Langsung ke konten utama

Merayakan Imlek 2024 Dengan Cheongsam Batik

Tahun Baru Imlek 2024, yang jatuh pada tanggal 10 Februari, menandakan dimulainya Tahun Naga Kayu. 

Tahun ini diprediksi membawa energi positif dan optimisme, melambangkan kekuatan, kemakmuran, dan kebijaksanaan. Elemen kayu pada tahun ini diharapkan memberikan peruntungan dan keberuntungan yang lebih baik daripada tahun Kelinci sebelumnya. Banyak hal baru yang dapat dicoba dalam kehidupan dan usaha dalam tahun ini. 

Untuk menyambutnya, sebagai simbol harapan dan penambah semangat memulai awal tahun, banyak tradisi dan budaya yang dilestarikan, salah satunya melalui busana. Untuk wanita bisa mengenakan baju cheongsam yang menjadi salahsatu pakaian tradisional etnis china.

Cheongsam Batik: Perpaduan Modern dan Tradisional

Cheongsam batik
Cheongsam Batik Lengan Panjang

Cheongsam, pakaian tradisional Tionghoa yang ikonik, hadir dengan sentuhan baru dalam perayaan Imlek 2024. 

Cheongsam batik, perpaduan sempurna antara budaya Tionghoa dan Indonesia, menjadi pilihan modis dan penuh makna. 

Pemilihan kain batik dalam motif dasar parangkusumo seperti difoto atas dengan warna kombinasi kuning, merah dan hitam mempunyai makna yang mendalam.  Warna hitam melambangkan hambatan atau halangan dalam kehidupan, dilawan oleh batik parang kusumo  lambang keteguhan hati   agar mendapatkan kesejahteraan yang disimbolkan dengan warna kuning sehingga hidup menjadi penuh dengan kegembiraan uang dilambangkan oleh warna merah.

Selain itu, pemilihan Motif naga, melambangkan kekuatan dan kebijaksanaan, menjadi pilihan yang bagus untuk menyambut Tahun baru imlek 2024 saat ini.

Keanggunan dan Makna di Motif Cheongsam Batik

Cheongsam batik dapat hadir dalam berbagai motif, tergantung selera dan filosofi dasar bagi mereka yang mengenakan, seperti:

  • Mega Mendung: Melambangkan kesuburan dan kemakmuran. Berisi pengharapan selama tahun ini kehidupan akan semakin makmur dan kesuburan dalam bertani selalu ada.

  • Parangkusumo: Memberikan makna keteguhan dan kekuatan dalam menghadapi tantangan kehidupan, disaat   semakin banyak cobaan menerpa tanpa keteguhan dan kekuatan diri, semua akan berujung pada keterpurukan.

  • Kawung: Melambangkan kesucian dan kemurnian dalam mengarungi hidup sampai mati, ketulusan jiwa dan kemurnian dalam berpikir tanpa dibalut niat kotor pada akhirnya menghasilkan ketenangan dan kematangan diri.

Lebih dari Sekedar Busana

Cheongsam batik bukan hanya busana, tetapi juga representasi budaya dan identitas. 

Memakainya di Imlek 2024 merupakan cara untuk melestarikan tradisi dan menunjukkan rasa bangga terhadap budaya. Asimilasi budaya menghasilkan pola baru dalam berpakaian dengan tidak saling mempertentangkan, melainkan saling menyatu dalam harmoni kehidupan yang penuh warna.

Tips Memilih Cheongsam Batik yang Tepat

Pilih motif yang sesuai dengan selera dan makna yang ingin Anda tampilkan, sesuaikan dengan karakter dan kepribadian diri.

Pertimbangkan bahan kain  untuk kenyamanan dan kesesuaian dengan acara yang akan dihadiri sehinggs tidak salah kostum.

Pilih ukuran yang pas untuk menyesuaikan bentuk tubuh agar terlihat proposional dan menarik.

Padukan dengan aksesoris yang menunjang penampilan, penggunaan anting, kalung yang menambah anggun dalam penampilan.

Cheongsam Batik: Simbol Perayaan yang Memorable

Cheongsam batik bukan hanya busana trendi, tetapi juga simbol perayaan Imlek yang penuh makna. Perpaduan budaya Tionghoa dan Indonesia dalam yanh menghadirkan keanggunan, keunikan, dan rasa bangga. 

