Langsung ke konten utama

Rosella Tanaman Sejuta Guna

 

Bunga Rosella

Rosella dengan nama latin Hibiscus sabdariffa L jenis tanaman yang lama dikenal di Indonesia, mempunyai nama khas diberbagai daerah seperti:

    ■Merambos ijo di Jawa tengah.

    ■Kesew Jawe di Sumatera Selatan.

    ■Asem Rejang di Muara Enim

    ■Asam Jarot di Padang

Jenis tanaman perdu yang mudah tumbuh serta berkembang hampir disetiap wilayah negara kita. Tumbuh dari biji dengan pertumbuhan pohon antara 3 hingga 5 meter berbunga sepanjang tahun. Bunganya merah dengan kelopak merah tua. Memiliki lebih dari 300 spesies yang dikenal.

Diduga berasal dari India timur menyebar luas dibanyak belahan dunia dengan kemampuan hidup diberbagai iklim. Sangat mudah beradaptasi menyebabkan tanaman ini menjadi sangat dikenal. Bunga Rosella sejak 1922 populer di Indonesia terutama di daerah Indramayu.

Tumbuh disepanjang musim dan bunganya berkembang lebat saat musim hujan. Keindahan bunga saat itu hanya sebagai penghias depan rumah atau pagar depan, maksimal untuk rangkaian bunga hias.

KEGUNAAN ROSELLA

Puluhan tahun tidak diperhatikan bahkan banyak terbuang percuma, pada akhirnya diketahui bahwa rosella mempunyai banyak manfaat, yaitu:

  • Rosella Kelopak Kuning ( Hibiscus sabdariffa var. Altisima ), mempunyai batang yang seratnya sangat kuat dan baik, mudah diolah menjadi bahan baku pulp yang pada akhirnya sebagai tambahan pembuatan kertas, selain itu bisa dimanfaatkan sebagai kain rosella yang tahan terhadap air, kuat menahan beban berat dan awet sehingga digunakan sebagai karung goni atau untuk kerajinan tangan.

  • Rosella Kelopak Merah ( Hibiscus sabdariffa var.sabdariffa ) dimanfaatkan sebagai bahan baku minuman yang non kimia, sangat baik  untuk yang menyukai minuman herbal alami. Frambozen dan teh rosella adalah produk populer dari bahan ini.

Untuk dua macam rosella mempunyai cerita dan kisah yang menarik untuk disimak oleh pembaca. 

Rosella Bunga Kelopak Kuning

Jarang yang mengetahui bahwa Rosella penting dalam industri kertas. Bubur batangnya atau pulp menjadi salah satu bahan baku yang digunakan oleh banyak pabrik dan industri besar kertas.

Pulp pada 1993, lebih dari 1,33 juta ton dimanfaatkan dan dibutuhkan oleh puluhan industri kertas Indonesia. Meningkat pesat hingga lebih dari 15 juta ton pada tahun 2020. Sayangnya saat ini masih jarang pabrik kertas yang memanfaatkan rosella secara maksimal. Pengurangan bahan yang berasal dari pinus menggunakan serat rosella berdampak besar pada ongkos produksi serta isu lingkungan secara positif.

Disisi lain, penggunaan sebagai bahan kain dan karung goni rosella cukup tinggi, bahkan harus mengimport hampir 65% dari total stoknya. Kebutuhan pertahun mencapai lebih dari 50 ribu ton.

Sebagai kebutuhan industri karung goni dan kegiatan kreatif rosella sudah lama dikenal. Pemerintah bahkan pada 1978 mengadakan program ISKARA  (intensifikasi serat karung rakyat) yang tujuannya mendorong industri rosella mampu bersaing dalam penyediaan bahan pembungkus berbahan serat. Sayangnya saat ini program tersebut tidak dilanjutkan karena kalah bersaing di pasar global.

Rosella Bunga Kelopak Merah

Jenis ini sangat dikenal oleh para pecinta minuman karena populer sejak puluhan tahun. Hasil pengolahannya menjadi cairan frambozen yang umumnya sebagai syrup atau penambah aroma minuman. Hampir semua orang menggunakannya setiap hari terutama penjual minuman menggunakan dan memanfaatkannya sebagai penambah selera calon pembeli.

Pemanfaatan sebagai teh saat ini juga sering memanfaatkan bunga rosella. Dengan khasiat yang dimiliki sebagai tanaman herbal berkemampuan menjaga kebugaran tubuh, tanaman ini menjadi semakin diminati. Pangsa pasarnya sangat besar untuk wilayah Indonesia.

Didaerah Jawa tengah, banyak  kota penghasil rosella yang dimanfaatkan sebagai teh. Karanganyar, Tegal, Boyolali dikenal pusat budidaya tanaman ini.

Selain hal yang disebutkan diatas pemanfaatan biji rosella sebagai kopi dan selai mulai dicoba, walaupun tidak begitu populer dalam pemasaran dan masih sedikit konsumennya.

Penutup

Rosella adalah tanaman multi manfaat yang bernilai ekonomi tinggi yang saat ini dilirik oleh banyak masyarakat Indonesia. Dari batang hingga bunga dapat digunakan dalam berbagai industri, terutama bunganya untuk bahan minuman yang aroma dan warnanya melegenda.

