Langsung ke konten utama

Tempat Beli Kain Murah di Surabaya

Toko kain adalah tempat para pedagang menjual bahan kain untuk di buat menjadi baju, pakaian dan berbagai kerajinan, karya yang berbahan dasar kain.

Era sekarang, di berbagai kota dan daerah banyak bertebaran pedagang kain dengan berbagai sistim, serta cara berjualan dagangan mereka.

Pembeli mempunyai banyak pilihan dalam membeli kain, sesuai selera untuk mendapatkan barang yang di sukainya. Baik dengan cara online ataupun langsung.

Di Surabaya, ada tempat legendaris pusat perdagangan kain yang mampu bertahan dari gempuran  berbagai sistim perdagangan di era modern saat ini.

Toko-toko tersebut berdiri puluhan tahun bahkan mungkin sebelum Indonesia merdeka atau tepatnya sudah ada di masa Belanda.

Tempat Dan Lokasi

Lokasi para pedagang kain yang lama dan masih kuat pengaruhnya di Industri kain tersebut berada di kawasan perdagangan yang sudah dikenal sejak abad 18. 

Tempat para saudagar dan pebisnis berinteraksi dalam berbagai jenis perdagangan barang dengan volume transaksi harian sangat besar sejak masa Belanda.

Sistim perdagangan  daerah tersebut masih bersifat tradisional dan sangat sederhana dalam melakukan berbagai transaksi jual beli, hal yang mungkin tidak di sukai generasi sekarang.

Tempat tersebut di kenal dengan nama Pasar Pabean, berlokasi di Surabaya Utara di dekat aliran sungai Kalimas bermuara ke Tanjung Perak yang dari dulu hingga sekarang menjadi urat nadi perdagangan dan niaga di Surabaya.

Keuntungan Belanja Kain di Pabean

Bangunan toko kain di Pabean sederhana dengan stok lengkap

Banyak keuntungan yang di dapat bagi yang sering berbelanja ke pasar Pabean untuk diketahui:

Harga Yang Murah

Pilihan favorit para pembeli barang ke suatu tempat secara umum adalah harga yang di berikan murah oleh penjual. Super miring atau sering di sebut barang kulakan yang bisa dijual kembali dengan tujuan mendapat keuntungan lebih.

Ya, diakui sejak masa Belanda Pabean adalah pusat kulakan terkenal bahkan banyak pembeli dan konsumen yang berasal dari luar Surabaya bahkan luar jawa terutama masyarakat Indonesia Timur sering datang.

Sampai saat ini, para pedagang kain di Pabean masih memegang tradisi menjual harga barang relatif murah yang jelas menguntungkan siapapun yang membeli.

 Surga kain murah masih berada di kawasan tersebut dan mungkin dalam dekade ke depan belum tentu tergantikan oleh wilayah lain di sekitarnya.

Bisa Menawar Harga

Mengenal penjual dengan baik adalah cara mendapat harga baik

Ciri khas perdagangan tradisional adalah tawar menawar harga antara pembeli dan penjual hingga di capai kesepakatan harga  dalam transaksi barang.

Pembeli khususnya wanita menyukai tawar menawar harga kain dengan penjualnya , membutuhkan keahlian dan strategi serta pengalaman agar mendapat barang murah dan terjangkau untuk di beli.

Semakin sering kesana, akan bisa tahu toko toko mana yang menjual kain termurah dan menjadi rekomendasi dalam berburu kain untuk baju dan pakaian. Berbagai bahan yang dibutuhkan mulai dari baju harian hingga kain untuk acara pesta tersedia dilokasi tersebut.

Pedagang yang kita kenal juga tidak segan segan memberi potongan harga dalam transaksi. Menarik bukan?

Bisa Beli Dalam Berbagai Jumlah Dan Corak

Pedagang di Pabean tidak pilih pilih dalam menjual kain kepada pembeli atau pelanggan yang datang untuk transaksi.

Mereka melayani pembeli yang bertransaksi dalam jumlah kecil dengan baik dan ramah walau mungkin keuntungan yang di dapat mungkin relatif kecil. Pembeli dalam jumlah besarpun tidak perlu kuatir kehabisan stok barang saat datang ke Pasar Pabean. Transaksi dalam jumlah ratusan hal biasa terjadi. Tentukan corak kain sebelum membeli, ada tulisan yang membahas tentang pilihan model corak kain menarik untuk di pertimbangkan saat membeli.

