Langsung ke konten utama

Peringatan HUT RI Dengan Pakaian Daerah

Tanggal 17 Agustus Dirgahayu Indonesia

Baju daerah di Kemerdekaan Indonesia


Setiap tanggal 17 Agustus di peringati sebagai hari kemerdekaan negara Indonesia dan menjadi hari libur nasional. Pada tahun 1945 tanggal 17 Agustus proklamasi di kumandangkan menjadikan sejarah baru di bumi Indonesia.
Salah satu tradisi dan kegiatan dalam memperingati Kemerdekaan Indonesia adalah ikut dalam upacara bendera dengan mengenakan pakaian daerah. Tujuannya adalah untuk melestarikan sejarah budaya daerah dan kearifan lokal Indonesia yang sangat beragam dan unik.

Makna Berpakaian Daerah dalam Peringatan Kemerdekaan Indonesia

Berpakaian dari berbagai daerah dalam acara peringatan Hari ulang tahun Kemerdekaan Indonesia  ternyata memiliki beberapa tujuan dan makna, yaitu:

  • Menumbuhkan kekuatan dalam perasaan cinta dan berbangga diri mempunyai tanah air Indonesia.
  • Menjaga agar budaya dan kearifan lokal tetap lestari.
  • Makin mempererat jiwa setiap bangsa dalam persatuan dan kesatuan.
Berpakaian daerah menunjukkan pribadi yang bangga dan kecintaan pada segenap tanah air sehingga menjelma sebagsi identitas kebangsaan rakyat Indonesia. Hampir semua didaerah Indonesia memiliki keunikan dan ciri khas yang berbeda beda. Bangga sebagai bagian dari bangsa Indonesia bisa di tunjukkan dengan berpakaian daerah asal kita masing masing.

Kekayaan budaya harus dijaga dan dikembangkan , karena bagian dari kekayaan lokal dan nasional bahkan seharusnya dikenalkan kepada dunia.

Dengan selalu mengenakan pakaian daerah tetutama di upacara kemerdekaan membuat kita makin tahu budaya dan adat daerah lain yang berjumlah ratusam di Indonesia. Menumbuhkan semangat senasib dalam solidaritas sesama anak bangsa yang seharusnya makin erat persatuannya dimasa sekarang.

Tradisi Berpakaian Daerah 

Tradisi berpakaian daerah sejak masa sebelum merdeka telah ada , tidak mungkin tradisi tersebut tiba tiba saja muncul dan dipaksakan di masa sekarang. Para tokoh tokoh pejuang , pahlawan, tokoh adat masa lalu sangat akrab dengan berpakaian berdasar ciri khas daerah masing masing.

Tradisi  berpakaian daerah saat ini juga masih banyak dilakukan. Dipelosok desa dan daerah cara berpakaian daerah yang sederhana dan bersahaja masih tetap ada dan belum luntut atau ditinggalkan. Dalam upacara tertentu yang bersifat formal dan kenegaraan sering diwajibkan untuk berpakaian daerah.

Tips Memilih Pakaian Daerah untuk Peringatan Kemerdekaan Indonesia

Ada beberapa tips bagi yang mengenakan pakaian daerah yang perlu dicermati, yaitu:

  • Pilih pakaian yang berasal dari asal daerah sendiri.
  • Nyaman untuk di kenakan 
  • Sesuaikan dengan acara yang dihadiri
Mengenakan pakaian sesuai daerah asal , dapat menjadi sarana mengenalkan budaya daerah yang kita miliki. Membuat orang lain tertarik dan penasaran akan semua hal tempat asal kita. Meningkatkan rasa percaya diri saat mengenakannya karena sering berpakaian dengan pakaian tersebut.

Kenyamanan adalah hal yang penting dalam berpakaian secara umum. Menghindari berpakaian yang membuat badan tidak nyaman sangat disarankan. Gerak tubuh tidak boleh terhalangi karena berpakaian daerah. Hindari banyak aksesoris dan pakaian yang berlebihan adalah cara dalam berpakaian daerah yang nyaman.

Pakaian daerah yang dikenakan harus sesuai acara dan kondisi cuaca ketika menghadiri kegiatan dalam peringatan Kemerdekaan Indonesia. Harus bisa membedakan acara yang berlangsung formal ataupun informal, berada dalam ruangan atau diluar ruangan juga menjadi pertimbangan dalam berpakaian.

Akhir Kata

Berpakaian daerah di hari Kemerdekaan Indonesia bermanfaat untuk menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa di hari yang bersejarah. Untuk anda yang berhijab ingin merayakannya bisa membaca tipsnya di tulisan kami lainnya.

Pemilihan pakaian adat haruslah sesuai dengan asal , kenyamanan dan kondisi acara.

Terima kasih , sudah membaca.











Komentar