Langsung ke konten utama

Mengenal Arti Dresscode dan Outfit Dalam Berpakaian

Berpakaian saat ini adalah bagian dalam gaya hidup, pemilihan model baju yang baik selalu menggunakan patokan dresscode yang disesuaikan kondisi dan suasana lingkungan di mana seseorang berada ataupun tinggal.

Cara berpakaian akan selalu mempengaruhi penampilan dan pandangan orang terhadap penggunanya. Detil pakaian atau outfit mempertegas karakter orang yang menggunakannya dalam suatu komunikasi.

Dari paparan tersebut banyak yang rancu dalam paparan untuk mengartikan dan mengimplementasikan tentang penggunaan kata Dresscode dan outfit berpakaian.

Berikut ini akan di jelaskan hal hal mendasar tentang 2 kata tersebut,

Makna Dresscode

Dresscode mempunyai arti dasar ATURAN BERPAKAIAN yang biasanya di cantumkan dalam 2  cara yang umum di ketahui, yaitu:

Formal

Dresscode adalah aturan berpakaian yang harus dipatuhi dalam suatu tempat
Dresscode pakaian seragam kerja

biasanya menjadi aturan wajib untuk di kenakan oleh siapa saja yang tergabung atau bagian dari organisasi pemerintah atau kenegaraan. 

Ada resiko yang di terima bila dresscode berpakaian di abaikan bahkan tidak di hiraukan. Semakin ketat aturannya menandakan semakin formal organisasi atau instansi tersebut dalam hirarki.

Tujuan utama penggunaan dresscode dalam kegiatan dan organisasi tersebut adalah:

  • Penanda keberadaan mereka dalam lingkungan masyarakat umum dan lingkungan tertentu.

  • Pembeda kedudukan sosial mereka dalam bertemu atau berkomunikasi di suatu tempat.

  • Pelindung dari cuaca dan kondisi alam bila bertahan di alam liar yang bahaya.

Beberapa organisasi atau instansi yang sejak lama menggunakan aturan berpakaian atau Dresscode adalah:

  • Instansi sekolah, dimana peserta didik, Guru, dan penyelenggara sekolah menggunakan aturan berpakaian. Dimana harga jahit 1 stel seragam sekolah untuk murid berbeda dengan seorang guru.

  • Instansi atau departemen yang ada di pemerintahan selalu menggunakan baju dengan ciri khusus yang mencerminkan tugas dan tanggung jawabnya.

  • Instansi militer dan kepolisian jelas menggunakan dresscode yang bisa di lihat dari seragam mereka.

Non Formal

Dalam beberapa kegiatan umum dan masyarakat tertentu, dresscode atau aturan berpakaian di anjurkan pada orang yang turut serta atau berpartisipasi untuk mematuhinya, karena akam membuat suasana lebih khidmat, menarik bahkan menambah kemeriahan suasana acara.

Beberapa kegiatan yang dresscode menjadi kesepakatan walaupun tidak ada aturannya secara formal yaitu:

  • Pernikahan, dresscode untuk pengantin sudah menjadi aturan tak tertulis adalah menggunakan pakaian daerah dan model eropah untuk pengantinnya. Sedang untuk undangan saat ini yang umum adalah berbaju batik dengan aneka motif.

  • Kegiatan adat, penggunaan baju yang mencerminkan bagian dari adat daerah tertentu ketika hadir dan berpartisipasi adalah menjadi aturan tak tertulis atau non formal yang harus di ikuti.

  • Kegiatan keagamaan, dipastikan bahwa peserta dan pelaku kegiatan agama tertentu wajib berpakaian dengan aturan tertentu yang sudah dibuat walaupun tidak tertulis secara gamblang. 

Itulah makna dresscode yang perlu di ketahui secara umum dalam berpakaian untuk kegiatan sehari hari. 

Makna Outfit

Adalah tampilan seseorang secara menyeluruh dalam berpakaian
Outfit Baju Pesta

Outfit lebih bermakna personal dan mendetail pada baju atau pakaian yang di kenakan oleh seseorang dalam suatu kegiatan baik resmi ataupun sehari hari.

