Langsung ke konten utama

Era Gaya Vintages Berpakaian

Gaya berpakaian setiap dekade mengalami pergeseran dan selalu  diiringi perubahan yang mempengaruhi dunia mode dan fashion. Kecenderungan yang umum adalah inovasi dari dekade sebelumnya yang bersifat ekstrim ataupun hanya penyempurnaan sebelumnya.

Ada 3 era vintages yang berpengaruh besar dalam gaya model  saat ini yang menjadi pijakan dan dasar mendesain baju dan pakaian. Era tersebut terbagi 3 dekade yaitu:

  • Dekade 1970
  • Dekade 1980
  • Dekade 1990
Masa masa tersebut mempunyai ciri khas yang perlu di apresiasi. Untuk penjelasannya:

Era 1970'an

Tren pakaian era 1970'an
Pakaian 1970'an

Era 1970 di kenal dengan era pemberontakan pada budaya mapan di mana semua norma di jungkirbalikkan oleh anak muda di dekade ini. Berpakaian formal dengan celana dan baju dari bahan katun  di lengkapi setelan jas berdasi sepatu vantofel ketika tampil di depan umum sudah tidak berlaku.

Gaya pakaian menjadi identitas untuk mengekspresikan cara hidup yang di jalani setiap individu dan kelompok. Hidup bebas dari tekanan, keinginan menjadi diri sendiri tanpa dipengaruhi generasi tua sebelumnya menjadi tren. Pemberontakan terhadap kekangan yang kolot dan kaku  menjadi ide menarik di era 1970.

Pakaian menganut model:

  • Kemeja krah lebar dengan warna warna cerah. Terinspirasi model baju Elvis Prestley sang raja rock and roll menjadi terlihat menonjol dengan penambahan manik manik payet di bagian kerah.

  • Celana cutbray menjuntai bagian bawah  mewabah di semua lapisan masyarakat. Bagian bawah mempunyai lebar minimal 25cm berkibar. Penambahan hiasan bordir dengan motif bunga menjadi tren kalangan wanita yang mengenakannya, sangat fenomenal meskipun bukan hal yang menarik bila saat ini di tiru. Untuk cara mengukur celana panjang bisa di pelajari pada: dasar mengukur celana panjang.

  • Pakaian hippie atau punk, model hidup suka suka bahkan dalam berpakaian, sulit untuk di pahami pemilihan bajunya, tetapi gaya ini masih ada penggemarnya hingga saat sekarang. 

  • Baju berkilau ala disco, gaya hidup pesta di malam hari hingga pagi dengan baju kemilau bahan satin. Menggeser paradigma masa lalu era 60'an di mana berpakaian lengkap dan menggunakan setelan jas. Pengusung gaya ini adalah grup musik boney-m, Abba 

  • Gender netral dalam berpakaian. Masa ini dalam berpakaian tidak mengenal gender bahkan dalam berdandan. Penggunaan celana panjang dan hem oleh laki laki dan perempuan bukan lagi hal tabu. Lebih ekstrim lagi di tampilkan artis artis pengusung kesetaraan dan sejenisnya yang sering absurb dalam berpenampilan.
Gaya tahun 1970'an bisa di simpulkan sebagai gaya anti kemapanan yang di penuhi ekspresi diri.

Era 1980'an

Tren pakaian sportif 1980'an
Tren 1980'an

Era 1980'an di kenal dengan era model gaya hidup sporty dengan tren berpakaian yang memamerkan kehidupan yang sehat dan olahraga.

Menggeser gaya hidup yang semaunya tanpa kebugaran fisik di era 1970'an, baju dan pakaian dengan berbagai bahan combed dan nylon menjadi tren menarik agar tampil sporty. 

Bahan nylon dengan warna metalik mencolok di buat untuk jaket, tas menjamur di mana mana. Menggeser kain wool sebagai jaket yang terasa usang dan kuno. Bahan kulit pembuat tas menjadi tidak relevan lagi untuk kegiatan outdoor ketika nylon membanjiri pasar.

Kaos dari bahan katun yang menonjolkan bentuk fisik yang terawat dan terjaga karena olah raga yang rutin menjadi pilihan, bahkan di acara resmi banyak yang hanya berkaos oblong di lapisi baju berjenis outer  saja. 

Sepatu kets menjadi tren di gunakan oleh banyak kalangan selain Penggunaan head band dengan tujuan yang tidak jelas menjadi tren di masa itu.

Jaket bomber ala film " Top Gun " berbahan kain parasit berlapis katun mulai mendapat tempat di anak muda masa itu.

Warna cerah metalik yang saling bertabrakan dan desain motif warna warni tumbuh subur di masa itu. Penggunaan celana cutbray mendapat banyak penolakan di era ini. Digantikan dengan munculnya celana ketat berbahan jins sintetis sebagai gaya kasual, bahan kain katun masa ini hanya mendapat tempat untuk pakaian formal saja.

