Langsung ke konten utama

Digital Printing Pada Pembuatan Baju

 

Batik hasil digital kain printing
Kain digital printing

Teknik digital printing adalah teknik cetak yang menggunakan media dan alat  digital untuk mendesain , mengedit dan juga dalam mencetaknya secara umum sudah dikenal sejak dahulu . Desain dengan cara yang  menggunakan teknik digital , ciri cirinya adalah :

  • Presisi dalam ukuran
  • Gambar yang sesuai desain
  • Warna yang bervariasi banyak
  • Waktu cetak yang relatif singkat
 Sejak ditemukan mesin printing digital , penggunaan teknik  printing makin mudah dan banyak di gunakan dalam berbagai industri dalam skala yang besar dan mempunyai nilai ekonomi yang besar .

Berbagai merk mesin printer berjenis dot matrik hingga laser printer muncul menawarkan output dari komputer yang makin bervariasi bukan hanya hasil tulisan tetapi juga hasil gambar dan desain.

Media hasil printingpun saat ini sangat banyak dan bervariasi. Tidak hanya berupa kertas ataupun plastik , saat ini media kain juga menggunakannya.

Ukuran kain hasil printingpun bisa disesuaikan kebutuhan dan keinginan kita tanpa harus mengacu pada ukuran ukuran baku kain yang di kenal selama ini .

Gambar diatas adalah hasil dari digital printing dengan desain yang detil pada permukaan kain lengkap dengan pola jahit , sehingga memudahkan penjahit dalam mengerjakan pembuatan pakaian.

Hasil yang paling sering di temui dari teknik cetak kain printing adalah :

  • Batik printing , dengan model dan pola batik bisa dihasilkan , presisi dan ketepatan dalam bentuk lukisan batik tidak perlu diragukan . Banyak desain batik baru dihasilkan dalam waktu yang relatif cepat.

  • Seragam dan kaos , paling populer adalah kaos olahraga tim bisa dihasilkan dengan teknik cetak digital , model dan bentuk desain unik , kreatif bisa di dapatkan . Bahan yang digunakan sebagai dasar kaos bisa dari berbagai kain katun dan jersey .
Apakah anda ingin mencoba ?

Untuk mencoba sebaiknya memperhatikan hal dibawah ini:

  • Biaya yang dikeluarkan dalam menggunakan desain digital printing, karena untuk pembuatan desain dalam jumlah sedikit lebih mahal.

  • Kombinasi warna dan desain yang akan digunakan, saat dicetak pada mesin printer tidak bisa membatalkan proses pembuatan.
Para pengusaha jahit dan konveksi saat ini sudah sangat mampu dalam mengerjakan baju dengan desain yang menggunakan teknik digital printing. 


Komentar

Posting Komentar