta rupiah bisa didapatkan oleh ibu ibu yang banyak bekerja di sini . Tentu saja sangat membantu perekonomian keluarga yang tinggal di wilayah tersebut .

Beberapa dari para anggota Sentra UKM Jahit bahkan berhasil memasarkan pakaian dan baju hasil karya mereka di wilayah Surabaya , bahkan sering dipamerkan dalam pameran pameran produk UMKM .

  • Kampung Gerjen Yogyakarta

Kampung jahit yang di kenal ratusan tahun adalah Kampung Gerjen Gondomanan Yogyakarta  , tempat para penjahit kraton dan para petinggi kesultanan Yogyakarta di masa lalu dan masih tetap ada hingga sekarang .

Penjahit di sini mempunyai keahlian khusus dan biasanya lebih banyak melayani kebutuhan kraton akan pakaian dan baju  , walaupun juga melayani umum tetapi sangat terbatas .

Terlepas dari semua di atas , kampung Jahit Gerjen telah menunjukkan bahwa profesi jahit sudah digeluti masyarakat Indonesis sejak ratusan tahun .

Penutup

Demikian tulisan tentang salah satu bentuk alternatif strategi usaha di bidang jahit yang bisa digunakan sebagai ide bagi komunitas dan pengusaha. Kampung jahit yang solid dan terintegrasi menjadi pilihan penjahit mendapatkan pekerjaan yang lebih terjamin dalam upah kerja.


Komentar

  1. Bermanfaat buat yg fashion terbaru dan terviral

    BalasHapus
  2. Kampung jahit bisa dijadikan referensi apabila ingin membuat usaha pakaian jadi

    BalasHapus
  3. Dengan adanya tulisan tentang kampung jahit, tentunya bisa membuka peluang bagi para umkm.

    BalasHapus

Posting Komentar