Langsung ke konten utama

Ragam Gaya Baju Karnaval 17'an

 Bergaya Di 17 Agustusan

Dirgahayu Indonesia

HUT RI ke 78

17 Agustus adalah tanggal kramat bagi seluruh rakyat dan Bangsa Indonesia . Diperingati sebagai hari kemerdekaan Indonesia , dimana pada tanggal 17 Agustus 1945 di Hari Jum't di proklamasikan kemerdekaan negara Indonesia . Usia kemerdekaan Indonesia sudah 78 tahun dan akan terus bertambah hingga ribuan tahun . Melaju dari awal hingga tercapai kemajuan bangsa , tercapai cita cita masyarakat sejahtera adil dan makmur . Amin.

Banyak kegiatan yang dilakukan untuk menunjukkan bahwa telah banyak yang dicapai selama kemerdekaan ini . Salah satu yang menjadi favorit masyarakat adalah kegiatan karnaval . 

Salahsatu hal yang paling menggembirakan kegiatan seperti ini adalah bagian dari Berkah penjahit  dengan membuat baju karnaval dengan bentuk yang unik dan bagus. 


Berbagai ekspresi di tampilkan dalam pakaian selama kegiatan karnaval . Berikut ini adalah contoh sebagian kecil yang tertangkap kamera :

Pakaian Formal Upacara

Baju Karnaval upacara 17'an


Pakaian formal upacara menjadi pakem yang harus ada di setiap karnaval memeriahkan 17 agustusan . Ciri utama yang bisa di kenali adalah :

  • Berbaju hem lengan panjang warna putih .
  • Rok atau Celana panjang berwarna putih .
  • Bersepatu hitam dan berkaos kaki putih .
Bisa di tambahi aksesoris berupa kopiah , kaos tangan putih yang menambah elegan dan wibawa bagi yang memakainya .

Umumnya terdiri dari beberapa anak yang usianya remaja , berada di barisan paling depan , melambangkan kekuatan generasi muda menatap masa depan.

Baju Hias Warna Warni

Baju karnaval 17'an

Baju hias adalah yang paling populer di gunakan selama karnaval sejak masa lalu . Mengangkat ide kreatifitas , para peserta berlomba memakai baju atau pakaian dengan berbagai bahan , warna dan bentuk baju untuk ditampilkan selama acara karnaval .

Sepanjang jalan karnaval kita di suguhi kreatifitas tiada akhir dari semua peserta karnaval dalam berpakaian . Menggunakan bahan baju dari berbagai material tidak hanya kain katun atau sejenisnya . 

Material yang digunakan mulai dari kertas koran , kain spundbond , plastik , bahkan bahan limbah yang tidak terpakai .

Kreatifitas yang harus di hargai karena bukan hal yang mudah untuk menciptakan dan membuatnya . Butuh waktu hingga berhari hari untuk mengerjakannya , bahkan mungkin lebih dari 1 minggu dikerjakan untuk siap di tampilkan dalam karnaval 17 Agustusan . 

Baju Batik

Batik karnaval 17'an


Batik adalah produk Indonesia yang di akui dunia . Menjadi salah satu warisan budaya berbentuk benda yang di akui dunia melalui UNICEF .

Mempunyai corak dan desain unik yang menjadi ciri suatu daerah di Indonesia . Pakaian yang setiap hari bisa dilihat oleh masyarakat Indonesia .

Identik dengan seni dan keindahan membuat batik layak ditampilkan dalam berbagai kegiatan , karnaval 17 agustusan juga seharusnya menampilkan baju batik .

Tanpa kehadiran rombongan berbaju batik dalam karnaval 17 Agustusan tersebut , ibarat sayur tanpa bumbu dan garam , terasa hambar tidak ada enak dan kerennya ketika acara berlangsung  . Melestarikan batik adalah kewajiban bagi semua yang bergerak di dunia fashion Indonesia.

Baju Daerah

Budaya daerah

Berbaju atau berpakaian daerah menunjukkan keberagaman budaya dan pakaian daerah di Indonesia  .

Dengan 700 lebih suku yang hidup di tanah Indonesia , sangatlah menarik bila ada ratusan baju dan model bisa ditampilkan dalam parade karnaval 17 agustusan . 

Keunikan , keindahan dalam keberagaman adalah nilai kekayaan budaya yang tidak terhingga harganya . Semakin berkembang dan maju negara ini dipastikan makin beragam pilihan dalam menggunakan baju daerah untuk kegiatan sehari hari .

Baju Lucu 

Barbaju lucu

Baju dalam klasifikasi lucu ini sulit di gambarkan secara jelas . Memakai baju dengan tema yang tujuannya sekedar menghibur penonton . Menjadi menarik karena yang menggunakan baju seperti ini secara umur dan karakter sangat berbeda jauh dalam kehidupan mereka sehari hari .

Yang harus di apresiasi dan di hargai dalam rombongan atau kelompok ini adalah kemauan berpartisipasi untuk ikut dalam karnaval 17 agustusan . Tidak untuk dinilai atau di rendahkan keikut sertaan mereka . Mereka adalah penggembira yang membuat hangat dan penuh tawa suasana.

Demikianlah sekelumit cerita pada karnaval 17 Agustusan yang bisa di ceritakan . Untuk ide lain di peringatan kemerdekaan bisa didapat dari tulisan kami lainnya .

Salam MERDEKA 





Komentar

  1. Wah, meriahnya peringatannya di tempat kakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kemeriahan yang harus di syukuri.

      Hapus
  2. Wahh seru banget karnavalnya, bajunya juga bagus-bagus semoga tahun depan tetap konsisten yaa

    BalasHapus
  3. Lebih merianya lagi kalau gaya baju yang kita gunakan itu adalah model baju para pejuang jaman dahulu.. pasti lebih bermakna

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perjuangan pendahulu memang harus di hormati.

      Hapus
  4. Anonim8/23/2023

    beragam suku dan budaya di indonesia moga terus lestari sampai ke anak cucuk

    BalasHapus
  5. Anonim8/23/2023

    beraneka ragam baju adat dan suku budaya di indonesia semoga terus terjaga sampai cucu kelak

    BalasHapus
  6. Betul sekali mas marno. Terima kasih atas komentarnya

    BalasHapus

Posting Komentar