Era model dan tren 1980'an seolah bertolak belakang dengan era 1970'an, hidup sehat dengan tampil sporty adalah pilihan wajib di era ini.

Era 1990'an

Tren playful, retro dan fun ada di era 1990
Model pakaian era 90

Era 1990'an adalah era fashion yang masih populer di gunakan oleh generasi yang lahir tahun 80'an dan menjadi mapan di era sekarang. Bisa di anggap kiblat berpakaian orang dewasa saat ini di masa muda mereka.

Penggunaan celana jin yang berwarna abu abu adalah tren yang ada sejak era 1990 hingga menjadi ikon warna yang dominan saat ini. Jaket denim model merk terkenal di padu dalaman kasual masih menjadi favorit hingga sekarang.

Rok mini yang marak , menjadi pilihan para K-popper saat ini di padu sepatu boot berbahan kulit adalah hasil reproduksi gaya pakaian 1990'an.

Jaket kulit hitam keren ala Nike Ardilla juga masih digemari oleh kalangan muda hingga orang dewasa. Siapapun tidak dapat menolak bila mendapat hadiah barang tersebut karena masih update di masa sekarang.

Masa yang di sebut era playful, fun dan retro adalah gaya pakaian era 1990'an.

Penutup

Ketiga era di atas hingga saat ini masih banyak penggemar dan menjadi panutan para pengamat baju dan pakaian.

Banyak baju dan pakaian saat ini terinspirasi pada desain era tersebut dan kemudian di modifikasi menjadi gaya berpakaian yang menarik. 

Adakah gaya berpakaian anda yang mirip era di atas?

Untuk memilih sepatu outdoor simak: Sepatu outdoor pilihan. Penggunaan baju dengan gaya vintages pasti sangat menarik dikenakan saat acara yang dihadiri dan dilihat banyak orang, selain mengenakan baju karnaval, penggunaan gaya baju yang diuraikan dalam artikel ini bisa menjadi alternatif pilihan yang menarik.

Bila ingin menggunakan topi bulet yang menarik bisa memperoleh informasinya di Pilih topi yang mana?




Komentar

  1. menarik juga ya perkembangan fashion dari tahun ke tahun. anw, aku dulu pernah punya celana cutbray zaman SD hahaha. waktu itu nggak tahu sebenernya pokoknya asal iya aja pas dibeliin. kalo diinget-inget lucu sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Generasi 70'an suka pakai cutbray. Awal 90 juga sempat booming untuk beberapa saat.

      Hapus
  2. sepertinya gaya berpakaian selalu berputar kadang yang ngetren kembali ke masa lalu tp sepertinya gaya berpakaian saat ini sudah tidak seformal lagi seperti saat dl

    BalasHapus
  3. Tren fashion selalu berputar dan berulang dengan penambahan detil detil baru saja.

    BalasHapus
  4. Artikel ini membahas perkembangan gaya berpakaian selama beberapa dekade yang menjadi dasar bagi desain baju dan pakaian saat ini. Ada tiga era vintages yang berpengaruh besar, yaitu dekade 1970-an, 1980-an, dan 1990-an.

    Era 1970-an ditandai oleh pemberontakan terhadap norma-norma sosial dan budaya yang ada. Gaya berpakaian menjadi cara ekspresi diri dan identitas. Beberapa tren termasuk kemeja dengan krah lebar dan warna cerah, celana cutbray yang melebar, gaya hippie atau punk, pakaian berkilau ala disco, dan pakaian gender netral.

    Era 1980-an memperkenalkan gaya hidup sporty yang menekankan kebugaran fisik. Tren termasuk pakaian dengan bahan combed dan nylon, jaket bomber, kaos dengan penonjolan bentuk fisik, sepatu kets, dan penggunaan headband.

    Era 1990-an menjadi dasar bagi banyak gaya berpakaian saat ini. Tren mencakup penggunaan celana jin berwarna abu-abu, jaket denim, rok mini dengan sepatu boot, jaket kulit hitam, dan gaya playful, fun, dan retro.

    Artikel ini memberikan wawasan tentang bagaimana perkembangan gaya berpakaian dari masa ke masa memengaruhi mode dan fashion yang kita kenakan saat ini. Gaya berpakaian selalu berputar, dan banyak tren saat ini terinspirasi oleh era-ura tertentu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih komentarnya yang menambah informasi dalam tulisan blog saya.

      Hapus
  5. Liat tulisan ini kayak mesin waktu aja, diajak kembali ke masa lalu dan bisa jadi ada yg dipunya warisan bapak ibu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memutar kembali kenangan adalah bagian dari tren fashion dari masa ke masa.

      Hapus
  6. Terkadang fashion zaman dulu kembali trend di zaman sekarang ini, bisa jadi gaya-gaya klasik di atas nanti populer lagi hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa model baju yang saat ini adalah bagian dari tren berpakaian masalalu.