Penilaian outfit lebih menitik beratkan pada kualitas,  harga, model, warna baju atau pakaian bila dikenakan.

Secara umum yang di nilai di mulai baju, sepatu, aksesoris, perhiasan, serta semua yang dari bawah kaki hingga ujung rambut di kenakan oleh seseorang.

Yang paling di perhatikan dalam outfit seseorang adalah:

  • Sepatu dan kaos kaki harusnya sesuai dengan kondisi lingkungan dan cuaca saat di gunakan. Jangan salah dalam memilih model karena bisa menjadikan kaki tidak nyaman saat berjalan.

  • Celana dan bawahan dipilih senyaman mungkin agar tidak menghambat pergerakan kaki dan bagian bawah dalam berkegiatan sehari hari ataupun kegiatan khusus. Jangan lupa untuk memperhatikan norma atau etika saat memilih celana atau  bawahan. 

  • Baju atau kemeja harus senyaman dan serapi mungkin di pakai, tujuannya agar menambah kesan dan tampilan kita saat bertemu seseorang. Berbaju  dengan tidak meninggalkan estetika adalah pilihan utama.

  • Aksesories, meliputi gelang, kalung, topi, bross, arloji, sabuk serta semua yang menempel pada tubuh dan baju. Tujuan penggunaan aksesories dalam outfit adalah meningkatkan kesan yang lebih bila bertemu orang lain. Hindari penggunaan aksesories berlebih yang mengesankan pamer atau sombong dalam outfit.
  • Warna dalam outfit berpengaruh pada keserasian dan keharmonisan dalam berpakaian. Pilihan warna seharusnya di sesuaikan usia dan acara yang akan di hadiri. Untuk usia tertentu hindari warna warna yang terlalu kontras sehingga merusak tampilan.
  • Desain baju atau pakaian dipengaruhi kondisi dan acara tertentu dalam outfit seseorang. Ada perbedaan mendasar dalam penggunaan desain outfit bila hadir dalam acara formal dengan non formal. Cermat dalam memilih baju adalah kuncinya.
Merk dan harga dalam outfit bukanlah pilihan utama bagi semua orang, cukup gunakan dan kenakan semua sesuai kemampuan kita saja. Outfit bisa didapat dengan membeli ataupun membuat sendiri dengan cara membeli bahan pakaian dan kain  di tempat yang menjadi langganan.

Demikian uraian yang kami tulis tentang pengertian dresscode dan outfit. Terima kasih telah membaca dan silakan berkomentar di bawah ini.





Komentar

  1. Sekarang tiap kali ada acara emang seringnya ada dresscodenya ya. Selain biar khidmat dan meriah, jadi bisa lebih dikenal juga. Oh, kalau yang berpakaian sesuai dresscode berarti ikut acara tersebut. Bisa sebagai penanda juga kalau acaranya di tempat umum, hehe

    BalasHapus
  2. Betul sekali, komentar anda adalah salah satu bagian dari tujuan dresscode .

    BalasHapus
  3. Kalau ngobrol soal dresscode, aku inget waktu itu mamaku mau jalan2 sama ibu2 komplek. Beliau keukeuh bilang "dek, mama DC nya ini, adek punya gak?" Aku bingung, DC itu apa? Aku oikir 'disconnect' taunya "dresscode" 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dc adalah kode untuk sebutan dresscode dalam dunia fashion dan menjahit. Terima kasih atas komentarnya.

      Hapus
  4. Wah, ternyata sedetail itu ya arti dresscode dan outfit jika ditulis dari kacamata seorang penjahit, hehe. Banyak yang perlu diperhatikan.
    Btw sekarang ini memang ada acara apapun sudah sering sekali ada dresscode-nya. Ya begitulah trend sekarang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar bu dresscode, menjadi dasar berpakaian suatu komunitas.

      Hapus
  5. saat ini hampir tiap acara mengharuskan para pesertanya menggunakan dress code tertentu.. menurut saya, sah2 aja selama aturannya tidak merepotkan karena dengan adaya dress code saat berfoto bersama semua tampak lebih harmonis :)

    thanks infonya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kompak dan harmonis adalah tujuan penggunaan dresscode suatu acara.

