Langsung ke konten utama

Pertemuan 100 UMKM Jawa Timur Panen Omset

Seratus  UMKM terpilih Jawa Timur berkumpul di Surabaya pada hari Sabtu, 16 Maret 2024 dalam sebuah pertemuan dengan ide "Pertemuan Pengusaha UMKM Jawa Timur Panen Omset 2024". 

Panen omset 2024
Peserta panen omset 2024 di Surabaya

Acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan keuntungan usaha UMKM di Jawa Timur melalui berbagai strategi dan solusi yang dipaparkan oleh para pakar dan praktisi yang mempunyai pengalaman dibidang  mereka. Membahas banyak strategi dan cara meningkatkan omset dan keuntungan saat menjalankan usaha UMKM .

Strategi Meningkatkan Keuntungan UMKM

Salah satu topik utama yang dibahas dalam pertemuan ini adalah strategi meningkatkan keuntungan UMKM. Para pakar dan pengusaha sukses berbagi tips dan trik mereka dalam meningkatkan penjualan, mengelola keuangan, dan mengembangkan bisnis. Beberapa hal yang dibahas adalah:

Pentingnya Melek Teknologi

Salah satu pembicara dalam acara ini, seorang digital marketing sukses membina ratusan ribu UMKM, menekankan pentingnya penggunaan aplikasi digital yang mendukung dalam meningkatkan keuntungan UMKM saat memasarkan lewat marketplace dan mengintegrasikannya dalam satu kontrol.

Penjahit Alamanda sebagai pengusaha dibidang menjahit baju dan pakaian, yang selama ini tidak terintegrasi dalam mengelola usaha, menganggap saran tersebut sangatlah masuk akal dan bisa dipertimbangkan sebagai bagian dari mengembangkan efisiensi usaha.

Melek teknologi bukanlah hal yang mudah karena menuntut untuk selalu "update" setiap waktu, perlu penyesuaian sistim dan SDM yang tujuannya agar tidak kalah dalam persaingan  secara lokal dan global, karena munculnya usaha baru yang sejenis.

Keberanian untuk mengubah pola pikir dalam menghadapi teknologi yang terus berkembang dan efisien sangatlah penting, tetapi tidak semuanya mau untuk melakukan karena berbagai faktor sebagai latar belakang saat melakukannya. 

Dukungan komunitas dan bantuan dalam menghadapi kendala tersebut diatas melalui pertemuan yang digagas ini, menjadi salahsatu alternatif dan cara agar dapat menemukan solusi dan jalan keluar. Semakin sering berdiskusi dalam grup akan menambah wawasan dan siap kapanpun teknologi berkembang.

Perencanaan dan Mengatur Keuangan Profesional 

Kendala umum dalam usaha UMKM  adalah tidak adanya perencanaan keuangan yang baik. Neraca keuangan jarang bahkan tidak pernah dicatat dan didokumentasikan dengan teratur dan tertib.  Keluar masuk keuangan hanya berdasar saldo terakhir yang tercatat dalam buku tabungan.

Hal diatas, mengakibatkan kesulitan UMKM saat mengajukan kredit pada pihak Bank karena tidak adanya laporan keuangan yang jelas dan bisa dijadikan dasar untuk mengevaluasi perkembangan usaha. Pada akhirnya banyak kredit usaha tertolak ditahap awal karena ini.

Hal lain, meskipun dianggap sepele adalah mengabaikan BI checking hanya karena merasa sebelumnya lancar saja saat berhubungan dengan pihak bank. Ketika pengajuan kredit usaha terlihat memenuhi syarat lengkap, laporan keuangan rapi dan baik, tiba tiba tertolak, hanya karena pernah sekali telat membayar cicilan kredit bank. Sangat menyakitkan tetapi harus diterima dengan lapang dada.

Perencanaan dan pengaturan keuangan yang profesional diiringi pelaporan yang terperinci dan detil sangat penting walaupun usaha masih kelas UMKM, sehingga arah usaha bisa lebih terarah dan terencana berdasar kemampuan keuangan usaha. 

Menjalin hubungan yang baik pada pihak yang mendukung permodalan terutama pihak bank tidak boleh diabaikan karena dengan tampilan BI Checking  yang baik memudahkan kita dilain waktu saat membutuhkan kredit usaha

Memaksimalkan Digital Marketing

Digital marketing dalam waktu sekarang menjadi tulang punggung pemasaran UMKM yang efektif dan terbukti pendongkrak omset besar bagi yang bermodal pas-pasan dan terbatas. 

Memanfaatkan semua media digital marketing, baik yang online dan offline sangat penting dalam mengenalkan dan memasarkan produk dan karya UMKM  untuk bisa dikenal secara nasional bahkan dunia. Selain itu penggunaannya relatif lebih murah dibandingkan cara cara lama dan konvensional selama ini.

Media Sosial, marketplace adalah tempat yang tepat untuk menampilkan konten berisi promosi untuk menarik para konsumen  potensial dalam menghasilkan transaksi yang besar. 

Penggunaan video dengan suara yang menarik adalah favorit bagi sebagian besar konsumen yang menyukai visual konten, tetapi tulisan yang menarik untuk dibaca juga disukai hampir separuh pengguna digital saat mencari hal yang diinginkan.

Digital marketing yang maksimal pada akhirnya akan mendominasi dunia marketing seiring berkembangnya teknologi. Pemanfaatan yang maksimal pada media digital saat ini menjadi pertimbangan besar para pengusaha UMKM.

