Langsung ke konten utama

3 Sepatu Outdoor Pilihan

 Sepatu adalah alas kaki yang wajib dipakai setiap orang untuk berjalan. Fungsinya untuk melindungi telapak kaki dari luka karena menginjak sesuatu yang berbahaya. 

Seiring berkembangnya jaman bertambah fungsinya menjadi salah satu bagian dari gaya hidup. Sepatu mempunyai model dan bentuk yang makin bervariasi. 

Berdasarkan fungsi dan kegunaan serta gaya ada sepatu yang dibuat untuk kegiatan,  aktifitas  dalam ruangan dan di luar ruangan sesuai kebutuhan penggunanya.

Beberapa sepatu outdoor untuk kegiatan luar ruangan di bawah ini adalah favorit yang umum di pakai:

Sneaker

Sepatu yang digemari untuk outdoor
Model Sepatu Sneaker 


Adalah sepatu dengan sol karet untuk olahraga atau kegiatan non formal. Pada perkembangannya sepatu jenis ini menggunakan bahan karet sintetis yang di padukan dengan kulit, kain kanvas atau suede.

Pada awalnya sneaker hanya untuk olahraga. Seiring perkembangan gaya hidup menjadi populer untuk kegiatan harian non formal. 

Keunggulannya adalah: 

  • Enak di Kaki

  • Banyak model dan pilihan

  • Terkesan eksklusif

Anak anak hingga orang dewasa saat ini banyak yang menggunakannya sebagai bagian dari gaya hidup dan pilihan alas kaki.

Berbagai model bisa di pilih untuk mereka.

Ada jenis sneaker yang populer saat ini, yaitu:

  • Sneaker olah raga, sneaker ini di rancang khusus untuk olah raga tertentu dan berdasar spesifikasi khusus. Bentuk Sol dan bentuknya berbeda beda menurut kebutuhan. Sneaker basket pasti beda untuk sepakbola.

  • Sneaker kasual adalah sneaker yang di gunakan untuk kegiatan outdoor sepanjang hari dalam berbagai aktifitas pemakainya. Sol di buat tipis dan desain yang sederhana.

  • Sneaker hype adalah yang di keluarkan dengan edisi khusus dalam jumlah terbatas yang ditujukan sebagai koleksi. Kolektor berburu barang ini untuk di perjualbelikan sebagai barang berharga yang mahal.
Dalam beberapa dekade sneaker menjadi populer di dunia dan beberapa model jadi incaran kolektor yang mahal.

Sepatu Hiking

Sepatu untuk kegiatan lintas alam
Model sepatu Hiking

Sepatu hiking adalah jenis sepatu yang di gunakan untuk kegiatan lintas alam dengan berbagai medan dan jalan. Ketika di gunakan harus kuat ketika terendam air dan berjalan di pegunungan yang terjal.

Spesifikasi sepatu hiking harus memenuhi:

  • Sol yang tebal mencengkeram tanah sehingga ketika berjalan di medan terjal atau licin tidak tergelincir atau jatuh.

  • Mempunyai bagian atas minimal setinggi mata kaki untuk melindungi dari benturan atau gesekan yang dapat melukai pergelangan kaki.

  • Bantalan kaki empuk, nyaman dan anti air sehingga tidak melukai telapak kaki dalam perjalanan jauh hingga berjam jam lamanya di berbagai medan.

  • Semua bahan harus tahan air dan lumpur serta mudah untuk di bersihkan setelah di gunakan.
Ada beberapa jenis sepatu hiking yang umum di kenal untuk kegiatan yaitu,

  • Sepatu Hiking low cut, mempunyai ketinggian atas di bawah matakaki, fungsinya untuk kegiatan hiking ringan dengan medan yang tidak berbahaya ataupun beresiko.

  • Sepatu Mid cut hiking, digunakan untuk medan jalan yang menanjak yang tidak banyak ditumbuhi semak liar. Tinggi bagian atas sepatu minimal sejajar dengan alas kaki.

  • High cut Hiking adalah sepatu hiking yang memiliki pelindung bagian atas hingga ke tumit. Digunakan untuk medan berat yang berbahaya dan berlumpur dalam.
Penggunaan sepatu hiking disesuaikan dengan medan yang akan dilalui. Karena bila salah menggunakan sepatu bisa menyebabkan kesulitan dalam kegiatan lintas alam.

Sepatu Untuk Kerja Berat ( Heavy Duty)

Di gunakan untuk keamanan kerja outdoor
Model Sepatu Heavy duty

Sepatu heavy duty digunakan untuk kerja yang mempunyai resiko kecelakaan yang tinggi. Merupakan bagian dari perlengkapan kerja yang harus di kenakan saat bertugas.

Para pekerja tambang, tentara, industri kontruksi, pabrik diwajibkan mengenakan baju dan sepatu yang melindungi bagian tubuh dari benda yang menyebabkan terluka.

