Langsung ke konten utama

Baju Seragam Gratis untuk Pelajar di Beberapa Kota

Belajar di sekolah merupakan momen penting bagi setiap anak. Masa-masa ini penuh dengan kenangan indah, termasuk kenangan memakai seragam sekolah. 

Bagi beberapa anak, mendapatkan seragam sekolah baru merupakan sebuah kemewahan. Harga seragam yang mahal terkadang menjadi beban bagi orang tua, terutama bagi mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Namun, kini ada kabar gembira bagi para pelajar di beberapa kota di Indonesia. Berkat kepedulian pemerintah daerah dan berbagai pihak, program baju seragam gratis mulai digulirkan. Program ini bertujuan untuk membantu meringankan beban orang tua dan memastikan semua anak dapat bersekolah dengan nyaman tanpa terbebani oleh biaya seragam.
Seragam sekolah SMP
Seragam sekolah SMP  dari Bard AI

Beragam Kisah Inspiratif

Banyak kisah inspiratif yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam upaya memajukan pendidikan bangsa dengan mengalokasikan anggaran seragam gratis. Beberapa diantaranya adalah:

Di Kota Surabaya, 

Program seragam gratis telah diluncurkan sejak tahun 2023. Program ini diinisiasi oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, yang ingin memastikan semua anak di Surabaya dapat bersekolah dengan layak. Bantuan seragam diberikan kepada siswa SD dan SMP negeri dan swasta, termasuk siswa dari keluarga kurang mampu.

Banyak penerima manfaat program ini  berasal dari keluarga kurang mampu. Para pekerja yang berprofesi sebagai tukang becak dan orang yang kurang mampu. Sebelum adanya program ini, banyak yang  harus memakai seragam bekas milik kakaknya. Kini, mereka merasa senang dan lebih percaya diri saat bersekolah dengan seragam barunya.

Total ada lebih 11.000 pelajar dari berbagai sekolah dan tingkatan menerima manfaat seragam gratis pada tahun 2023, mereka terdiri dari pelajar kurang mampu yang tersebar di empat wilayah Surabaya.

Kota Blitar,

Program ini dijalankan oleh Pemerintah Kota Blitar bekerja sama dengan para penjahit lokal. Para penjahit dilibatkan dalam pembuatan seragam gratis untuk memastikan kualitas dan ketepatan waktu pengerjaan.

Lebih dari 10.000 pelajar dari TK, SD dan SMP pada tahun 2023 mendapatkan pakaian seragam gratis dengan sasaran para keluarga yang tidak mampu yang anaknya berprestasi dalam pendidikan. Pembagian ini dilakukan diawal masuk sekolah sehingga para siswa bisa segera menerima manfaatnya. Pembagiannya cukup merata pada sekolah negri ataupun swasta.

Kota Wonogiri,

Program ini diinisiasi oleh pemerintah daerah Wonogiri pada tahun 2023. Memberikan bantuan seragam kepada siswa SD/MI dan SMP/MTS di seluruh wilayah Wonogiri. 

Lebih dari 10.400 pelajar yang sebagian besar siswa SD/MI menerimanya sebagai hadiah awal masuk sekolah yang memberi semangat dan manfaat saat bersekolah.

Peran Penjahit Baju Seragam 

Para penjahit baju seragam memiliki peran penting dalam program ini. Mereka bertanggung jawab untuk membuat seragam dengan kualitas yang baik dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Para penjahit yang mendapat pesanan pekerjaan juga harus memastikan bahwa seragam tersebut dapat dibagikan tepat waktu kepada para siswa. Semua seragam termasuk menjahit seragam pramuka harus selesai saat tahun ajaran sekolah dimulai.

Di balik program ini, bisa dijadikan kisah inspiratif dimana mereka, para penjahit yang dengan penuh semangat dan dedikasi membantu mewujudkan mimpi para pelajar untuk mendapatkan seragam gratis. Dalam kegiatan ini banyak penjahit di Surabaya yang telah puluhan tahun berkecimpung dalam dunia jahit-menjahit, merasa senang dan bangga dapat membantu pemerintah dalam program ini, serta berharap program ini dapat terus berlanjut dan membantu lebih banyak anak di masa depan.

Manfaat Program Baju Seragam Gratis

Program baju seragam gratis memiliki banyak manfaat bagi para pelajar, orang tua, dan juga para penjahit. 

  • Bagi para pelajar, program ini membantu mereka untuk bersekolah dengan nyaman dan percaya diri tanpa terbebani oleh biaya seragam.

  • Bagi orang tua, program ini membantu meringankan beban ekonomi keluarga. 

  • Untuk para penjahit, program ini membantu meningkatkan pendapatan dan membuka peluang usaha baru.

Dukungan Kelanjutan Program

Program baju seragam gratis merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi semua pihak. Oleh karena itu, program ini perlu terus didukung dan dikembangkan agar semakin banyak anak yang dapat merasakan manfaatnya.

Masyarakat, komunitas, dan berbagai pihak lainnya dapat memberikan dukungan dengan cara:

  • Mendonasikan dana untuk pembelian seragam

  • Menjadi relawan dalam proses pendistribusian seragam

  • Mempromosikan program ini kepada masyarakat luas

Dengan dukungan dari semua pihak, program baju seragam gratis dapat terus berjalan dan membantu mewujudkan pendidikan yang lebih berkualitas dan merata bagi semua masyarakat. Ke depannya diharapkan juga untuk tenaga pengajar di sekolah PAUD dan TK model pemberian juga untuk baju seragam guru dan pengajar  bisa diberikan gratis,  tujuannya meringankan dan membantu mereka yang bergaji kecil.



