Langsung ke konten utama

Yang Mempengaruhi Harga Menjahit Baju Di Indonesia

Penjahit di berbagai daerah Indonesia mempunyai tarif yang bermacam macam . Tergantung model dan jenis jahitan yang dikerjakan . Semakin rumit dan detil jahitan membuat tarif dan harga jasanya semakin mahal.

Harga Jasa Penjahit Baju Umum

Untuk jahitan yang sederhana seperti celana atau baju lengan pendek , harga yang umum antara Rp.50.000 sampai dengan Rp.100.000 perpotong , tergantung jumlah barang yang di kerjakan penjahit dan kualitas jahitan. Penjahit dengan reputasi yang baik tentu saja tidak mungkin memberikan harga murah.

Jahit Seragam Murah
Jahitan baju seragam  harga murah

Harga Jasa Penjahit Desain Khusus

Untuk baju yang dijahit dengan model dan kondisi tertentu , mempunyai tarif harga mahal bahkan sangat mahal . Karena tidak semua penjahit bisa dan mampu melakukannya . Dibutuhkan pengalaman dan keahlian yang baik dari seorang penjahit dalam mengerjakannya sehingga didapat kualitas yang memuaskan pelanggannya . Harga jasa menjahit yang harus dibayarkan kepada penjahit untuk pekerjaan tersebut berkisar Rp.125.000 hingga Rp.300.000 untuk selembar pakaian yang unik , menarik dan bagus.

Jahit Baju Wanita
Pakaian dengan desain khusus.

Selain model dan desain yang mempengaruhi harga jahit adalah bahan , karena semakin mahal kain yang di gunakan sebagai bahan baju dan pakaian , semakin mahal juga tarif jasa yang diberikan kepada penjahit.

Berikut ini adalah ulasan kualitas kain berdasarkan harga :

  • Kain wool , bahan kain ini berasal dari bulu domba yang melalui proses panjang sehingga menjadi kain . Sangat mahal , karena bila digunakan untuk pakaian nyaman , hangat dan menjadi pilihan mereka yang konservatif dalam berpakaian . Saat ini ada alternatif kain wool sintetis dengan harga lebih murah dari wool bulu domba.

  • Kain sutra , adalah kain yang berasal dari ulat sutra . Mewah terkesan glamor dan disukai para wanita . Tidak mudah untuk menjahit kain berbahan sutra karena licin dan butuh kesabaran lebih dalam menjahitnya. Kain sutra berbahan sintetis adalah pilihan bila ingin berpakaian berbahan sutra yang murah.

  • Kain katun satin adalah kain yang berbahan katun kapas dicampur dengan bahan sintetis . Tampilan baju katun satin umumnya berkilau dan glamor saat dikenakan tetapi ada beberapa merk yang bila dijadikan kurang nyaman untuk di pakai.

  • Kain katun adalah bahan kain yang umum di kerjakan oleh penjahit dan di pakai setiap hari oleh masyarakat Indonesia . Nyaman , bisa menyerap keringat , harga yang terjangkau serta mudah dikerjakan . Itu alasan alasan yang sering di ungkapkan oleh para penjahit dan masyarakat umum.

Demikian beberapa faktor dan hal yang mempengaruhi harga dan jasa penjahit. Untuk mengetahui kebutuhan bahan kain batik pakaian bisa membaca tulisan te ntang menghitung kebutuhan kain batik.

Lokasi atau tempat penjahit tinggal disuatu wilayah juga mempengaruhi jasa makloon atau jasa produksi dalam harga meskipun mempunyai kualitas yang tidak berbeda.




Komentar