      Hapus
  6. Dresscode melambangkan kekompakan. Jadi wajar aja kalo ada gathering, reuni dan event lainnya pakai baju dresscode sih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Upacara adat juga menggunakan dresscode, sebagai bagian dari kegiatan.

      Hapus
  7. ternyata dresscode merupakan simbol yang tidak sederhana maknanya dalam suatu kegiatan. Terima kasih admin, postingannya sangat mencerahkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dresscode malah menjadi hal wajib di militer dan kedinasan. Terima kasih dengan komentarnya.

      Hapus
  8. Artikel yang sangat informatif! Saya sekarang lebih paham tentang pentingnya dress code dan bagaimana memilih outfit yang tepat dalam berpakaian. Terima kasih atas penjelasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selalu menggunakan outfit dan dresscode sesuai acara dan kegiatan. Terima kasih komentarnya.

      Hapus
  9. Dulu yang saya pahami tentang dresscode hanyalah sebatas seragaman. Ketemu artikel yang membahas dresscode ini jadi makin paham.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seragam adalah dresscode formal yang aturannya baku.

      Hapus
  10. Jadi lebih paham tentang pentingnya dress code dan bagaimana memilih outfit yang tepat dalam berpakaian setelah baca postingan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila dalam pergaulan sosial outfit lebih penting daripada dresscode.

      Hapus
  11. ngomongin DC jadi inget pas ospe kampus dulu, pake dc warna putih hitam ya! berpikir keras dc, gk nemu nemu, mau nanya mau, pas ospek pake baju biru, malah kena hukum wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya, dc adalah hal yang penting dalam dunia pendidikan. Bagian dari etika.

      Hapus
  12. Dari artikel ini lebih tau mengartikan dresscode dan outfit itu seperti apa makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas. Outfit dibutuhkan dalam menunjang penampilan seseorang.

      Hapus
  13. Aku suka kalau datang ke suatu acara ada dresscodenya, jadi pas difoto kompakan gitu hahha. Jadi senada semua..biasanya dress code lebih ke warna sih kalau sekarang ya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tujuannya dresscode sebagai ciri dan penanda suatu acara dan kegiatan. Terima kasih komentarnya.

      Hapus
  14. Aku tuh sering bingung kalau dresscode-nya Smart Casual. Karena untuk beberapa orang tampilan smart itu identik dengan formal.... trus bingung lagi kalau suruh colourful tapi gak boleh motif. Dah repot aku klo ada dresscode2an...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dresscode yang baik untuk kegiatan harian tidak harus mendetail, tapi lebih kepada konsep tema dasar saja.

      Hapus
  15. Sering dengar OOTD - Outfit of the Day, baru ini tahu penjabaran harfiahnya.
    Kalau "Dress Code" diartikan "Aturan Berpakaian", kalau "Outfit" sendiri padanan kata dalam bahasa Indonesia apa ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut kamus fashion " kata Outfit lebih dominan diartikan sebagai perpaduan antara pakaian kita dari atas sampai bawah, termasuk jam tangan dan dompet sekalipun."

      Hapus
  16. Saya jarang banget menyesuaikan dress code. pernah ke acara nikahan pake kaos olahraga, sepatu olahraga hahaha... Saya orangnya cuek banget

    BalasHapus
  17. Paling suka liat komunitas kalo kumpul dengan dresscode mereka. Membuat lebih rapi dan tampil lebih kompak

    BalasHapus
  18. dresscode emang menjadi sebuah simbol identitas perkumpulan sosial atau inisiasi sebuah kelompok tertentu yang menunjukkan eksistensi dan kebersamaan melalui jenis busana... sering bgt dresscode ini menjadi sebuah acuan busana acara2 tertentu

    BalasHapus
  19. Saya suka dengan corak bunga-bunga, garis-garis dna kotak-kotak. tapi yang kecil ya, Maksudnya bunga-bunga kecil, garis-garis kecil, kotak-kotak kecil. Dan kebanyakan bajuku kalau nggak polos ya bunga-bunga kecil.

    BalasHapus

Posting Komentar