Beberapa sepatu yang dikenal untuk heavy duty, antara lain:

  • Sepatu safety
  • Sepatu boot kerja
  • Sepatu tentara
Sepatu diatas dirancang sangat kuat tertimpa benda berat dan keras karena di ujung sepatu di lindungi plat besi tebal.

Itulah 3 jenis sepatu yang sering digunakan untuk kegiatan outdoor dengan berbagai kelebihannya.

Untuk melindungi diri agar tidak terluka ketika berkegiatan outdoor selain penggunaan sepatu yang benar, memilih pemilihan topi yang baik sebagai pelindung kepala juga diperlukan. Berbagai desain saat ini banyak yang dijual, dari model topi yang bulet hingga baret topi rimba tersedia.

Bagi wanita, penggunaan sepatu outdoor bisa dipadu padankan dengan berbagai gaya pakaian yang sportif dan pemilihan  gaya berhijab yang dimodifikasi sedemikian rupa bisa dilakukan agar tidak mengganggu dalam aktifitas di outdoor.

Terima kasih sudah membaca tulisan ini.







Komentar

  1. Sepatu sneaker menjadi andalanku karena faktor kenyamanan. Inovasi model sneaker memungkinkan saya memakai jenis sepatu model ini di situasi formal maupun informal. Terima kasih ulasannya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Andalan untuk kegiatan harian adalah sneaker.

      Hapus
  2. Tentu aku paling suka pakai sepatu sneaker karena nyaman digunakan di kaki dan tidak berat dibawa kemana-mana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenyamanan adalah faktor yang fu miliki sneaker

      Hapus
  3. Infonya menarik kak...tapi serius nanya, Sneaker itu merek sepatu atau jenis sepatu sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sneaker adalah model sepatu yang mengacu pada model sepatu yang desainnya mirip dengan satu merk terkenal. Paten desainnya yg di beli merk lain. Sebutannya menjadi sneaker dalam banyak merk.

      Hapus
  4. Semakin berumur aku lebih memilih sole yang ringan, bahkan sekarang sepatu barefoot gitu cucok juga buat hiking. yang model sepatu hiking high cut itu pernah punya, ternyata gak cocok di aku karena risihan dan berat tapi super enak buat nanjak puncak semeru bisa mencengkram pasir2 licin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang mungkin menjadi koleksi saja, karena sudah tidak ke puncak semeru ?

      Hapus
  5. kalau aku suka yang haiking,, lebih tangguh untuk diajak menjelajah, juga keamanan dan kenyamanan terjamin sama kualitasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepatu hiking terlihat gagah bila di pakai dalam aktifitas harian.

      Hapus
  6. Saya sebelumnya senang mendaki gunung. Belum benar-benar terbiasa sih, bukan pendaki berpengalaman. saya masih pemula, belum pake sepatu outdoor masih pakai sendal gunung. emang sih rasanya kurang aman jadi pasti butuh sepatu khusus untuk mendaki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk medan dan tracking kering, sandal gunung masih boleh dipakai.

      Hapus
  7. kalo dulu waktu jaman sma hobi koleksi sepatu model safety. lebih keren aja gitu kesanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Safety shoes berat dan tidak nyamsn untuk kegiatan harian. Beberapa terbuat dari plastik.

      Hapus
  8. Sepatu sneaker lebih nyaman untuk keseharian namun untuk formal perlu model sneaker yang formal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sneaker casual yang bersol tipis dan low cut pada bagian atas. Nyaman dan ringan.

      Hapus
  9. Aku sih andalan pastinya pake sepatu sneaker, enak dipakai untuk outdoor tapi juga stylist jadi bisa dipake untuk berbagai kondisi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stylist adalah kata kunci dari para pengguna sneaker. Selain nyaman di kaki bila di pakai.

      Hapus
  10. Sudah pasti selama ini yang selalu always saya pakai adalah yang jenis sneaker buat sehari-hari. Nyaman buat jalan dan cukup bergaya. Terlebih saya aktivis PPJ, Pura Pura Jogging.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ppj kosa kata baru mbak. Pura pura joging nyari baju bekas di pasar senggol.

      Hapus
  11. saya suka jenis spatu Sepatu Untuk Kerja Berat ( Heavy Duty), sebab dunia kerja saya diluar emang cukup keras dan berat. terimakasih sudah berbagi referensi.
    salam kenal dan dalam rahayu
    wahono secret

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerja berat dengan resiko tinggi. Wajib safety dari sepatu hingga baju.

      Hapus
  12. Artikelnya keren kak, pasti bermanfaat sekali untuk pembaca yang tertarik dengan ragam pilihan sepatu outdoor. Terima kasih untuk artikel ini, saya pun belajar banyak soal sepatu outdoor.

    Namun, saya merasa kurang nyaman saat membaca artikel ini, karena beberapa hal kecil. Mohon maaf sebelumnya. Saya izin memberi saran ya kak. Terkait penggunaan preposisi dan prefiks. Ada beberapa kesalahan yang saya temui.

