Langsung ke konten utama

Pilih Topi Yang mana?

Topi adalah alat penutup kepala yang di gunakan ribuan tahun yang lalu. Berbagai kalangan memakainya yang berfungsi sebagai simbol dan pananda status sosial penggunanya.

Seiring perkembangan waktu dan jaman topi menjadi alat pemersatu masyarakat dalam komunitas atau kegiatan. Tidak hanya dalam suasana yang resmi dan khidmad, penggunaannya juga di kondisi non formal.

Beberapa topi menjadi populer karena menjadi tren dan gaya hidup yang di kenakan dalam kegiatan sehari hari, menarik untuk di ulas dan di cermati. Beberapa topi tersebut antara lain:

Topi Bisbol

Topi yang populer di saat ini
Topi bisbol

Mempunyai bentuk yang berbeda dengan kebanyakan topi di masa lalu, sehingga di sukai banyak orang. Bentuk topi bisbol mudah dikenali dari bentuknya yaitu:

  • Penutup kepala berbentuk melingkar bulat, berfungsi melindungi kepala dari benturan dan panas cuaca di siang hari.

  • Terdapat tambahan pelindung  pada bagian depan yang terbuat dari bahan lembut seperti spon tipis, tujuannya agar kepala bagian depan terlindungi dari benturan yang mengakibatkan cedera.

  • Penambahan lidah topi dari bahan yang keras dan kaku diletakkan pada bagian bawah depan tepat di atas dahi pengguna. Tujuannya melindungi mata agar tidak silau, karena sinar matahari,  cahaya terhalang, angin dan debu.

  • Terdapat strap di bagian belakang ysng tujuannya untuk menyesuaikan ukuran kepala pengguna dengan topi, sehingga tidak mudah jatuh karena longgar atau kekecilan sehingga tidak bisa di pakai.
Saat ini berbagai kalangan baik instansi resmi ataupun perorangan banyak menggunakan topi model bisbol sebagai bagian dari aktifitas harian. Menjadi bagian seragam pada TNI, Polisi, siswa sekolah yang harus di kenakan dengan sanksi tegas bila tidak di kenakan.

Di pergaulan informal, topi bisbol menjadi gaya hidup agar tampil lebih percaya diri ketika bertemu dengan teman ataupun orang lain. Bahkan di waktu malam banyak yang mengenakannya dengan tujuan fashion penunjang gaya berpakaian. 

Banyak topi bisbol dengan variasi dan corak menarik di lihat saat ini. Bahkan penggunaan bordir sebagai pemanis juga marak di pamerkan.

Topi bisbol menjadi pelengkap berpakaian bisa ditemukan dalam berbagai harga yang di sesuaikan kemampuan pembelinya. 

Topi Fedora

Topi fedora populer di abad 19
Model topi Fedora

Topi yang menjadi favorit para tokoh publik karena bentuknya yang kecil dan ringkas. Bagian dari fashion yang menunjang penampilan seseorang agar terlihat menarik dan unik.

Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat 2017 - 2023 adalah salahsatu orang yang terkenal dengan ikon topi fedoranya sebagai pelengkap berpakaian saat berdinas dan bertugas.

Awal mula di kenal pada abad 19, di benua Amerika, dimana para penggembala sapi untuk melindungi diri dari panas, hujan dan cuaca bersalju menggunakan fedora.

Berbentuk bulat untuk melindungi kepala, di tambah lidah melingkar yang tujuannya melindungi sinar matahari, debu dan angin. Bahan fedora di awal adalah kulit sapi yang di samak halus kemudian di beri berbagai warna yang menarik. Seiring waktu penggunaan anyaman dari bambu atau jerami menjadi alternatif pilihan.

Di Indonesia fedora juga di pakai oleh Pramuka sebagai bagian dari seragam mereka, dalam pergaulan sehari hari banyak juga yang menggunakan sebagai bagian dari gaya berpakaian.