Banyak daerah menjadi pusat produksi tanaman rosella menghasilkan ide- ide kreatif dan pengusaha sukses memanfaatkan pohon ini. Pemanfaatan sebagai bahan dasar kain batik, saat ini juga sudah memakai rosella. Dengan pembeli dan peminat dari berbagai kalangan masyarakat. 

Terima kasih telah membaca.

Komentar

  1. Thanks ka infonya tentang bunga rosella ini. Aku pernah cobain teh rosella, dan emang khas banget wanginya yaa!

    BalasHapus
  2. Tumbuhan yang sekarang jarang banget ditemuin. Tapi kalau dijadiin minuman itu enaaak banget si. Dari aroma nya aja udah wangi

    BalasHapus
  3. Yes rosella ini banyak khasiatnya. Dulu Mamah saya nanam di belakang rumah, sampek bosan minumnya

    BalasHapus
  4. Saya suka beli minuman Rosella, rasanya khas
    dan warnanya juga cantik :)

    BalasHapus
  5. Saya pernah minum teh rosella,berarti yg jenis kelopak merah yah. Baru tau hambar bunganya,agak mirip mawar.

    BalasHapus
  6. Aku lebih familiar dengan rosella kelopak merah karena banyak digunakan untuk pembuatan teh rosella. Untuk rosella kelopak kuning sepertinya jarang ditemukan ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelopak kuning untuk bahan kain dan karung. Banyak dibudidayakan oleh PTPN sebagai tanaman industri.

      Hapus
  7. Banyak sekali manfaat dari tanaman Rosella ya, Saya pun baru tahu nih. Aromanya yang segar cocok dibuat teh ya, sepertinya boleh juga nanti cobain deh.

    BalasHapus
  8. Rosella ini kuat di wanginya dan rasanya segar. Kalau naik gunung, kami selalu bekal Rosella untuk diseduh selama perjalanan. Bikin semangat makin besar

    BalasHapus
  9. Gak menyangka Rosella ini jadi bahan baku yang bermanfaat buat kita ya kak.
    Perlu dirawat dengan baik ini, agar senantiasa lestari kedepannya

    BalasHapus
  10. Sepertinya yang sering banyak saya lihat adalah rosella merah ya. Jadi kenal karena memang banyak dimanfaatkan untuk minuman ataupun obat herbal. Baru tahu juga bahwa ada rosella kuning.

    BalasHapus
  11. Tanaman Rosella ternyata banyak manfaat dan aromanya segar ya

    BalasHapus
  12. Wah ingat banget waktu kecil dulu sering angkatin jemuran bunga rosella nenek hahahah

    BalasHapus
  13. Rosella yang pernah saya coba warnanya merah gitu kak, diseduh dan jadi sirup hehe. Kaya manfaat juga, apalagi minyak biji rosela.

    BalasHapus
  14. Budeku dulu rajiiin sekali minum rosella dari awal bunga rosella belum terkenal. Jadi bener-bener ramban di kebun dan dijadikan minuman yang diseduh air hangat.

    Karena ingin mengambil manfaat dari meminum bunga rosella secara rutin yakni menurunkan tekanan darah, mengatasi kolesterol tinggi, mencegah penyakit jantung dan mencegah risiko obesitas.

    BalasHapus
  15. di rumah ibu yang jaga anakku juga ada menanam rosella ini nih di depan rumahnya yang warnanya pink. tapi kayaknya sekarang tanamannya sudah nggak ada lagi padahal kayaknya tumbuhnya gampang

    BalasHapus
  16. Saya sering minum teh rosella kalau tensi naik. Rosella memang banyak manfaatnya.

    BalasHapus
  17. Saya sering minum teh rosella kalau tensi naik. Rosella memang banyak manfaatnya.

    BalasHapus
  18. Bunga rosella yang merah dulu sering kujumpai di dekat rumah. Katanya bisa sebagai minuman, tapi belum pernah coba rasa minumannya

    BalasHapus
  19. Oh ini yang bisa dijadikan teh ya? Aku baru liat wujud bunga Rosella ini. Cantik banget yaa warnanya...

    BalasHapus
  20. Aku tahu rosela tapi warnanya merah gitu. Ini warnanya orange terus bentuknya mirip bunga mawar ya? Jadi penasaran kalau dibuat teh jadinya kayak apa.

    BalasHapus
  21. Emang jooss kak teh Rosellanya. Ternyata manfaatnya banyak yah. Tapi ada yg tau yg beredar di pasaraan sudah BPOM ndak yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beberapa daerah membudidayakan tanaman rosella yang dibina oleh pemda setempat. Jadi ijin bpom dipastikan ada.

      Hapus
  22. Mantap skali kak! Dengan berbagai manfaat dan nilai ekonomi yang tinggi, rosella menjadi salah satu tanaman yang menarik untuk ditanam dan dimanfaatkan dalam berbagai sektor, dari industri makanan dan minuman hingga obat tradisional dan pertanian.

    BalasHapus
  23. Aku baru tau kalau ada yang warna kuning.
    Sering lihatnya yang warna merah soalnyaa, itupun karena sering dijual yg versi keringnya kan..

    BalasHapus
  24. Aku paling suka teh Rosella. Walau tanpa gula rasanya sudah enak banget. Ternyata ada banyak manfaat bunga Rosella ya kak

    BalasHapus

Posting Komentar