Langsung ke konten utama

Cara Hilangkan Noda Tinta Di Kain

 Hilangkan Noda Tinta Pada Kain

Pakaian dan baju yang setiap hari kita kenakan biasanya selalu bersih dari berbagai kotoran apalagi noda noda yang menempel pada baju kita.

Bagi para pelajar , biasanya paling banyak ketika berseragam , di saku bajunya sering terkena noda tinta karena alat tulis yang lupa ditutup setelah di gunakan . Tidak butuh untuk mencuci pakaian agar noda tinta bisa dihilangkan .

Berikut ini adalah tips untuk membersihan kain dan baju yang terkena noda tinta dalam 10 menit :

  • Ambil baju atau kain yang terkena noda tinta untuk dibersihkan atau dihilangkan noda tintanya . Sebagai contoh adalah gambar dibawah ini , ternoda oleh tinta merah .
Tinta di Baju


  • Siapkan alat dan bahan untuk membersihkan noda yang menempel , yaitu sikat gigi bekas dan bubuk detergen . Jangan lupa siapkan air dalam ember , karena tanpa air tidak bisa melakukannya.
Sikat gigi dan Detergen

  • Basahi permukaan kain yang ternoda dengan sedikit air bersih , kemudian taburkan sedikit detergen di atas permukaan kain yang terkena noda tinta .
Deterjen Pembersih


  • Gosok dengan sikat gigi pelan pelan hingga tinta luntur . Siram dengan sedikit air untuk melarutkan tinta yang makin luntur . Ulangi lagi hingga beberapa kali.
Hasil akhir membersihkan noda









  • Bilas dengan air bersih setelah noda tinta telah di gosok , kemudian cek ulang apakah tinta sudah hilang atau belum . Bila belum hilang ulangi lagi dengan menaburi bubuk detergen kemudian disikat ulang .
Kain Bersih Basah


Perlu diketahui , cara diatas bisa untuk membersihkan berbagai bahan kain , termasuk kain katun , jersey ataupun kain wool .

Untuk noda kain karena cat minyak , bahan yang digunakan adalah thinner , caranya hampir sama dengan cara diatas , cuma memerlukan waktu yang lebih lama . 

Baju seragam yang berwarna cerah seperti pakaian Satpambaju sekolah sangat rentan terhadap masalah noda. Sehingga bagi pemiliknya adalah hal yang perlu mengetahui cara menangani masalah tersebut agar tidak direpotkan ketika mencucinya.

Demikian tips untuk membersihkan noda di baju atau kain . Selain cara di atas masih banyak cara dan trik dalam membersihkan noda tinta yang membandel . Setiap cara mempunyai kelebihan dan kekurangannya , silakan memilih cara membersihkannya menurut kenyamanan anda . Semoga tips ini bisa menjadi salah satu hal yang bermanfaat bagi anda yang membacanya.

Terima kasih.

Komentar

  1. wah artikelnya cukup mudah dimengerti bgt dan dilengkapi dengan visual gambar.. smoga blog nya bisa bertransformasi menjadi lebih baik lagi yaa.. trims

    BalasHapus
  2. Terima kasih. Banyak belajar dari blog anda .

    BalasHapus
  3. Aku udah pernah coba tips cara menghilangkan noda ini tapi nodanya masih membandel huhu terimakasih kak artikelnya bagus nah

    BalasHapus
  4. Tips yang bagus, tetap semangat mas memberikan informasi berguna dan bermanfaat

    BalasHapus
  5. Wah terima kasih ya tipsnya.

    BalasHapus

Posting Komentar