Langsung ke konten utama

Motif Batik Jawa Klasik di Istana Berbatik 2023

Pada Minggu 1 Oktober 2023 di  Jakarta, di helat acara Istana Berbatik yang tujuannya untuk memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada esok hari senen 2 Oktober 2023.

Hari Batik Nasional, ditetapkan oleh pemerintah Indonesia berdasar Kepres ( keputusan Presiden ) nomer 33 tahun 2009. Dasar pengukuhan dari hal di atas adalah adanya pengakuan badan dunia PBB melalui UNESCO  membuat pengakuan bahwa "Batik sebagai warisan dunia bukan benda yang berasal dari Indonesia".

Dari keterangan UNESCO didapat kesimpulan bahwa dunia mengakui batik sebagai:

  • Budaya asli yang berasal dari negara Indonesia mempunyai ciri dan corak mewakili negara kita, dengan berbagai kelebihannya.

  • Mempunyai nilai seni yang sulit di tiru oleh negara lain, penuh dengan kekayaan filosofi dasar kehidupan masyarakat Indonesia.

  • Batik secara khusus adalah simbol budaya dan seni negara Indonesia yang menjadi bagian dari keindahan ragam dunia.
Menjadi kewajiban dari warga negara indonesia untuk menjaga dan melestarikan budaya berpakaian batik atau memanfaatkan kain batik dalam kehidupan sehari hari. Mengenakan kain batik di Hari batik atau di kesempatan  serta acara lain merupakan cara melestarikannya.

Istana berbatik 2023 adalah rangkaian kegiatan untuk melestarikan batik, caranya dengan mengenalkan secara luas kepada masyarakat melalui acara tersebut.

Ada beberapa motif batik  berasal dari Jawa dan Madura yang ditampilkan mempunyai makna, arti khusus saat di tampilkan di  Acara Istana Berbatik, tanpa mengesampingkan lainnya.

Berikut ini deretan  batik yang cukup menarik di lihat dan di koleksi,

Batik Sekar Jagad Jogjakarta

batik sekar jagat Jogjakarta
Batik motif sekarjagad Yogyakarta

Batik sekar jagad adalah batik yang menggambarkan keindahan dunia ( jagad ) yang terjalin dalam motif dan ragam hias seperti pulau pulau yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya.

Sekar jagad di masa lalu sering di kenakan oleh Raja dan bangsawan kraton sebagai tanda bahwa jagad ( dunia ) kehidupan telah mereka jalani penuh dengan perkembangan ( sekar ).

Pembuatan batik sekar jagad membutuhkan waktu lama karena banyaknya corak dan motif dalam satu lembar kain. Hanya pembatik berpengalaman dapat mewujudkannya.

Motif warna Sekar Jagad biasanya cerah, seperti merah, kuning, hijau. Lambang dari kegembiraan, kebahagiaan, kegagahan dan kharisma.

Pakaian batik sekar jagat umumnya di kenakan pada acara acara resmi negara atau kraton karena mempunyai wibawa yang tinggi bagi yang memakainya.

Batik sekar jagat bisa di kombinasikan dengan kain katun atau kain sutera dalam satu desain baju atau pakaian. Paduan dengan batik truntun, batik lereng, ataupun batik kawung menjadi alternatif pilihan.

Batik Sekar Jagad Madura mempunyai desain yang hampir sama, warna dasar  dominasi yang membedakan dengan batik Yogyakarta. 

Sekar jagat warna merah madura.
Motif Sekarjagat Madura

Warna merah yang menandakan keberanian dan ketegasan dalam bersikap menjadi warna dasar Sekar Jagad Madura.

Batik Parang Nogo  Jogyakarta

Parang nogo Jogjakarta
Motif batik Parangnogo Yogyakarta

Dasar motif batik ini adalah batik parang yang di beri tambahan corak bergambar naga, warna dasar yang mendominasi adalah coklat dan kuning.

Parang dalam filosofi jawa melambangkan:

  • Kekuatan, mampu menanggung halangan dan rintangan kehidupan seberat apapun di setiap saat.

  • Keberanian, dalam menghadapi tantangan yang menghambat dalam mencapai tujuan hidup.

  • Ketekunan, butuh ketekunan dalam berkarya dan mengarungi roda nasib, karena penuh dengan tidak kepastian.

  • Kejayaan, naga adalah simbul keperkasaan dan kejayaan dalam memimpin hingga waktu lama.
Selain corak Parang Nogo yang menjadi maskot atau yang utama dalam batik parang, terdapat motif banyak variasi motifnya yang perlu di kenal yaitu:

  1. Parang Kusumo
  2. Parang Rusak
  3. Parang Barong
  4. Parang Curigo
  5. Parang Klithik
  6. Parang Slobok
  7. Parang Seling
  8. Parang Parung
Untuk busana acara resmi dan upacara adat sangat disarankan menggunakan batik parang karena mempunyai corak yang beraneka ragam.

Batik Pepadan 

Batik Pepadan simbol kehidupan
Motif batik Pepadan Jogjakarta

Batik pepadan mempunyai makna dan filosofi paling detil dan tinggi dari kebanyakan corak batik tradisional Jawa.

