Langsung ke konten utama

Mengenal Baju Nasional Philipina Dan Thailand

Pakaian nasional sebuah negara menunjukkan asal dan lambang identitas asal seseorang yang mengenakannya saat berbaur dalam lingkungan global dunia.

Bagian dari mengenalkan kehidupan budaya identitas kebangsaan yang menonjolkan makna simbolis dari nilai tradisi serta untuk mengekspresikan kebanggaan pada negara tempat asal.

Pakaian nasional selalu dikenakan pada acara khusus yang bersifat formal seperti perayaan, upacara, ataupun dalam gelaran budaya antar bangsa.

Selain hal di atas tujuan komersial yang tujuannya menjual budaya, tempat wisata suatu negara sangat lumrah menggunakan pakaian nasional agar mudah diingat dan mempunyai kesan yang baik.

Berikut ini ada beberapa pakaian dari Philipina dan Thailand yang menarik untuk dilihat dan dibahas dalam tulisan ini. Yuk...kita bahas

Baju Nasional Philipina

Pakaian nasional Philipina
Pakaian nasional Philipina

Philipina terletak disebelah utara Indonesia mempunyai budaya dan pakaian yang unik hasil dari percampuran budaya eropah dan asia tenggara yang menarik dan berciri khas lain.

Pakaian nasional negara ini terbagi 2 jenis berdasar jenis kelamin orang yang menggunakan dan mengenakannya, walaupun mempunyai bahan kain yang sama. 

Baju Baro't Saya

Barot saya mempunyai arti baju ( baro't) dan saya ( rok ), yang menerangkan satu stel pakaian yang harus dikenakan seorang wanita sebagai syarat disebut pakaian nasional negara tersebut.

Baro adalah atasan yang tanpa krah terbuka lebar bisa berbentuk leher V atau leher U dengan lengan panjang atau pendek berbentuk balon.

Bagian depan dihiasi dengan manik manik yang menarik atau bisa juga dibordir menggunakan sulaman benang emas, benang perak yang terlihat anggun dam mewah bagi wanita yang memakainya. Motif yang umum dibuat adalah bunga, daun dengan berbagai variasi dan bentuk.

Kain yang dipilih umumnya berbahan sutra, satin dengan pilihan warna putih, kuning emas, warna yang melambangkan glamor dan kemewahan.

Rok Bawahan Saya 

Saya atau rok bawahan wanita Philipina biasanya di buat panjang hingga matakaki, bagian bawahnya didesain dengan desain melebar putaran 360 derajat ( circle clock) 2 layer sehingga terlihat mengembang dan anggun.

Bagian luar terbuat dari bahan sutra halus yang berwarna putih, biru atau kuning dengan lapisan bagian dalam dilapis furing kain katun berwarna putih. 

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat rok seperti ini  sekitar 3 meter untuk wanita normal yang berukuran L, dibutuhkan ketelitian dan ketelatenan dalam membuatnya.

Baju Barong Tagalok

Barong Tagalok adalah baju nasional laki laki  Philipina yang dikenakan sebagai pakaian resmi dalam kegiatan formal, dan kenegaraan. Disulam menggunakan benang sutra pada bagian depan menggunakan warna warna yang berkilau dan bagus.

Untuk baju tradisional  biasanya terbuat dari serat nanas yang disebut Pina di rajut dengan sangat halus dan lembut. Bahan ini mempunyai harga yang sangat mahal daripada kain sutra atau katun, sehingga hanya untuk acara khusus.

Model barong tagalog tidak berbeda dengan kemeja lengan panjang atau pendek umumnya dengan sedikit variasi pada krah bisa berbentuk krah tegak. 

Hiasan pada bagian depan biasanya menggunakan binatang mitologi seperti naga, burung phoenix atau terkadang gambar binatang buas yang melambangkan keanggunan dan kegagahan seorang laki laki.

Baju Nasional Thailand

Baju nasional Thailand
Baju Nasional Thailand

Baju nasional Thailand disebut Chut thay  yang umum dikenakan selain pakaian lain berasal dari daerah dikenal dengan Sai Yai dari Isan, Pha Ngon dari Lanna dan Pha Khao dari Phuket.

Seperti baju nasional lainnya, Baju Thailand terbagi dalam 2 jenis berdasar jenis kelamin. Untuk kemeja disebut Chokha sedangkan untuk pakaian bawahan disebut Phasin. Penjelasannya,

Baju Chokha 

Baju choka adalah atasan yang dikenakan oleh orang Thailand baik laki laki ataupun wanita. Memiliki desain yang hampir mirip dengan jas jawa yang umum kita kenal.

Penggunaan selendang yang diletakkan pada bahu untuk wanita atau sarung yang terlipat rapi menjulur dari bahu adalah aksesoris yang umum dikenakan pada pakaian ini.

Berbahan sutra yang halus dan lembut dengan warna mewah yang menonjolkan keanggunan pada wanita serta kegagahan lelaki yang mengenakannya adalah ciri khas yang umum dikenali.