    Preposisi gabungan kata yang biasanya ada di depan nomina. Contohnya dari, ke, dengan, di, dan ke. Prefiks adalah imbuhan yang diletakkan di awal atau di depan suatu kata dasar.
    Contoh prefiks adalah imbuhan ber-, me-, per- se- di-, ke-, dan ter-. Misalnya kata dasar “main” ditambah dengan prefiks ber menjadi bermain.

    Nah, ada beberapa kata yang saya temukan di artikel ini, seperti "di pakai" (ini kata prefiks bukan preposisi, harusnya "dipakai"), "di lalui" (harusnya "dilalui"), "di wajibkan" ("diwajibkan"), "diatas" (harusnya pisah karena menunjukkan posisi, jadinya "di atas"), "di gunakan" ("digunakan"), dan masih ada beberapa kata lain yang perlu diperbaiki seturut EYD.

    Semoga masukan saya bisa berguna. Mungkin ini hal kecil, tapi itulah seni menulis harus teliti dengan hal-hal kecil. Mohon maaf bila ada yang kurang dalam masukan saya. Karena saya juga masih belajar dan berproses. Terima kasih kak, semangat sllu dalam menulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih masukannya. Segera di perbaiki semuanya.

      Hapus
  13. Tbh sepatu sneakers sepatu yang menjadi andalanku saat keluar rumah. Rasanya nyaman bisa dipakai sekalian buat lari juga, nice artikel kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepatu favorit generasi z yang jadi bagian dalam berkegiatan harian.

      Hapus
  14. Sepatu sneaker masuk dalam jajaran favorit ya, apalagi saya karena saya belum pernah nyoba sepatu untuk kerja berat dan sepatu untuk hiking :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepatu tukang dari karet juga termssuk heavy duty shoes mbak. Jangan di coba.

      Hapus
  15. Saya lebih suka pakai sepatu Sneaker, baik untuk aktivitas formal maupun buat outing. paling disesuaikan saja warnanya. Pakai sneaker itu lebih nyaman aja pakenya, dan merasa lebih Percaya Diri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak pilihan warna dan model serta merk untuk sneaker. Tinggal sesuaikan budget.

      Hapus
  16. Paling suka sneakers kak, praktis bisa digunakan untuk olahraga seperti jalan atau aerobik, bisa juga digunakan pergi aktivitas sehari-hari seperti jalan ke pasar, mall atau ke kafe sekalipun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sneaker sepatu segala kondisi dan gaya dalam kegiatan harian.

      Hapus
  17. Kalau mau aktivitas outdoor yang ringan, saya lebih suka pakai sandal. Tapi kalau untuk aktivitas outdoor yang agak extrem, otomatis pasti pakai sepatu (Heavy Duty) atau boots. Selain kuat, tentunya bikin penampilan tambah keren dong! Haha~

    BalasHapus
  18. alau banyak jalannya, pasti paling enak itu pakai sneaker. nyaman, dan nggak akan lecet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jalan jalan pakai sneaker anti kondisi yang membuat kaki tersiksa.

      Hapus
  19. Kalau saya sendiri lebih suka untuk makai sepatu sneaker ya. Lebih luwes aja dan memang cocok untuk keseharian saya juga sih, yang jalan-jalan.

    BalasHapus
  20. Di keseharian saya lebih pilih sneaker olahraga atau kasual.Karena lebih nyaman bisa sat set cepet beraktivitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Membuat aktifitas lebih ringan dan praktis ketika memakai sneaker.

      Hapus
    2. Membuat aktifitas lebih ringan dan praktis ketika memakai sneaker.

      Hapus
  21. Sekarang karna apa apa serba sneaker di acara resmi berbatik aja pun aku pake sneaker, pantofelnya jarang kepake

    BalasHapus
  22. ada rekomendasi sepatu sneaker yang cocok buat dipakai kerja gk ? kalo ada minta rekomendasi harga dan mereknya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba merk lokal kak. Seperti brodo, piero, nah,compas harganya di rentang 250k -750k. Bagus utk harian, harganya sebanding gak overprice.

      Hapus
  23. Sepatu memang macem2 bgt ya dari fungsinya. Tp klo aku prefer kenyamanan, meskipun mungkin model itu sudah gak ngetren lagi hihi

    BalasHapus
  24. Kenyamanan nomer satu dalam memilih sepatu, tren sepatu bisa berubah tiap dekade.

    BalasHapus
  25. Kenyamanan nomer satu dalam memilih sepatu, tren sepatu bisa berubah tiap dekade.

    BalasHapus
  26. Pernah beli sepatu untuk kerja berat yg ada pelindung di bagian depan, tapi saya pakai buat kerja kantoran hahaha Krn nggak tau itu sepatu buat mrk yang kerja di lapangan dan berisiko... Berat sepatu nya

    BalasHapus
  27. sepertinya saya kurang cocok utk menggunakan sepatu hiking, krn cukup besar, he. Lebih milih sepatu-sepatu yg nyaman dan tidak berat ukurannya si,

    BalasHapus

Posting Komentar