Langsung ke konten utama

Outfit Baju Kerja Teknisi

Baju dan pakaian kerja

Baju kerja seorang teknisi industri dan manufaktur mempunyai outfit yang khusus dan spesifik sebagai penunjang kerja mereka setiap hari.

Mempunyai spesifikasi dan kualifikasi khusus agar mereka saat bekerja terlindungi dari resiko kecelakaan dan cedera yang fatal dengan menggunakan pakaian kerja yang berstandart.

Setiap pekerja wajib menggunakan baju dan pakaian tersebut dengan benar sesuai standart dan bidang tanggungjawab saat mereka bertugas.

Outfit pakaian standart kerja yang harus dikenakan oleh mereka yang bekerja dengan resiko tinggi terdiri dari:

  • Sepatu
  • Celana
  • Baju dan jaket
  • Kaos tangan
  • Helm
  • Aksesories pelengkap
Yang detil spesifikasinya akan dijelaskan dibawah ini,

Sepatu Kerja

Sepatu kerja umum disebut sepatu untuk tugas dan kerja beresiko tinggi terdiri dari berbagai macam jenis yang disesuaiksn jenis dan kegunaannya.

Ada beberapa sepatu yang biasa dipakai oleh pekerja yaitu:

  • Sepatu boot dari karet, yaitu jenis yang dibuat untuk para pekerja bangunan dan pembantu teknisi. Terbuat dari karet tebal yang tahan air serta mudah dalam perawatan dan dibersihkan bila kotor. Mempunyai harga yang relatif murah.

  • Sepatu kerja heavy duty biasanya terbuat dari kulit tebal dengan sol anti slip dari karet keras, selain itu bagian ujungnya dilapisi plat besi agar jari kaki aman saat tertimpa benda berat.

  • Sepatu steril adalah sepatu yang wajib dikenakan bagi mereka yang berhubungan dengan hal kimia atau kesehatan. Didesain ringan dan hanya sekali pakai agar mereka yang bekerja selalu steril dan bersih dari bakteri dan virus.
Sepatu kerja harus terawat baik sering dibersihkan agar kenyamanan saat memakai selalu terjaga.

Celana Panjang

Untuk keselamatan kerja, menggunakan celana panjang menjadi keharusan dan menggunakan celana pendek adalah hal yang tidak diperbolehkan dalam lingkungan dan area kerja.

Desain celana panjang tidak boleh ketat dan terlalu longgar karena bisa mengganggu pergerakan saat bekerja dan mengurangi keleluasaan bergerak.

Bahan kain yang digunakan harus tebal, kuat dan nyaman, ada beberapa kain yang sering digunakan, yaitu:

  • Kain spunbond adalah bahan kain yang sekali pakai yang mempunyai banyak pilihan ketebalan gramasi tergantung kebutuhan dan kegunaan. Kemampuannya dalam menahan percikan air dan menghindari masuknya bakteri atau virus ke permukaan kulit adalah kelebihannya. Teknik pembuatan pakaian ini bisa dengan menjahit konvensional ataupun sistim laser.

  • Kain polyester adalah kain yang dikenal tangguh dalam untuk kegiatan outdoor dengan kemampuannya kedap air dan mampu menahan tumpahan cairan kimia yang berbahaya. Kekurangannya adalah tidak nyaman dikenakan dalam cuaca yang panas karena tidak bisa menyerap cairan.

  • Untuk daerah yang bersuhu hangat penggunaan bahan kain denim menjadi pilihan, kuat untuk dikenaksn dalam waktu lama, fleksibel dan terasa nyaman adalah alasan yang kuat untuk memilih jenis kain ini. 

  • Kain berbahan katun tebal adalah pilihan bagi mereka yang resiko kerjanya tidak terlalu tinggi. Secara umum jenis ini menjadi pilihan populer untuk semua celana dan baju.
Umumnya model celana cargo menjadi desain utama bila tujuannya untuk celana kerja yang beresiko tinggi dan di luar ruangan.

Baju Dan Jaket Kerja

Baju dan jaket kerja didesain agar mampu melindungi tubuh pekerja dari berbagai resiko kecelakaan dan membuat nyaman tubuh selama melakukan tugas rutin harian.

Menggunakan bahan yang sama dengan celana kerja dengan tujuan mudah dalam pembuatan dan penggunaannya. Ada beberapa penambahan bahan untuk pekerja malam yaitu pelapisan kain yang memantulkan cahaya selebar minimal 2 cm dijahit sepanjang punggung dan bagian depan.

Bahan jaket harus dibuat dari kain rangkap dua atau 2 layer sebagai pelindung baju dan penghangat tubuh saat bekerja disuhu yang rendah.

Kaos Tangan

Kaos tangan bagi pekerja mesin berat dan kimia adalah hal yang wajib digunakan. 

Bagi pekerja mesin berat yang berhubungan dengan besi, cairan minyak yang mudah terbakar ketika  bekerja adalah alasan utama agar tangan tidak terbakar atau tergores. Bahan kulit tebal yang melindungi tangan  biasa digunakan.

Untuk pekerja industri kimia dan kesehatan kaos tangan akan selalu dipakai agar tidak terpapar virus atau bakteri berbahaya. Umumnya bahan karet elastis yang tipis dan ringan menjadi pilihannya.

Kaos tangan dalam pemakaiannya ada yang sekali pakai contohnya kaos tangan medis, tetapi untuk yang lain bisa digunakan untuk jangka waktu lama hingga rusak.