Komentar

  1. Harga seragam memang lumayan. Makanya kalau ada seragam gratis untuk pelajar tentu akan sangat meringankan. Semoga semakin banyak pelajar yang terbantu.

    BalasHapus
  2. Ada ya program seragam gratis. Sepertinya hanya kebijakan pemda Jawa Timur saja ya? Atau sudah ada di seluruh Indonesia?

    Jangankan di daerah, di Jakarta saja ternyata ada saja murid yang kesulitan memiliki seragam sekolah baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kok, cuma kurang merata dan masif. Sangat membantu murid yang kurang mampu.

      Hapus
  3. Pengeluaran orang tua untuk seragam emang lumayan juga yah, jadi dengan adanya bantuan seperti ini, tentu orang tua yang kondisinya tidak mampu akan sangat terbantu dan tentu orang tua bisa mengalihkan dananya untuk yang lain. Semoga bisa seluruh Indonesia ya programnya

    BalasHapus
  4. Rupanya ada program seragam gratis, ya. Kok aku belum pernah dengar sebelumnya. Dasar kudet akutuuh.

    BalasHapus
  5. Program yang sangat bagus ini, dengan adanya seragam gratis bagi pelajar bisa membantu meringankan kebutuhan pendidikan bagi orang tua pelajar. Serta membuka rezeki bagi usaha lainnya yaitu para penjahit.

    BalasHapus
  6. Semoga kelak persoalan seragam sekolah sudah tidak menjadi hambatan untuk anak Indonesia dapat menerima pembelajaran yang merata ya Kak. Terima kasih selalu berkontribusi untuk negeri

    BalasHapus
  7. Sayangnya kalau di tempat saya di Lamongan, program ini kurang bisa berjalan kalau untuk tingkat anak usia dasar. Anak-anak di sini lebih banyak yang sekolah di sekolah swasta. Tapi kalau untuk anak usia SMP SMA, nah, mungkin baru bisa mengena. Bakal ngebantu banget bagi keluarga yang kurang mampu ya.

    BalasHapus
  8. Lumayan bisa menekan pengeluaran dengan program seragam gratis ini. Orang tua tidak perlu pusing2 lagi memikirkan uang seragam

    BalasHapus
  9. Apapun bisa kita lakukan dalam rangka mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia. Termasuk program keren dengan memberikan baju seragam gratis bagi anak-anak sekolah ini.
    Program ini layak dicontoh oleh kota-kota lainnya agar kemanfaatannya juga bisa dirasakan oleh banyak siswa-siswa lainnya di negeri kita

    BalasHapus
  10. Iya banget, aku sendiri ngelihat banyak anak di sekolah anak-anakku yang seragamnya lecek, kucel, dan lama. Beli seragam baru, di masa kayak sekarang, sulit. Bisa makan aja udah syukur. Wow deh program baju seragam gratis ini. Pastinya sangat membantu para orang tua dan juga siswanya. Semoga bisa di banyak tempat ya.

    BalasHapus
  11. Iya banget, aku sendiri ngelihat banyak anak di sekolah anak-anakku yang seragamnya lecek, kucel, dan lama. Beli seragam baru, di masa kayak sekarang, sulit. Bisa makan aja udah syukur. Wow deh program baju seragam gratis ini. Pastinya sangat membantu para orang tua dan juga siswanya. Semoga bisa di banyak tempat ya.

    BalasHapus
  12. waah program baju seragam gratis ini tentu sangat membantu pelajar ya kak

    BalasHapus
  13. Wih keren programnya. karena seragam pelajar tuh harganya gak murah, beban orang tua pun gak sedikit untuk pendidikan anak mereka. dengan program ini jelas membantu sekali bagi yang membutuhkan...

    BalasHapus
  14. Program yang keren nih, semoga kegiatan serupa bisa terus digalakkan oleh pemda-pemda di daerah lain agar tidak ada lagi siswa yang tidak bisa sekolah

    BalasHapus
  15. Baru tahu ada program gini, jadi pelajar2 dapat kemudahan yaa. Ortunya juga pastinyaa.
    Jadi diingatkan kalau tahun ajaran depan aku juga kudu jahitin seragam, tapi seragam anak2ku modelnya suka2 gitu bentuknya asalkan komposisi batik dari sekolahnya 80 persen hehe. Jd gak bisa beli seragam kebanyakan di toko2 mesti jahit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang mahal kainnya, karena wajib beli di sekolah.

      Hapus
  16. Salah satu yang harus dipikirin adalah seragam kalo musim masuk sekolah tuh.. lumayan juga budgetnya satu anak 6 stel baju seragam dikali 160
    dahlah... engap hahaha kalo beneran ada program baju seragam gratis mantap sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minimal budget sampai 3 jtan kak umumnya utk beli kain dan jahit.

      Hapus
  17. Program ini sangat bermanfaat sekali. Semoga program ini bisa merata dan tepat sasaran ke yang membutuhkan.

    BalasHapus
  18. Harga seragam emang mayan banget ya, dulu di SMA saya ada program donasi seragam ke adek tingkat. Khusus seragam yang dipakai maksimal 1 tahun ke belakang.

    BalasHapus
  19. Wah, bagus ya ada program seragam gratis. Mudah-mudahan daerah lain di Indonesia bisa menerapkan program seragam gratis juga di daerahnya. Dengan begitu bisa membantu banyak anak untuk melanjutkan sekolahnya

    BalasHapus

Posting Komentar