Langsung ke konten utama

Cara Penjahit Dapat Order Kerja

 Cara Dapat Order Jahit 

Baju orderan pelanggan

Ketrampilan menjahit di dapat dari belajar teknik menjahit dalam waktu yang tidak singkat . Berbagai cara dan trik membuat pakaian yang benar dan baik harus puluhan kali di praktekkan dan di ulang ulang dalam waktu cukup lama .

Ketrampilan yang tidak mudah didapat bila anda tidak mempunyai tekad yang kuat dan kesabaran dalam belajar dan berproses agar menguasai teknik menjahit .

Selain ketrampilan dasar menjahit , penguasaan mesin jahit menjadi masalah yang membikin putus asa bagi yang baru belajar menjahit .

Di kota Surabaya ada lebih dari sepuluh ribu penjahit tersebar di berbagai sudut kota dengan keahlian menjahit yang mahir dan berpengalaman . 

Sebelum menjahit perlu memiliki alat yang menunjang dalam bekerja.

Hmm , jangan putus asa ...

Ada beberapa cara mendapatkan pekerjaan jahit yang tidak ada ruginya bila mencobanya . Walaupun tidak menjamin bahwa cara yang akan disebutkan di bawah ini seratus persen berhasi . Yaitu :

Bergabung Grup Penjahit Pemula

Grup penjahit pemula

Bila anda baru saja dalam pekerjaan menjahit sebaiknya bergabung dengsn grup penjahit pemula . Ada ratusan ribu anggota di salah satu grup Facebook yang saling berbagi , bercerita , bertukar pekerjaan antar anggotanya .

Setiap hari selalu ada permintaan membantu menjahit dari satu anggota grup tersebut . Berbagai pekerjaan menjahit yang cukup mudah dan bisa di kerjakan di rumah bisa di dapat informasinya di dalam grup ini.

Berita baiknya bagi pemula  adalah :

Kita bisa melatih meningkatkan kemampuan menjahit yang pas pasan sebelumnya sambil mendapatkan uang . Semakin sering kita mengerjakannya diharapkan makin meningkat keahlian kita .

Pekerjaan yang umum di tawarkan oleh grup penjahit pemula adalah :

1. Jahit daster

2. Tas goody bag berbahan spoonbond

3. Celana pendek

4.Sarung bantal dan guling

5.Sprei kasur

6.Dompet 

7.Kaos olahraga

Umumnya  para penjahit cukup bermodal mesin jahit sederhana dan mesin obras benang tiga . Para pemberi kerja sudah memotong pola jahitan dan memberikan semua bahan untuk keperluan menjahit seperti benang , kancing , kain keras bahkan resleting baju .

Bergabung Grup Penjahit Kota Anda

Grup penjahit kota Surabaya

Setiap kota umumnya mempunyai grup profesi yang saling bertukar informasi . Demikian juga dengan profesi menjahit , di pastikan selalu ada grup profesi menjahit . Beranggotakan orang orang yang profesional dalam pekerjaan dan usaha  jahit pakaian atau baju . 

Selain itu, mendirikan kampung jahit yang difasiitasi pemerintah daerah atau secara swadaya bersama sama para penjahit menjadi salahsatu solusi yang perlu di pertimbangkan.

Berbagai jenis pekerjaan di tawarkan dalam grup menjahit di facebook . Dalam menerima pekerjaan di grup tersebut tergantung kemampuan dan keahlian yang di miliki . Jumlah upah dan kontrak yang ditawarkan sangatlah bervariasi , dari yang recehan hingga bernilai jutaan .

Jenis kerja yang bisa didapat dalam grup ini adalah :

  • B to B biasa di sebut business to business , pekerjaan bersifat kerjasama sesama pemilik usaha dalam hal ini maksudnya adalah kita membantu penjahit lain yang mendapat pekerjaan dari konsumen . 

  • B to C biasa di sebut business to consumer , kita mendapat pekerjaan dari konsumen perorangan yang menjadi anggota grup .
Umumnya penawaran harga pekerjaan yang di tawarkan di grup ini bersifat terbuka dalan kolom komentar , jadi sangat transparan . Persaingan , jelas ada tetapi umumnya persaingan yang tidak saling menjatuhkan harga . Reputasi baik sangat perlu agar selalu dapat pekerjaan .

Menawarkan Pada Marketplace

Tidak banyak marketpace yang mengakomodasi pekerjaan Jasa selama ini . Penjualan barang dan kuliner adalah hal yang paling banyak bertebaran di banyak marketplace .

Tapi , jangan kecewa dulu .....

Jasa jahit

Marketplace punya Facebook masih mengakomodasi jasa pekerjaan jahit sejak awal .  Rajin rajinlah menawarkan jasa pekerjaan menjahit anda dalam Facebook market . Cepat atau lambat akan ada yang menghubungi untuk meminta jasa menjahit. 

Selain Facebook market ada satu marketplace yang mengakomodasi jasa menjahit , yaitu olx.com .

Marketplace yang populer di era 2010 adalah tujuan dan tempat para pencari dan pemberi jasa jahit bertemu . Umumnya orang orang di olx adalah orang orang lama yang bergelut dalam profesi menjahit . Hanya para penjahit yang jam terbang pengalaman tinggi dapat mendapat pekerjaan disini .

Order dari Tetangga dan Kenalan

Mendapat pesanan menjahit dari tetangga dan kenalan adalah hal yang paling sering didapatkan para penjahit . Tidak setiap hari tetapi permintaan pasti selalu ada dalam setiap bulan . 

Setiap kegiatan peringatan hari proklamasi Indonesia Ragam gaya baju 17'an selalu menjadi ajang para penjahit mendapatkan pekerjaan dan berekspresi  dalam baju dan pakaian hasil karyanya.

Bermacam macam permintaan harus di layani bila berhubungan dengan tetangga atau kenalan . Kenapa , karena bila dikenal mempunyai keahlian menjahit , kita dianggap mampu dan mau menjahit apa saja yang mereka butuhkan . Walaupun hanya sepotong celana bolong . 

Demikianlah tulisan cara mendapat pekerjaan di bidang jahit . Semoga menjadi inspirasi bagi mereka yang ingin berusaha dan bekerja sebagai penjahit.

Terima kasih telah membaca , kami sangat menghargai komentar dan kritik tulisan ini di kolom komentar .

Komentar

  1. Ternyata banyak cara dalam usaha dan mendapat kerja.

    BalasHapus
  2. Tetep semangat dalam menjalankan langkah-langkah supaya menjadi penjahat hebat

    BalasHapus
  3. Usaha penjahit ini biasa bakalan banyak dapet project dan orderan pas awal musim tahun ajaran baru sekolahan.. Jadi sebelum mendapatkan banyak orderan di fase2 tersebut, sebaiknya menyiapkan stok bahan2 & segala pernak perniknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahun ajaran sekolah baru rejeki para penjahit

      Hapus
  4. Biasanya berawal dari tetangga, terus infonya menyebar dari mulut ke mulut.

    BalasHapus

Posting Komentar