Penggunaan batik dalam segala kegiatan akan menambah khasanah budaya bangsa. Termasuk seragam dalam kegiatan sekolah. Tentunya harus juga dengan ongkos jahit pembuatannya yang ramah dikantong alias terjangkau oleh semua masyarakat.

Mari rayakan Tahun Naga Kayu 2024 dengan penuh pesona dan makna dalam balutan Cheongsam Batik!


Komentar

  1. Perpaduan antara budaya Chinese dan Nusantara ya kak. Motif batiknya bagus dan penuh makna. Desain baju pun enggak kalah arti positifnya. Cantik dan tentunya membawa harapan besar untuk satu tahun ke depan.

    BalasHapus
  2. Cakep juga ya model baju cheongsam ini. Apalagi dipadukan dengan kain batik yang merupakan kain khas Indonesia. Aku suka model-model seperti ini.

    BalasHapus
  3. Menarik juga ya filosofi dari motif baju batik Cheongsam di artikel ini. Saya seneng kalo liat cici cici pake baju cheongsam warna merah dengan rambut yang dicepol. Nice info kak.

    BalasHapus
  4. Suka banget sama motif batiknya dan perpaduan warna yang menarik. Ternyata dari warna pun memiliki arti, artikel yang sangat bermanfaat, jadi tau hal baru lagi ini

    BalasHapus
  5. Ternyata batik bisa dikombinasikan designnya dengan pakaian tradisional tionghoa yah. Tapi kalau saya bayanginnya dengan warna dominan merah khas Tionghoa, pasti makin meriah dipakai pas imlek bagi teman2 yang merayakan.

    BalasHapus
  6. dulu waktu drama china lagi banyak diputar model baju cheongsam ini banyak digemari juga yaa dan memang cocok banget juga dipadukan dengan batik

    BalasHapus
  7. Motifnya cantik ya mbak, kombinasi yang cantik. Ada lengan pendeknya nggak sih? Bagus nih untuk ke kantor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Desain baju ditempat saya mengikuti keinginan pelanggan. Untuk lengan pendek bisa dibuatkan.

      Hapus
  8. Inovasinya menarik yaa etnis dari beda negara tapi ternyata perpaduannya cukup eye catching jugaa. Aku penasaran sih ini idenya gimana dan pemasaran juga sama respons masyarakat terhadap inovasi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua baju yang dibuat berdasar pesanan. Ide biasanya dari pelanggan. Kami hanya mendesain dan menjahit, Sehingga langsung diserap pasar.

      Hapus
  9. Selama ini cheongsam itu identiknya warna merah ya, jarang nemu yang batik. Kayaknya menarik kalo motifnya cocok dengan suasana Imlek. Jadi bisa sekalian melestarikan budaya juga ya kak..

    BalasHapus
  10. Elegan nian kak.
    Bisa nih jadi outfit yang diandalkan, apalagi buat kerja maupun urusan formal lainnya. Tinggal pilih motif yang disukai deh

    BalasHapus
  11. Keuntungan lebih kita tinggal di Indonesia itu banyak keberagaman budaya yang bisa di"kolaborasi"in. Salah satu contohnya ya kayak batik cheongsam ini, yang hasil perpaduan Chinese dan Nusantara jika saya lihat.

    BalasHapus
  12. Aku suka banget sama baju cheongsam... dari jaman kecil pake baju cheongsam tih kaya anggun kalo cewek hehe

    BalasHapus
  13. Suka deh dengan baju model cheongsam. Kesannya anggun. Dan sekarang model baju pun banyak yang mengadaptasi kerah cheongsam ini ya. Dipadupadankan dengan berbagai model pun tetap menarik dikenakan.

    BalasHapus
  14. Cheongsamnya bagus banget kak. Aku suka banget sama motif dan warnanya. Cocok dipake saat imlek.

    BalasHapus
  15. saya suka banget dengan model atasan Cheongsam ini, apalagi dengan motif batik. tapi biasanya saya pake model Cheongsam ini buat bikin ngejahit sendiri baju muslim sih terutama tunik

    BalasHapus
  16. baju model cheongsam banyak diaplikasikan ke model-model pakaian gitu, bahkan produk-produk dari brand besar banyak adopsi model cheongsam ini

    BalasHapus

Posting Komentar