Langsung ke konten utama

Seragam Batik Guru dengan Model Modern

Seorang  guru di Surabaya pada waktu lalu, datang ke tempat kami dengan membawa bahan kain batik untuk seragam kerja mengajar. Pihak sekolahnya ingin para pengajar tampil rapi dan profesional di hadapan murid-muridnya. Mereka percaya bahwa penampilan dapat mencerminkan semangat dan dedikasinya dalam proses belajar dan mengajar.

Seragam Batik mengajar guru
Seragam mengajar Guru  tampil modern

Model baju seragam batik  harus dibuat menggambarkan wanita modern yang sedang tren. Dalam panduan desainnya berasal dari pihak yang membawahi sekolah tersebut menginginkan hasil  stylish dan kekinian, namun tetap terlihat formal selain profesional.

Sebagai pihak yang menyanggupi membuatkannya kami harus memenuhi semua hal sesuai dengan panduan pengerjaan yang diberikan . Meskipun ada beberapa model yang menarik, seperti kebaya batik modern dengan potongan slim fit dan blus batik dengan detail  yang cantik. 

Penjahit Alamanda memutuskan untuk membuat satu model contoh dahulu dengan mengikuti semua lembar  petunjuk yang diberikan untuk dijadikan seragam mengajar. Beliau merasa senang dengan penampilan barunya, karena sesuai  yang diharapkan, merasa lebih percaya diri dan bersemangat dalam mengajar. Membuat beberapa temannya pada akhirnya mempercayakan pembuatan seragam kepada kami.

Merekapun memberikan respon positif terhadap seragam kerja batik barunya hasil dari pekerjaan penjahit Alamanda. Karena tampilan yang  terlihat lebih modern dan stylish, sesuai harapan serta aturan  yang dikeluarkan oleh pihak sekolah.

Kisah ini, menunjukkan bahwa batik tidak hanya dapat digunakan untuk acara formal, tetapi juga untuk kegiatan sehari-hari, seperti mengajar. Dengan memilih model baju batik wanita modern, seorang pengajar dapat tampil menawan dan profesional di hadapan murid-muridnya.

Berikut adalah beberapa tips memilih model baju batik wanita modern untuk seragam guru:

  • Gunakan model yang sesuai dengan petunjuk yang dikeluarkan oleh sekolah.

  • Tambahkan bahan kain furing yang nyaman dan tidak mudah kusut.

  • Padukan dengan aksesoris yang sesuai, seperti jilbab atau bros.

Dengan memilih model baju batik wanita modern yang tepat, Anda dapat tampil menawan dan profesional di hadapan murid-murid Anda. Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan seragam batik untuk guru:

  • Meningkatkan rasa cinta tanah air.

  • Melestarikan budaya bangsa.

  • Memperkuat rasa persatuan dan kesatuan.

  • Meningkatkan disiplin dan profesionalisme.

  • Memberikan contoh yang baik kepada murid-murid.

Menggunakan seragam batik, guru dapat memberikan contoh yang baik kepada masyarakat dilingkungan pendidikan tentang pentingnya mencintai dan melestarikan budaya bangsa. Perlu dipahami juga harga jahit 1 stel seragam sekolah bagi murid tidak sama dengan seragam guru.

Menghargai dan melestarikan batik dalam pakaian saat  bekerja, perlu dilakukan terus menerus agar tidak hilang budaya negara kita yang sudah diakui dunia. Selain itu karena rumitnya dalam membuat selembar kain batik yang tidak semua orang mampu melakukannya.

Komentar

  1. batik sebagai bagian pakaian formal bisa dibuat dengan gaya modern yang keren ya. bener banget, setuju kalau di sekolah pun pengajarnya tidak hanya terlihat elegan saja, tetapi juga harus mengikuti tren yang ada

    BalasHapus
  2. Sekarang memang banyak banget sih baju batik dengan beberapa model dan gaya yang bisa dipakai menyesuaikan occasionnya.

    BalasHapus
  3. Suka bgt deh sama style nya. Jadi nggak membosankan buat tampil di sekolah. Tentunya dengan tetap sopan dan enak dilihat ya.

    BalasHapus
  4. Awal dibuatnya saja batik sudah punya filosofi sendiri bahkan ditiap motifnya punya makna berbeda-beda. Jadi tak heran seorang guru juga menjadikan batik bagian dari jalannya mentransfer ilmu lewat penampilan dan kepribadiannya.. mantap hehe..

    BalasHapus
  5. Tiap sekolah emg pny kebijakan sendiri2 sih ya kak buat seragam sekolahnya meski udh ada panduannya dr Diknas. Yg pntg nggak menyalahi aturan aja.

    Senengnya, anak2 bs diajak utk melestarikan sekaligus mempopulerkan batik sejak dini. Kan ini warisan nenek moyang. Jgn sampe ntar diklaim ama negara tetangga yak. Hehe.