Inspirasi dasar terciptanya batik Pepadan adalah tembang macapat yang perlu diketahui bahwa terciptanya macapat sudah ada sejak abad 13, kemudian di populerkan oleh para walisongo.

Ada 11 pupuh ( bait) macapat yang menjadi papadan ( persamaan ) dalam batik yang tertuang dalam corak dan motif cukup populer melambangkan proses hidup, yaitu:

  • Maskumambang, adalah gambaran anak yang di kandung oleh ibunya dengan harapan ketika lahir di beri keselamatan, kesehatan, tanpa kekurangan apapun pada mereka berdua.

  • Mijil atau bertumbuh dalam seorang anak dari mulai lahir hingga masa tua, di harapkan bertumbuh dengan baik dalam hidup dan sukses hingga akhir.

  • Sinom atau masa muda adalah masa penuh gejolak dan tantangan dalam menempuh pendidikan hidup yang harus di jalani penuh semangat.

  • Kinanthi adalah simbul dari teladan seorang ibu, diharuskan memberikan contoh dan tuntunan baik kepada anaknya.

  • Asmaradana adalah simbol asmara sepasang manusia yang saling mengasihi dan sayang hingga maut terpisah.

  • Gambuh adalah corak dalam bermasyarakat, hidup berdampingan agar tercapai kesejahteraan dan kebahagiaan bersama.

  • Dhandanggulo berisi manisnya kehidupan yang penuh kelimpahan dan berkecukupan dalam kebutuhan sehari hari.

  • Durma, biasa di sebut derma berisi anjuran agar mempunyai keluasan hati membantu siapapun dengan menjadi dermawan.

  • Pangkur, menarasikan himbauan agar bisa mengendalikan hawa nafsu setiap saat, menjalani hidup dengan bersahaja dan sederhana.

Pepadan dasarnya mempunyai tema yang penggunaan motifnya sebaiknya disesuaikan usia dan acara yang akan dihadiri.

Itulah ringkasan dalam memperingati Hari Batik Nasional 2023.

Kebutuhan dalam membuat baju batik perlu di ketahui mengingat harganya mahal. Untuk mengetahuinya bisa membacanya di Tips menghitung kebutuhan kain batik. Melestarikan kain batik perlu dilakukan saat ini dan masa akan datang karena menjadi salahsatu cara untuk melestarikan kekayaan Indonesia agar tetap dikenal dunia.

Terima kasih sudah membaca. 

Silakan tinggalkan komentar dibawah ini.


Komentar

  1. Masyyalah Subhanallah Allahuakbar saya bangga banget jadi warga negara Indonesia, Indonesia kaya akan seni dan budaya. Apalagi batiknya itu ciri khasnya otentik dan keren banget. Btw semoga ada langkah serius pemerintah untuk melestarikan batik sebagai warisan dunia, supaya anak-anak muda Indonesia bisa meneruskan warisan yang luar biasa kaya ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Batik saat ini berkembang pesat. Tiap daerah mempunyai ciri dan desain batik sendiri.

      Hapus
  2. Harga Batik Pepadan itu berapa min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk batik cap relatif murah di kisaran 200rb sd 500rb. Untuk batik tulis kisaran 1juta hingga 1.5 jt.

      Hapus
  3. Sebelumnya, selamat hari Batik yaa kak.. Batik memang warisan negara yg indah sekali. Kita bercerita di atas kain melalui batik tersebut. Subahannallah.. makna2nya sangat mendalam ya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banyak filosofi dan cerita dibalik terciptanya selembar batik. Terima kasih atas ulasannya.

      Hapus
  4. Banyak motif dan banyak filosofi dibelakangnya, selamat hari kain traditional.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Filosofi batik berdasar latar belakang adat dan budaya Indonesia.

      Hapus
  5. Konser smtown di jakarta kemarin tema outfitnya batik juga nah, langkah-langkah seperti ini tentu membuat anak mudah semakin tertarik dan terus memakai batik hingga batik dapat terus dilestarikan. Selamat hari batik semuanya:))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Batik itu keren lho. Sekarang juga banyak batik dari hasil kreasi anak muda memanfaatkan teknik digital printing

      Hapus
  6. Batik. Sebuah karya seni yang dipadukan dengan Budaya. Memang untuk Batik ini nilainya tidak bisa diukur dengan nominal. Sulit memang untuk menceritakan atau menggambarkan sebuah Batik terlebih Batik ini hampir disetiap daerah Nusantara khususnya selalu ada.

    BalasHapus
  7. Kekayaan budaya indonesia yang paling di akui seluruh dunia dan punya nilai ekonomi tinggi adalah batik. Terima kasih komentarnya.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Batik salah satu bagian dari kebudayaan kita, happy batik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak bagian budaya bangsa yang bisa kita rawat dan lestarikan.