Untuk laki laki biasanya didesain menggunakan krah berdiri dengan hiasan bordir, panjang baju hanya sepinggang, dengan bagian depan bisa menggunakan kancing yang terbuat dari bahan logam, umumnya perak.

Wanita menggunakan chokha sepanjang lutut dengan belahan bagian samping agar tidak mengganggu pergerakan. Bagian depsn didesain menggunakan leher bentuk V tanpa kancing baju didepannya.

Penggunaan hiasan manik manik untuk wanita dan bordir yang bermotif hewan, bunga dengan semua modifikasinya adalah hal yang umum digunakan pada baju nasional ini.

Phasin

Phasin adalah sebutan pakaian bagian bawah yang dipakai oleh orang Thailand.

Phasin dibuat dari bahan sutra atau katun dengan desain garis garis horisontal berbeda warna atau bisa juga berwarna monoton.

Phasin laki laki tidak berbeda dengan sarung yang umum dikenakan masyarakat Asia tenggara. Memiliki lebar 2 meter dililitkan pada pinggang dengan lipatan sedemikian rupa sehingga tampak rapi dan menarik.

Untuk wanita lebar phasin hanya mempunyai lebar 1.5 meter berbahan sutra yang dihiasi rajutan emas pada jarak tertentu. Dikenakan dari pinggang hingga matakaki dengan lilitan selendang dipinggang atau sabuk emas menambah daya tarik pemakainya.

Penutup

Setiap negara mempunyai baju nasional dengan ciri khasnya menunjukkan budaya dan adat yang harus kita ketahui.

Negara Philipina dan Thailand mempunyai pakaian yang unik, seperti motif batik kain Jawa yang juga menjadi salahsatu andalan baju nasional Indonesia.





Komentar

  1. Wah, ternyata baju nasional Philipina beragam sekali ya. Unik dan menarik atasan dan bawahannya baik untuk pria maupun wanitanya. Bahannya sutra dengan sulaman benang emas dll mewah banget, keren. Kalau baju Cokha orang Thailand mirip seperti baju orang Jawa ya model jas gitu. Sama2 bagus semua. TFS jadi tahu deh baju nasional kedua negara tersebut :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banyak keunikan disetiap baju nssional setiap negara.

      Hapus
  2. Baju nasional nya model gaun ya kak, bagus dan cantik dipakai nya jadi kepo juga dengan budayanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Budaya setiap negara selalu unik dan mirip bila disatu kawasan wilayah dunia.

      Hapus
  3. Mungkin lebih familiar ma baju tradisional thailand karena sering liat di film cuma baru tahu nama nama bajunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa baju nasional thailand. Model diatas sedikit mirip dengan baju kawasan asia tenggara.

      Hapus
  4. BTW yg baju nasional Filipina, yg buat perempuan, malah menurutku seperti enggak baju nasional. Kayak baju pesta umum aja gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, memang untuk pesta mbak. Dipengaruhi budaya spanyol, jadinya mirip gaun pesta.

      Hapus
  5. Baju nasionalnya unik dan beragam ya. Yang model gaun itu cakep. Berasa putri-putri kerajaan jadinya kalau pakai itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mirip baju di cerita dongeng masa lalu dengsn gaun dan baju yang menawan.

      Hapus
  6. baju nasional filipina mirip gaun ya, jadi elegan dan anggun gitu kesannya. Trus kalau yang thailand, mirip baju adat di beberapa daerah di Indonesia. ada kain sarungnya gitu.

    BalasHapus
  7. Baju nasional Thailand dan Filipine ini banyak macamnya juga rupanya. Kalau aku pernah baca sih emang baju choka khas Thailand itu sepintas mirip baju adat Jawa sih.

    BalasHapus
  8. Banyak keunikan dari baju nasional setiap negara. Masing-masing punya sejarah dan ceritanya, seru banget bisa mengetahuinya. Jadi makin bangga dengan budaya negara kita juga dimana setiap suku dan provinsi malah memiliki pakaian adat masing-masing juga

    BalasHapus
  9. Untuk baju nasional Philipina yang cowok mirip dengan baju-baju pada umumnya di Indonesia, kalau yang cewek lebih mirip ke gaun, ya

    BalasHapus
  10. Wah, baru tahu dengan baju nasional keduanya. Sama-sama cakep, hanya terlihat lebih modern sedangkan kita looks nya terlihat lebih khas.

    BalasHapus
  11. Brot mirip baju koko karena warnanya yang putih. Itu perutnya yang gendut atau memang modelnya aga lebar di bagian perut ya?

    BalasHapus
  12. Filipina keknya dipengaruhi banget oleh budaya Eropa ya, makanya kadang kalau liat bule Filipina lbh kyk org2 kulit putih. Kalau org Thailand lebih kyk Indonesia atau perpaduan dengan Cina jd wajahnya lbh oriental.
    Bau nasionalnya cakep2 jadi tambah pengetahuan ttg budaya mereka khususnya baju nasionalnya TFS

    BalasHapus

Posting Komentar