    BalasHapus
  6. Bagus sih itu model jahitannya. Aku juga sebagai guru kadang pilih-pilih tukang jahit yanh modelnya bisa modern gak terkesan kaku. Terus kalau ditambah furing emang lebih nyaman juga.

    BalasHapus
  7. Batik emang cocok buat dipakai disegala acara. Mau formal atau casual jg bisa. Tinggal pilih modelnya aja yg sesuai acara.

    BalasHapus
  8. Menurut saya kegiatan sehari-hari seperti mengajar itu kategorinya masih kegiatan formal. Makanya design baju batik yang dipilih sebaiknya sesuai arahan sekolah.

    BalasHapus
  9. cakep lo modelnya, menjahit batik pun tidak mudah, pernah dengar cerita dari salah satu penjahit, saya suka hasil jahitannya karena rapi dan bisa pas menyatukan pola kain batik yang ada

    BalasHapus
  10. Cantik banget style-nya.
    Memang sekarang batik bisa dikenakan dalam berbagai suasana gak hanya dalam acara formal saja. Asyiknya lagi bisa di mix n match supaya lebih keren ya

    BalasHapus
  11. Sebagai guru, Saya juga suka hunting beragam model batik terbaru. Terlihat makin keren dengan motif yang modern dan model kekinian ya.

    BalasHapus
  12. Jaman sekarang model dan motif batik udah cantik-cantik sekali. jadi memang mix and match untuk segala keperluan bisa tetap bagus dan stylish. Untuk seragam guru apalagi, wibawanya jadi muncul bgt ^^

    BalasHapus
  13. Batik ini jadi andalanku kalau ada cara. merasa cocok aja gitu. terlebih di sekolah juga di wajibkan pakai batik berseragam kalau hari kamis.

    BalasHapus
  14. Now, batik bisa dikombinasikan dengan berbagai hal, termasuk seragam batik guru ini. Jadi, tetap merawat tradisi dan budaya, namun tetap tampil modis dan modern.

    BalasHapus
  15. Seragam Batik guru juga bisa trendi dan bergaya cakep banget ini style batiknyaa 😍

    BalasHapus
  16. Batik yang banyak model memang dulu suka banget memburu mba, sekarang lagi suka jahit juga. Sayang agak mahal kalau jahit ya mba.

    BalasHapus
  17. Kapan hari saudaraku yang penjahit juga ngerjain seragam batik buat Guru. Kudu ngikutin gambar emang sih karena kan buat kerja. Beda ya kalau jahitnya buat dipakai acara lain. Tapi sebenarnya baju batik modelnya mirip-mirip juga

    BalasHapus
  18. Banyak juga ternyata model batik guru modern ya jadi ga ketinggalan zaman banget

    BalasHapus
  19. Bener kak, batik bisa digunakan dalam setiap suasana. Formal jadi, buat di bawa hangout pun tetep cakep, karena modelnya yang bervariasi ya

    BalasHapus
  20. Saya udah lama banget nggak pake batik buat ngantor. Maklum sekarang WFH karena freelancer. jadi kangen juga pake batik buat ngantor. Batik juga sekarang bisa dikreasikan jadi pakaian yang menarik ya

    BalasHapus
  21. wah menarik yah. emang harus tuh menggunakan batik untuk menyebarkan luaskan budaya fashion ala indonesia.

    BalasHapus
  22. bagus style nyaa! batik tuh bisa digunakan dalam setiap suasana lhooo, jadi mau formal ataupun dijadikan casual masih tetap oke

    BalasHapus
  23. batik sekarang kan dipakai acara non formal juga. apalagi kalo di sekolah setiap hari kamis, murud pakai baju adat (kalau disini pangsi dan seragam kebaya), nah gurunya pakai atasa batik dipadu celana hitam atau jeans.

    BalasHapus
  24. Seneng dengan batik karena bisa digunakan untuk acara formal dan semi-formal.
    Apalagi ketika batik menjadi seragam. Jadi terlihat kompak dan wibawa seorang guru yang berilmu.

    BalasHapus
  25. Batik itu emang cocok banget dipakai guru guru di sekolah. Kadang kalo dapat kain batik dari sekolah pasti aku jahitin dengan model kesukaanku. Lengannya tanla ma set, kerah sanghai, sakunya samping kanan kiri dan pasti pakai furing

    BalasHapus
  26. Menggunakan batik memang menjadi hal yang membanggakan. Saya sendiri senang menggunakan batik sejak SMA. Suka dengan motifnya, dan jenis kainnya yang berbaeda banget

    BalasHapus
  27. Seragam batik modelnya macem-macem ya sekarang. Stylish dan modern gitu. Suka banget liat modelnya, kak

    BalasHapus
  28. Setiap sekolah di Balikpapan memiliki ciri khas batiknya masing-masing dengan mengangkat tema budaya Balikpapan.

    BalasHapus

Posting Komentar