Nilai tambah di Pasar Pabean yang mungkin sulit disaingi adalah jumlah kain yang dijual melayani berbagai kalangan.

Jenis Kain Yang Bervariasi

Stok dan pilihan yang banyak adalah alasan berlangganan di toko kain

Toko  yang modern bahkan online terkadang hanya melayani jenis kain tertentu untuk di jual kepada pembeli dan konsumen, sehingga membatasi dalam transaksi.

Hal seperti ini tidak berlaku di Pasar Pabean, banyak jenis, merk kain di jual sehingga kita bingung memilih mana yang dibeli bila tidak merencanakan terlebih dahulu.

Beberapa kain yang di jual antara lain:

  • Kain katun, bahan yang populer dimasyarakat terbuat dari kapas alami, nyaman di kenakan menyerap keringat. Berbagai macam dan motif dijual sesuai selera pembeli.

  • Kain Rayon bahan dari proses kimia serat selulosa, halus dan lembut bila diraba serta mempunyai kemampuan menyerap keringat. Menjadi favorit wanita untuk bahan pakaian longdres atau sejenisnys.

  • Kain Polyester yang cirinya tidak mudah kusut dan kuat sehingga cocok untuk di pakai untuk pakaian olahraga ataupun bahan kegiatan outdoor.

  • Kain spandek dengan harga yang lebih murah daripada polyester. Mempunyai elastisitas yang tinggi sehingga cocok untuk bahan legging dan pakaian yang ketat.
Demikian cerita tentang tempat berburu kain murah Surabaya yang bisa dijadikan wisata belanja bagi mereka yang menyukai berburu barang murah. Untuk kain batik motif tertentu untuk mendapatkannya biasanya melalui inden atau memesan terlebih dahulu pada penjualnya dalam waktu seminggu untuk di carikan oleh penjualnya.

Banyak tempat untuk Berburu baju murah ataupun kain murah yang menarik di ceritakan.

Terima kasih sudah membaca.





Komentar

  1. Oh iya kak untuk baju jeans kira2 harganya berapa ya kak soalnya pengen beli hehe

    BalasHapus
  2. Di sana hanya menjual kain. Untuk kain jins biasanya di jual perkilo. Dengan harga rp. 175 rp.

    BalasHapus
  3. Seperti Tanah Abang, Pasar Cipulir, atau Pasar Mayestik yang ada di Jakarta ya Pasar Pabean ini, menjual berbagai jenis kain buat kebutuhan fashion.

    BalasHapus
  4. nanti kalau saya lewat boleh mampir tengok- tengok

    BalasHapus
  5. Baru tahu nih tempat beli kain murah di Surabaya. Kalau di Bandung sini biasanya di Pasar Baru atau daerah Cipadung

    BalasHapus
  6. Ibu saya kebetulan juga penjahit suka cari kain tapi posisi di Jateng, tapi bisa jadi referensi kalau pas main ke Surabaya. Terima kasih infonya kak!

    BalasHapus
  7. Dari jateng bisa naik kereta api turun di stasiun semut atau stasiun pasar turi bila kesana.

    BalasHapus
  8. senang rasanya masih ada pasar tradisional yang mempertahankan kegiatan belanja konvensional, biar menjadi warisan budaya bagi anak cucu kelak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasar yang teruji ratusan tahun. Sekarang makin jarang ada. Terima kasih atas komentarnya.

      Hapus
  9. Ketemu lagi ya kak di bloggerhub nih hihi, btw nice artikel ka. Pengungjung jadi tau dimana tempat yang menjual kain dengan harga murah dan berkualitas nah

    BalasHapus
  10. Iya kita ketemu lagi di blogger hub. Terima kasih atas komentarnya.

    BalasHapus
  11. Wah, patut dijadikan referensi nih kalo ke Surabaya singgah ke Pasar Pabean. Selama ini taunya Pasar atom doang, hihi.

    BalasHapus

Posting Komentar