Langsung ke konten utama

Menjahit Dan Membuat Seragam Pramuka

Kegiatan ekstrakurikuler yang paling banyak diikuti dan umum bagi siswa SD , SMP hingga SMA adalah Pramuka . Dalam berkegiatan Pramuka biasanya menggunakan seragam Pramuka yang umumnya berwarna coklat dengan corak warna yang sangat mudah dikenali dari orang yang memakainya.

Seragam Pramuka biasanya didapat ketika awal memasuki jenjang sekolah , bersama dengsn seragam sekolah lainnya yang diterima oleh para siswa baru . Umumnya berupa pakaian yang sudah jadi atau bahan kain yang pada akhirnya diserahkan pada penjahit baju seragam untuk di jahit sesuai dengan ukuran yang sesuai dengan tubuh para siswa. Untuk seragam sekolah lainnya lainnya di ulas di tulisan lainnya.

Yang perlu diketahui penjahit baju apabila hendak menjahit seragam Pramuka adalah :

  • Kain untuk baju bagian atas adalah kain katun berwarna coklat muda dengan ukuran kain lebar 1.20 meter dan panjang 1.75 meter.

  • Kain untuk bagian bawah berwarna coklat tua atau coklat maron berbahan kain katun dengan ukuran kain lebar 1 .20 meter panjang 1.60 meter.

  • Lambang tunas kelapa berbentuk bulat yang dijahit pada kerah baju sisi kiri untuk putri dan dijahitkan pada saku kiri untuk putra.
terletak pada krah baju kiri
Lambang tunas kelapa
  • Lambang melati yang berbentuk bulat untuk wanita yang dipasangkan pada kerah baju sisi kanan dan saku sisi kanan pada putra.
Terletak pada krah kanan
Lambang Melati

  • Lambang Daerah wilayah Pramuka termasuk gugus depan dijahitkan pada sisi lengan yang sama baik putri maupun putri.
lengan kanan Pramuka
Lambang Propinsi Wilayah Pramuka
  • Lambang Bendera dijahitkan pada dada diatas saku kiri para anggota Pramuka baik putra ataupun putri.


Lambang benda didada aku baju kiri.
Lambang bendera merah putih

  • Lengan baju untuk siswi memakai lengan baju panjang dengan manset pada pergelangan telapak tangan . Untuk siswa menggunakan lengan baju pendek sepanjang lengan tangan.
Dalam menjahit seragam tersebut , penjahit berharap agar menggunakan bahan kain yang berkualitas baik sehingga baju akan awet dipakai hingga minimal 3 tahun atau hingga lulus untuk siswa / siswi SMP dan SMA.

Penjahit juga harus memiliki ketrampilan dalam menjahit seragam sehingga hasil karyanya diapresiasi oleh pelanggan.

Untuk mengetahui ongkos menjahit seragam bisa membaca Tulisan lain di Blog kami.


Komentar