Langsung ke konten utama

Seragam Sekolah Untuk Siswa SMA dan SMK

 Seragam Sekolah adalah pakaian yang wajib dan harus dikenakan untuk semua Siswa atau Siswi ketika bersekolah dan berada dalam lingkungan sekolah.Mempunyai desain yang terbagi dalam beberapa desain yang banyak dikenal , terutama untuk mereka yang bersekolah di SMA atau SMK .Desain dan corak yang umum di kenakan adalah :

  • Seragam Upacara

  • Seragam atasan Putih dan bawah Abu abu

  • Seragam Olah Raga

  • Seragam Bermotif Batik

  • Seragam Pramuka
Seragam SMA dan SMK
Baju Seragam Siswa SMA dan SMK

Penggunaan Seragam sekolah juga berdasar hari hari tertentu menurut aturan yang telah ditetapkan oleh sekolah masing masing dengan maksud dan tujuan yang telah disepakati . Selain yang disebutkan diatas manfaat penggunaan dan pemakaian seragam Sekolah adalah :

  • Menumbuhkan rasa kesetaraan dan kebersamaan semua siswa yang bersekolah di tempat yang sama tanpa membedakan kedudukan dan kondisi siswa yang menempuh pendidikan .

  • Mengurangi terjadinya bullying atau pelecehan / penghinaan karena perbedaan dalam berpakaian dalam lingkungan sekolah sehinga tidak terjadi kesenjangan sosial dan kedudukan ekonomi.

  • Meningkatkan fokus siswa dalam belajar karena dengan menggunakan pakaian yang seragam dan sesuai dengan kenyamanan siswa dalam berpakaian akan mengurangi perasaan kurang nyaman dalam berpakaian.

  • Organisasi sekolah dan manajemennya dipermudah dalam memantau , mengarahkan dan mendidik Siswa karena dengan pakaian seragam bisa diketahui asal sekolah dan lokasi siswa ketika ada masalah diluar sekolah .

  • Kebanggaan akan identitas sekolah juga tercermin dari seragam yang dikenakan oleh semua siswa dilingkungan suatu sekolah . loyalitas , kesetiaan bangga dengan almamater bisa terbentuk salahsatunya dengan seragam tempat bersekolah.

Dari semua hal yang disebutkan di atas , seragam sekolah haruslah menghindari hal hal yang membuat dampak negatif seperti :

  • Membatasi Siswa atau Siswi untuk berekspresi secara positif dan cenderung mengekang dan memaksa dalam berpakaian seragam.

  • Seragam sekolah tidak boleh mahal karena bahan kain yang sangat mahal dan model yang rumit membuat penjahit akan sulit mengenakan ongkos atau biaya pembuatan seragam yang terjangkau harganya.

  • Kenyamanan juga menjadi pilihan utama dalam berseragam sekolah , tidak memaksa Siswa / Siswi berseragam sekolah tanpa kenyamanan dengan alasan apapun selama tidak melanggar norma norma kesopanan dan kepatutan.


Terlepas dari hal diatas , Seragam sekolah di seluruh Indonesia harusnya menciptakan lingkungan sekolah, dan lingkungan belajar yang kondusif , nyaman dan menyenangkan dari setiap siswa yang belajar . Seragam lain yang juga wajib dipakai adalah Seragam Pramuka yang diulas di bagian lain blog ini.

Seragam sekolah tidak bisa lepas dari jasa dan hasil penjahit pakaian atau baju yang membuat dan menghasilkan seragam sekolah dengan baik sekaligus tepat waktu.

Harga seragam sekolah dalam membuat seragam terdapat banyak pilihan yang tidak dapat di abaikan tergantung kemampuan kita.

Selain seragam sekolah, Outfit baju kerja bagi para profesional dan pekerja lapangan juga dibahas dalam blog ini diartikel tersendiri.

Pesan Online

Komentar

  1. Pernah pakai semua seragamnya kecuali seragam khusus upacara yang putih putih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya masalalu tidak semua sekolah mewajibkan seragam warna putih atas dan bawah.

      Hapus
  2. Seragam masa remaja ketika bersekolah di masa lalu. Terima kasih komentarnya

    BalasHapus
  3. apakah ini bisa pesan untuk pengiriman luar daerah? misalkan ke sulawesi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo pak.kerjasama harga sangat kompetitif untuk luar jawa.

      Hapus
  4. Seragam SMA saya dulu gk mau saya corat coret krna itu sakral bgt, penuh perjuangan & kenangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seragam SMA dan lainnya bagian dari perjalanan hidup dalam menenpuh pendidiksn.

      Hapus
  5. Sangat setuju dengan poin seragam sekolah tidak bisa lepas dari jasa penjahit yang menghasilkan seragam yamg baik dan berkualitas. Baju putih saya tahan selama tiga tahun👍🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di pakai dari awal masuk sekolah sampai lulus seragam bajunya. Hebat

      Hapus
  6. Seragam sekolah sangat beragam, saya setuju untuk seragam sekolah yang baik hendaknya menggunakan bahan dan proses pengerjaan yang tidak mahal namun tetap memperhatikan kualitas yang baik.

    BalasHapus
  7. Bahan baju seragam umumnya dari kain katun yang menyerap bau dan keringat.

    BalasHapus
  8. Setuju dengan poin kedua mengenai manfaat pemakaian seragam di sekolah. Para pelajar jadi bisa lebih fokus ke proses belajar mengajar daripada bingung memikirkan memakai pakaian apa yg pantas untuk sekolah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seragam sekolah, harus mempunyai fungsi yang baik dalam berpakaian dalam belajar di sekolah.

      Hapus
  9. Menarik gan artikelnya sangat membantu terutama bagi saya yang ingin membuat usaha baju hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usaha jahit membutuhkan ketekunan dan keuletan, butuh waktu relatif lama utk mendapat hasil.

      Hapus

Posting Komentar