      Hapus
  7. Dari segi penampilan memang terlihat jadul, namun gaya berpakaian seperti ini kini sudah kembali muncul dan menjadi tren moderen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, hal seperti di atas menjadi putaran tren baju yang tidak berhenti.

      Hapus
  8. Seru kalau menyimak perkembangan mode dari masa ke masa, dan terbukti sih mode itu berputar, kembali lagi ke masa silam (dengan modifikasi). Ibuku sering komen, "Wah, itu model baju zaman Uti muda" kalau lihat tampilan artis-artis sekarang di TV :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu jenengan di pastiksn mengikuti tren di masa mudanya sehingga paham tren.

      Hapus
  9. Perkembangan fashion dari tahun ke tahun memang menarik, ya. Semua model pakaian itu memang pernah saya lihat. Dan beberapa model kembali menjadi trend di saat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda cermat dalam melihat tren, beberapa di gemari kembali saat ini.

      Hapus
  10. Yang paling seru gaya fashion tahun 70an ya. Kalo liat di foto foto jadul orang tua saya, kemeja kerah lebar dengan kancing atas terbuka, celana cutbray, rambut berjambul dan jambang di pipi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kumis klimis, rambut gondrong adalah bagian dari tren tampilan era 70.

      Hapus
  11. lucu ya kalau lihat perkembangan fashion, bahkan sampai sekarang juga aku penikmat visual vintage alias cukup dengan melihat-lihat saja gak berani pakainya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menarik perhatian bagi para pecinta vintages salahsatunya adalah pakaian.

      Hapus
  12. Mode itu selalu berputar dari zaman ke zaman. Ayo kita cek koleksi pakaian ibu atau nenek. Siapa tahu ada yang trendi lagi fo zaman now? Hehehe .
    .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ukuran baju nenek kita yang jadi masalah. Era 70 bentuk tubuh umumnya langsing.

      Hapus
  13. Waktu remaja sering banget bergaya dengan fashion vintage. Paling suka gonta ganti scarf atau bandana sebagai pemanis outfit. Jadi tahu sekarang cerita dan era gaya klasik, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren masa muda anda.penuh dengan gaya dan cerita menarik.

      Hapus
  14. Perkembangan fashion menurutku akan kembali seperti ke tempo dulu seperti siklus/alur. Dulu pernah ngetrend kemeja kotak2 dan sekarang juga banyak yg menggunakannya, kesukaan org2 telah jatuh kepada style minimalis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Style minimalis mengutamakan kualitas pakaian daripada aksesoris yg berlebihan.

      Hapus
  15. Gaya berpakaian dari tahun ke tahun emang kelihatan banget ya. Aku juga suka lihat foto mamaku di usia muda, gaya berpakaiannya berbeda dari skrng. Namun, sekarang gaya pakaian yang dulu mulai bermunculan lagi. Dunia fashion itu penuh inovasi banget ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dunia fashion adalah dunia atm. Amati, tiru dan modifikasi. Tidak ada yang berubah dalam pakemnya.

      Hapus
  16. Tahun 2000 an dulu aku suka pakai cutbray. Tapi aku malah kelihatan pendek karena emang punya badan mungil. Kalau diperhatikan mode pakaian ini berputar ya dengan gaya warna yang berbeda aja. Sampai sekarang celana cutbray masih tersimpan rapi di lemari 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagian bawah celana cut bray di beri hiasan bordir atau payet. Pasti akan beda dan menarik.

      Hapus
  17. sepertinya fashion yang sudah ada akan terjadi beulang. maksudnya, yang anak sekaramg ingin terlihat berpenampilan classic.
    tpi emang era fashion di tahun 70 80 an sampai sekarang pun terlihat bagus serta cocok untuk digunakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Era tersebut akan menjadi tren di tahun tahun kedepan, dengan beberapa modifikasi desain.

      Hapus
  18. Oh jadi yang digunakan skrg lebih banyak pengaruh dari gaya fashion 3 dekade: 70, 80, 90 ya. Tren fashion yang akan terus berulang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tren baju Fashion adalah modifikasi gaya berpakaian sebelumnya yang selalu dikembangkan

      Hapus
  19. Setiap era ada style khasnya. Di era tersebut mungkin itu adalah gaya paling keren, tapi bisa jadi setelah berganti era gaya tersebut keliatan cupu. Walaupun begitu kalo lihat gaya di tahun-tahun yang sudah lama, rasanya kaya nostalgia gitu.

    BalasHapus
  20. Tidak ada gaya pakaian tanpa inovasi dan perubahan dalam setiap waktu.

    BalasHapus
  21. Sekarang masih suka berpakaian gaya 90an, karena di KPop banyak yg berpakaian begitu. Mode sepertinya berulang yaa hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, gaya k-pop adalah inovasi gaya klasik yang di upgrade sehingga lebih menarik.

      Hapus
  22. Sebagai anak muda, saya lebih suka style vintage. Mungkin karena terlihat lebih dewasa kali ya

    BalasHapus

Posting Komentar