Helm Kerja

Helm kerja umumnya terbuat dari bahan plastik keras yang mampu melindungi kepala dari benturan, kejatuhan benda diatas kepala dan juga melindungi dari panas dan hujan. 

Bentuk helm kerja seperti topi bulet yang terbuat dari bahan keras dan kuat dirancang agar menjadi pengaman kerja.

Bagian depan helm dibuat ada sedikit tonjolan yang fungsinya melindungi dahi agar aman ketika kepala bagian depan hendak membentur sesuatu.

Ada beberapa warna dalam helm kerja yang tujuannya membedakan tugas dan kapasitas seseorang ketika berada dilingkungan dan area kerja.

Berikut warna helm yang perlu di ketahui:

  • Putih polos untuk manajerial, pelaksana, kepala pelaksana dan pimpinan proyek. Tanda pada helm menunjukksn jabatannya dimulai stripe 1, 2, 3.

  • Helm merah digunakan oleh mereka yang bertanggungjawab atas semua keselamatan pekerja dan petugas penanggungjawab keamanan kerja.

  • Warna kuning umum digunakan pada pekerja harian mulai dari harian lepas, para tukang dan mandor dalam lingkup kerja bangunan dan teknik sipil.

  • Warna helm biru dikenakan para mekanikal yang bertanggung jawab pada mesin, listrik dan sejenisnya.

  • Warna hijau adalah ciri para pekerja dan penanggungjawab lingkungan dan fasilitas umum seperti para perawat taman, aktivis lingkungan, dan sejenisnya.

Aksesoris Pelengkap

Aksesoris pelengkap adalah alat tambahan yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan, penggunaannya hanya pada waktu tertentu saja dan tidak perlu digunakan setiap saat. Beberapa aksesoris yang umum dipakai adalah:

  • Kacamata las
  • Lampu sorot
  • Tali 
  • Kacamata pelindung debu
  • Kompas
  • Tas Punggung

Penutup

Pakaian kerja adalah bagian dari K3 ( keselamatan dan keamanan kerja) yang tertuang dalam aturan Menakertrans no.8/Men/VII/2010 yang harus dipatuhi oleh setiap pekerja. Penggunaan pakaian yang aman saat bekerja akan menimbulkan rasa aman dan nyaman saat bertugas dan meningkatkan produktifitas.
Untuk pekerjaan membuat seragam terbagi dalam beberapa klasifikasi, manjahit seragam pramuka , dan seragam pelajar lainnya mempunyai harga yang jelas lebih bersahabat daripada seragam kerja.

Komentar

  1. Suami saya bekerja di sektor energi (geothermal), meski dia di divisi finance tapi dari kantor dapat juga outfit untuk ke lapangan jika ada peninjauan. Memamg ya pakaian kerja ini bagian dari K3 ( keselamatan dan keamanan kerja) yang tertuang dalam aturan Menakertrans no.8/Men/VII/2010 sehingga harus dipatuhi oleh setiap pekerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Standart pakaian dalam bekerja wajib dipatuhi ketika berada di area kerja

      Hapus
  2. Baru teringat .... pakaian kerja semacam ini, mestinya dibuatkan perusahaan ya, kan bagian dari standar keamanan dan keselamatan kerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perusahaan yang beresiko tinggi wajib menyediakan seragam dan pakaian yg melindungi pekerjanya.

      Hapus
  3. Oalah warna helm yg dipake ternyata menanda posisi dan jabatan juga ya. Ga bisa sembarangan pakai warna apa aja
    Bisa disangka pemimpin kalau buruh asal pakai helm warna putih
    Hihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul sekali. Helm, rompi juga beda antara pekerja lepas dan staf perusahaan.

      Hapus
    2. Iya betul sekali. Helm, rompi juga beda antara pekerja lepas dan staf perusahaan.

      Hapus
  4. Ternyata bahan pakaian pekerja lapangan memang sangat perlu diperhatikan karena menyangkut keselamatan dan kelancaran pekerjaan itu sendi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakaian pekerja lapangan biasanya harus kuat dan awet tahan segala cuaca

      Hapus
  5. outfit baju kerja ini bagian dari K3 ya. Tentunya supaya kita bekerja dengan rasa aman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keamanan adalah prioritas dalam bekerja di semua tempat.

      Hapus
    2. Keamanan adalah prioritas dalam bekerja di semua tempat.

      Hapus
  6. Wahhh didaerahku banyak banget nih yang menggunakan pelindung kepala atau helm-helm yang disebutkan diatas, dari mulai warna merah, biru, kuning, putih, dan sebagainya. Awalnya bingung bedainnya kenapa bisa beda-beda gitu setiap orang, setelah baca disini jadi paham dan mengerti deh.. Makasih infonyaaa

    BalasHapus
  7. Stater pack yang wajib banget untuk pekerja lapangan ya. Ini sudah jadi bagian dari K3. Keamanan dan kenyamanan kerja harus benar-benar diperhatikan untuk pekerja lapangan.

    BalasHapus
  8. Pekerjaan sebagai teknisi lapangan itu sangat beresiko, wajar kalau mereka harus dibekal dengan pakaian yang dapat melindungi.

    BalasHapus
  9. Gem Globe Jewelry Supply has been a reliable go-to for all my plumbing needs. Their wide range of products is impressive!"

    BalasHapus

Posting Komentar