Manfaat Mengikuti Pertemuan

Para peserta yang mengikuti pertemuan ini sangat antusias dengan informasi dan tips yang diberikan oleh para pakar dan pengusaha sukses. Mendapatkan banyak informasi dan tips yang bermanfaat untuk meningkatkan keuntungan usaha. Menerapkannya untuk berbagai usaha yang saat ini ada diharapkan ajan mendatangkan keuntungan yang maksimal.

Pertemuan Pengusaha UMKM Jawa Timur Panen Omset 2024 merupakan acara yang sangat bermanfaat. Para peserta mendapatkan banyak informasi dan tips yang bermanfaat untuk meningkatkan keuntungan usaha mereka.

Selain hal diatas para pengusaha UMKM di Surabaya mempunyai kegiatan sosial seperti seragam gratis bagi siswa yang bermanfaat bagi masyarakat.

Komentar

  1. Seru ya ini acaranya! Jadi pengin ikut acara kayak gini, sayangnya jauh banget dari tempatku. Andaikan dekat pun langsung tancap gas lah!
    Btw, kapan nih batch selanjutnya diadain? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiap tahun ada mas. Diadakan di setiap daerah.

      Hapus
  2. Emang sih saat ini di era digital, melek teknologi dalam menggunakan aplikasi digital sangat berpengaruh dalam meningkatkan omset UMKM. Digital marketing bisa jadi pengaruh besar dalam mengenalkan produk ke pasar yang lebih luas. Keren nih acaranya bisa dapetin banyak wawasan seputar bisnis dan UMKM.

    BalasHapus
  3. wah menarik banget ini acara semoga di tempatku ada program yang seperti ini

    BalasHapus
  4. nah,penting banget nih pengetahuan beginian, khususnya UMKM yang ingin memperluas usahanya. Neraca dan laporan keuangan memang sudah selayaknya dibuat untuk memudahkan peminjaman kredit biar makin maju.

    BalasHapus
  5. Yap, di zaman sekarang para pelaku UMKM seharusnya bisa memanfaatkan teknologi, karena banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh dengan beralih dari cara konvesional ke digital.

    BalasHapus
  6. Kalo pertemuan UMKM gini, biasanya dari berbagai sektor ya kak?

    BalasHapus
  7. Setuju kalau umkm harus melek teknologi. Event nya buat ngences umkm bintan biar bisa ngomset juga

    BalasHapus
  8. Seru banget punya usaha kecil-kecilan kadi bagian umkm tapi melek teknologi jadi usahanya bisa bersaing dan berkembang sama sepwrti usaha yg lain

    BalasHapus
  9. Dukungan dari sebuah komunitas memang perlu banget ya jika kita ingin memaksimalkan usaha. Terkhusus dalam hal ini ingin meningkatkan omset UMKM.

    BalasHapus
  10. Keren ya acaranya. Acara seperti ini harus sering2 ada di setiap daerah nih agar UMKM semakin bertumbuh dan menguasai pasar domestik maupun mancanegaraa.....

    BalasHapus
  11. acaranya pastinya sangat bermanfaat banget ya kak, dan bakal mendorong ekonomi para UMKM yang hadir menjadi naik, dan saya suka banget kalau sudah bahas UMKM, semoga UMKM Indonesia semakin tumbuh dan berkembang

    BalasHapus
  12. Wah, acara yang keren ini. Bisa ketemu orang-orang yang punya tujuan sama, bisa nambah ilmu biar nambah cuan pula. Walopun aku bukan pelaku UMKM, tapi kepengen deh bisa belajar bisnis UMKM di acara kayak begitu. :D

    BalasHapus
  13. UMKM sekarang memang harus banyak pandai gunakan digital marketing, itu akan sangat membantu mereka dalam menghasilkan konversi bisnis maksimal. Semoga saja UMKM dipermudah, terutama dalam hal urusan pajak dan regulasi lainnya dari pemerintah ya.

    BalasHapus
  14. keren banget kalau UMKM bisa terus berkembang dan saling support. Saling bisa belajar dari yang sukses. Sekalian juga berjaringan supaya pasar bisa makin besar dan bisa bersinergi. Mantap banget sih ini

    BalasHapus
  15. Pertemuan pengusaha UMKM ini memang sangat bermanfaat ya, mbak. Kebayang serunya ikut acaranya.

    BalasHapus
  16. Kak serius tanya. ada komunitas umum Jawa Timur gitu ga sih? Aku pengen gabung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak komunitas UMKM yang mandiri ataupun didukung dinas koperasi dan umkm Jatim. Daftar saja gratis. Kunjungi saja websitenya.

      Hapus
  17. Wow ini keren banget. Para pelaku bisnis UMKM berkumpul bersama, saling berbagi ilmu dan pengalaman dan kelak akan maju bersama. Salut sih sama penggagas acara ini bisa ngumpulin banyak pelaku UMKM dalam waktu dan tempat yang sama

    BalasHapus
  18. Wah keren dan seru pasti ini acaranya. Saya kira tadi bakal banyak dokumentasi foto-fotonya juga di tulisan ini, biar semakin tergambar keseruannya. Maju terus, UMKM!

    BalasHapus
  19. wihh seru banget ya belajar bisnis bareng umkm. Jadi pengen ikutan komunitasnya.

    BalasHapus
  20. setuju bgt, jaman skrg para pelaku UMKM harus semangat menggunakan teknologi. maju jaya selalu UMKM Indonesia!

    BalasHapus
  21. Bener kak, UKM dan UMKM skrg memang harus melek teknologi. Kalau tidak, pasti sudah jauh tertinggal dan tidak bisa bersaing dengan lainnya.

    BalasHapus
  22. Baru tau ada acara kayak gini. Bisa membantu umkm, apalagi di zaman sekarang.

    BalasHapus

Posting Komentar