Langsung ke konten utama

Seragam Satpam Baru 2023

Seragam Satpam Baru 2023


Dasar Aturan

Berdasar Perpol Nomor 1 Tahun 2023 Tentang Perubahan Atas Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pengamanan Swakarsa. Ditandatangani oleh Kapolri 13 Januari 2023 , maka warna seluruh seragam Satpam berubah dari sebelumnya.

Perubahan yang Baru

Secara umum tidak ada perubahan mendasar dari seragam Satpam sebelumnya , Karena secara dasar seragam yang di kenakan Satpam sudah baku dan di sesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan penggunaan Satpam yang fungsinya sebagai pengaman lingkungan suatu tempat .

Yang paling mencolok dari perubahsn tersebut hanyalah perubahan warna baju bagian atas dari sebelumnya. 

Perlu di ketahui warna baju Satpam selama ini yang kita kenal sudah berubah 3 kali , yaitu :

  • Baju Satpam atasan putih untuk baju lengan pendek celana panjang biru dan baju satpam warma biru tua lengan panjang dan celana.
  • Baju Satpam warna coklat baju lengan pendek dan panjang dengan celana panjang berwarna coklat tua.
  • Baju Satpam terbaru 2023 , berwarna krem untuk baju lengan pendek dan panjang dipaduksn celana panjang berwarna coklat seperti warna celana panjang Satpam sebelumya.
Baju satpam mulai 2023 berwarna krem

Untuk menghitung kebutuhan kain anda harus mengetahui ukuran badan dan kaki secara benar sehingga tidak salah dalam membeli panjang bahan.

Pemasangan Badge Satpam

Pemasangan badges atau simbol simbol berfungsi sebagai petunjuk dan profesi orang yang di pasang atau di jahit pada pakaiannya . Berbagai simbol tersebut haruslah mudah di kenali oleh siapa saja yang melihatnya.

Demikian juga pada seorang Satpam , simbol dan tanda ada di pakaiannya . Berikut simbol simbol yang harus di pasang pada baju dan di kenakan seorang Satpam :

  • Lambang satpam berbentuk bulat kecil , biasanya terpasang pada ujung kedua krah baju setiap satpam , dengan dasar warna putih dibordir dengan benang warna hitam .
Badge satpam di krah baju

  • Nama Dada , terpasang pada  atas saku kanan atas . Berukuran panjang 14 cm dengan lebar maksimal 5 cm dengan pinggiran / border . Nama dada menjelaskan identitas nama  yang memakai seragam tersebut  bisa ditambah nomer anggota satpam dibawah identitas .  Semua menggunakan  warna dasar putih , dengan border dan tulisan nama berwarna hitam .
Nama petugas satpam
  • Keterangan profesi Satpam , terletak pada bagian kiri atas saku baju  dengan panjang 14 cm dan lebarnya 3 cm . Semua menggunakan  warna dasar putih , dengan border dan tulisan berwarna hitam .
Badge profesi Satpam
  • Identitas wilayah kota tempat dan instansi tempat bertugas , dipasangkan pads bagian sebelah kiri lengan baju . Pada bagian atas di pasangkan wilayah tempat bertugas berbentuk setengah lengkung berukuran 10 cm dengan lebar maksimal 1.5 cm . Berwarna dasar hitam dengan penulisan berwarna kuning mas . Bagian bawah terdapat nama instansi dengan bentuk yang menyesuaikan .
kota dan instansi Satpam bertugas
  • Identitas wilayah satuan Polisi daerah tempat Satpam bertugas terletak pada bagian lengan kanan dengan warna dasar  dan desain menyesuaikan tiap tiap wilayah kepolisian daerah .
daerah Polisi tempat bertugas.

Demikian informasi seragam baju Satpam untuk 2023. Untuk celana panjang bagi Satpam tidak ada perubahan yang besar dengan celana seragam sebelumnya.

Bila ukuran baju atau seragam satpam kurang sesuai, menggunakan jasa penjahit permak  adalah pilihan terbaik karena relatif cepat dan murah upah jasanya.

Selain itu banyak hal yang berpegaruh dalam harga jahit baju dan pakaian untuk di perhatikan, agar tidak menganggap semua ongkos dan upah selalu sama dan seragam.

Perawatan dan menjaga agar seragam Satpam tetap bersih juga sangat penting karena warnanya yang mudah terkena noda tinta dan sejenisnya. Ada beberapa tips menghilangkan noda bila baju seragam bermasalah karena noda tinta.






Komentar

  1. saya komentar disini aja, tinggal di poles sedikit lagi blognya biar bisa dijadikan sebagai platform untuk usaha online. Konsepnya sudah jadi tinggal sedikit lagi, contoh blog yang saya buatkan biar bisa jadi platform online yaitu blognya mas marno (kebunonline.com), kalo tertarik chat saya aja...

    BalasHapus
  2. Terima kasih reviewnya. Semangat belajar lagi.

    BalasHapus

Posting Komentar