      Hapus
  10. pemakaian batik sekarang lebih fleksibel baik acara formal aupun nonformal bisa digunakan dengan berbagai gaya berbusana kecuali beberapa motif tertentu yang di jawa kadang hanya digunakan untuk acara khusus saja

    BalasHapus
  11. wah banyak bgt ya jenis-jenis batiknya, emang sih kalo untuk produksi seni batik terbanyak berasal dari Pulau Jawa, tapi batik2 dari sekitar wilayah lain di Indonesia seperti pulau kalimantan, sumatra hingg sulawesi pun sangat banyak dan beragam, perlu ditambahkan referensinya untuk meningkatkan kualitas artikel selanjutnya.. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok mas. Mungkin saya buatkan footer dari tulisan.

      Hapus
  12. Batik adalah salah satu warisan budaya indonesia yang wajib di jaga dan dilesterikan. batik indonesia ini juka telah dikenal mendunia dengan kualitas batik yang sangat baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kualitas batik tergantung dari motif dan desainnya. Selain bahan kain pembuatnya.

      Hapus
  13. Banyak banget motif batik yang cakep cakep ya kak, kalau dibuat busana pasti jadi cakep bnget. Apalagi kalau model dan cuttingnya pas dibadan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada ratusan desain kalo mau berburu kain batik.

      Hapus
  14. udah ciri khas nya indonesia oh iya kak kalo boleh beri masukan font nya di buat biasa saya sebagai pembaca kurang nyaman dengan font nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas masukannya. Mohon maaf dengan ketidaknyamanan dalam membaca.

      Hapus
  15. Batik ini memang warisan Indonesia untuk dunia, ragamnya luar biasa dan semuanya beneran cakep cakep. Kita harus bangga dan ikut melestarikannnya dengan menggunakannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangga dong. Warisan lokal yang diakui dunia.

      Hapus
  16. Batik, o, batik. Sedang naik daun nih. Alhamdulillah, berarti pengrajinnya menang banyaK nih ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kampung batik laweyan solo melegenda sejak masalalu.

      Hapus
  17. Bagus-bagus deh yang dipakai di Istana Berbatik 2023. Dari motif kain Jawa saya paling suka motif Sekar Jagad dan Pepadan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekar jagad ada 2 versi desain. Yaitu madura dan yogyakarta tinggal pilih sesuai selera.

      Hapus
  18. Batik motif Sekar Jagad.
    sekar jagad itu artinya : Sekar itu kembang atau Bunga dan Jagad itu Dunia atau planet bumi.
    kembange atau bungane dunia itu apa ? ya uang. uang itu yang di cari oleh hampir makhluk bernama manusia agar ia bisa bertahan hidup di dunia. uang itu warnanya : merah, biru, hijau, ada unsur kuning, biru muda, hijau muda. yang jelas warba-warna cerah.

    itulah filosofi batik sekar jagad yang sebenarnya.
    kebanyakan kita cuma suka ini dan itu doang si dr budaya kita. kagak mau belajar lebih dalam lagi akan kekayaan budaya leluhur. ya angelllllllll angellllllllllllll angelllllllllllllllllll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di gae gampang mas. Disampaikan dengan menyesuaikan tren saat ini.

      Hapus
  19. Nice sharing kak, dulu jaman kulaih hampir setiap hari pakai batik, tapi saya taunya model batik mega mendung saja hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mega mendung bagian dari motif batik kontemporer, yang mempunyai banyak corak desainnya.

      Hapus
  20. Tingginya nilai budaya dari batik ini membuat bukan harga bahannya aja yang mahal tapi motif yang diciptakan juga punya filosofi, inilah spesialnya batik yang nggak akan pernah mati di mata masyarakat Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nilai sejarah dan filosofi dari suatu barang mempengaruhi harganya. Itu yang dimiliki oleh batik.

      Hapus
  21. Filosofinya dalam banget ya di tiap motif batik yang dibuat ini. Kadang2 klo pas milih kain batik tuh sampai takut salah. udah bagus2 beli motif yang disuka, ternyata itu untuk keperluan khusus.

    BalasHapus
  22. Batik² model sekarang tuh motifnya bikin gemes yah. Tapi tetep ada ciri khas masing². Jadi selalu salit nih sama pengrajin batik. Semoga bisa terus dilestarikan ya warisan Indonesia satu ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lestarikan dengan selalu menggunakan batik di momen khusus dan spesial.

      Hapus
  23. Batik sebagai pakaian tradisional indonesia harus dilestarikan. Saya inget pernah baca tulisan di solo ada kampung yang isinya pembatik semua.

    BalasHapus
  24. Kampung laweyan. Gudangnya pembatik sejak masa lalu. Batik danarhadi, batik keris asalnya dari laweyan.

    BalasHapus
  25. Nah keunikan batik emang bukan sekedar gambarnya yang unik dan menarik, tapi juga ada filosofi di dalamnya yang bikin batik jadi spesial.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak. Banyak filosofi di dalam selembar batik.

      Hapus
  26. Kalau ngomongin baju batik jadi ingat waktu kuliah diluar, waktu beli makan siang tiba2 kasir bilang, bajumu keren aku suka sekali melihatnya, nama bajumu apa ini dan beli dimana.

    BalasHapus

Posting Komentar