Fedora bisa di kenakan oleh pria dan wanita dalam bergaya. Tampilan bagi mereka yang menggunakan fedora adalah vintages dan retro membawa penggunanya terlihat berbeda.

Penutup

Dari 2 model topi yang di tulis, semuanya menarik untuk di pakai dalam kegiatan harian. Mempunyai penggemar sendiri di berbagai lapisan masyarakat.

Topi di saat ini menjadi bagian dari pelengkap dalam berpakaian seseorang selain baju bahkan menjadi bagian dari seragam institusi.

Bentuk topi juga bermacam - macam tidak hanya bulat pada bagian tepinya. Topi dengan ujung asimetris juga banyak dipasarkan saat ini dan menarik untuk dikoleksi. Pemakainnya bisa dikombinasikan dengan pakaian era vintages  yang dikenal klasik dan unik.

Baca: 3 sepatu untuk kegiatan outdoor yang bermanfaat ketika melakukan aktifitas diluar ruangan.



Komentar

  1. Pilihannya sulit! Artikel yang menarik mengenai pilihan topi yang dapat membantu kita menentukan gaya dan melindungi dari sinar matahari. Sangat berguna bagi mereka yang ingin tampil keren dan tetap menjaga kesehatan kulit mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kulit kepala juga terlindungi bila memakai topi yang bersih.

      Hapus
  2. Dua topi di atas bukanlah topi favorit saya, saya dan istri tuh seneng banget sama topi bucket karena bisa masuk di berbagai jenis pakaian hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selera yang baik, bisa saling mendukung dalam selera pasangan anda.

      Hapus
  3. Tim topi bisbol akutuh, kek stylenya lebih swag aja gitu, hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Topi yang tren saat ini. Tahun 80'an menjadi tren hingga saat ini.

      Hapus
  4. Aku tuh sering sakit kepala kalau pakai topi. Paling aman pakai bucket hat, tapi itu juga gak bisa lama2 banget. Ada rekomen jenis topi yang gak bikin pusing gak kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake topi jenis baret mungkin menjadi alternatif dalam memilih topi.

      Hapus
  5. kalau aku jarang banget pake topi kalaupun iya emang menggunakan topi memang secara fungsinya yaiitu melindungi kepala dari panas matahari sih kak

    BalasHapus
  6. aku paling sering pake topi bisbol kak tapi lebih keren aja soalnya hehe

    BalasHapus
  7. Topi terkeren yang di sukai banyak kalangan usia.

    BalasHapus
  8. Aku suka topi bisbol karena simple. Suka juga topi yang lain, yang mirip fedora tapi gak sekaku itu, lbh kayak topi buat piknik2 itu tapi yang area pinggirannya lbh kecil. Belakangan juga kalau ke mana2 pakai topi, walau sekadar ke toko dekat rumah, apalagi pas jalan kaki, soalya cuaca panas beut :D

    BalasHapus
  9. Kalo peci itu termasuk topi gak ya? Hehe. Biasanya pakai peci soalnya.

    Sebenarnya intinya sama sih. Nutupin kepala

    BalasHapus
  10. Klau Saya suka topi bucket karena area depan belakang kepala tertutup topi hehehe dan engga terlalu besar ukurannya

    BalasHapus
  11. Topi baseball dan topi bucket sekarang lebih banyak dipakai oleh masyarakat. Selain penggunaannya untuk menghindari panas matahari juga menjadi style dalam berpakaian.

    BalasHapus
  12. Saya pribadi tidak suka pakai topi, karena membuat pusing. Padahal bermanfaat untuk menghindari panas dan silau. Jadi baru tahu jenis topi fedora seperti itu dan contohnya topi pramuka. Berarti berbentuk bulat (pramuka) juga disebut fedora ya?

    BalasHapus
  13. Aku suka topi yang bulet karena aku berhijab. Bukan masalah hijab juga sih, tapi keliatan stylish aja klo pake topi yang bulet buat cewek.

    BalasHapus

Posting Komentar