Langsung ke konten utama

Usaha Jahit Permak Pakaian Menguntungkan


 Permak Baju

Permak baju dan pakaian adalah pekerjaan memperbaiki , memodifikasi , mengubah baju atau pakaian sesuai dengan keinginan kita sehingga terlihat bagus , rapi dan pas dibadan.

Permak baju ringan bisa dikerjakan sendiri dengan menggunakan benang dan jarum jahit dalam waktu yang relatif singkat , tetapi untuk pekerjaan permak dalam hal tertentu di butuhkan tenaga dari tukang jahit permak baju dan pakaian yang mempunyai mesin jahit , keahlian dan pengalaman .

Untuk bahan bahan kain tertentu , seperti kain jeans , sutra dan sejenisnya jelas tidak bisa dikerjakan sendiri dan manual . Kehadiran penjahit yang punya keahlian dalam permak jelas dibutuhkan .

Jenis Usaha Permak Baju 

Peluang usaha permak baju dan pakaian menjadi pilihan banyak penjahit , karena tingginya kebutuhan akan jasa permak baju dan pakaian .

Usaha permak baju dan pakaian bisa dalam beberapa bentuk yang bisa dilakukan oleh mereka yang mempunyai keahlian dasar menjahit baju dan pakaian . Tidak terlalu sulit dalam memulai usaha tersebut , bahkan bisa mendatangkan penghasilan yang lumayan besar . Beberapa contoh usaha permak baju yang ada selama ini adalah :

Permak Baju Rumahan

Usaha permak rumah tangga
Permak baju rumahan

Usaha jenis rumahan adalah usaha yang bisa dikerjakan dalam rumah sendiri tanpa perlu meninggalkan aktivitas atau kegiatan rumah tangga sehari hari . Bisa dikerjakan oleh semua anggota keluarga bersama sama tanpa perlu dibatasi jam kerja atau jam kegiatan .

Usaha permak baju dan pakaian dalam skala rumah tangga , umumnya di kerjakan oleh ibu - ibu rumahtangga bisa dibantu anggota keluarga lainnya . Tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak dan tidak menyita waktu serta bisa menjadi pekerjaan sambilan yang menguntungkan .

Bermodal mesin jahit sederhana dan spanduk yang menuliskan usaha tersebut , dipastikan para tetangga akan datang untuk meminta bantuan agar baju dan pakaian di permak dan di perbaiki . Tidak bisa mematok harga yang mahal dalam usaha permak rumahan , karena pelanggannya adalah tetangga sendiri . Selain itu , tidak bisa memastikan pendapatan yang di dapat karena tidak setiap hari mendapat pekerjaan .

Permak Baju Kaki Lima

Permak di pinggir jalan
Permak baju kaki lima 

Usaha permak baju kaki lima adalah mereka yang bekerja dalam usaha permak baju dan pakaian di pinggir jalan atau bahu jalan dengan alat dan mesin jahit yang bisa berpindah pindah tempat dan lokasi sesuai kebutuhan .

Umumnya usaha permak ini di lakukan oleh para lelaki yang mempunyai keahlian dasar menjahit baju dan pakaian . Jarang menemui wanita menjalankannya , karena dibutuhkan fisik dan tenaga yang kuat untuk berkeliling mencari pelanggan .

Mesin jahit untuk usaha permak baju dan pakaian kaki lima telah dimodifikasi agar mudah dalam berpindah - pindah untuk menawarkan jasa . Beberapa alat dan bahan pendukung usaha tersebut di taruh dalam tas agar praktis dan ringkas .

Beberapa dari mereka yang beruntung mendapatkan tempat usaha yang bisa di buka pada pagi hari dan tutup menjelang sore hari , tentu saja mereka harus membayar sewa tempat usahanya .

Usaha Permak Baju Modern

Usaha jahit baju dan permak
Permak baju modern 24 jam

Usaha permak baju modern adalah usaha jahit yang salahsatu bagian usahanya menawarkan jasa permak baju dan pakaian yang berbentuk dalam satu usaha bersama . Usaha seperti ini menawarkan berbagai jasa menjahit yang umumnya terdiri dari :

  • Jasa jahit 
  • Jasa obras
  • Jasa neci 
  • Jasa permak

Tujuannya adalah agar pelanggan bisa terlayani akan semua kebutuhannya bila membutuhkan jasa jahit di satu tempat .

Umumnya tempat seperti ini terdiri dari banyak orang yang dengan keahlian dan ketrampilan tertentu  . Tidak bisa mengandalkan pelayanan dari satu orang saja ketika kita berada di tempat tersebut .

Tempat usaha seperti ini umumya buka di pagi hari hingga larut malam , bahkan ada yang melayani hingga 24 jam dalam seminggu .

Umumnya sistim usaha seperti tersebut adalah sistim bagi hasil antara pemilik tempat usaha dengan para penjahit yang bekerja . Mereka yang bekerja mendapatkan fasilitas tempat tinggal , karena umumnya berasal dari kota lain di sekitar tempat usaha jahit dan permak .

Paling umum adalah permak baju dinas  seperti , seragam satpam, seragam tentara, seragam polisi biasanya mengecilkan ukuran atau pasang tanda kedinasan.

Perhitungan Usaha

Perhitungan usaha permak baju dan pakaian adalah sebagai berikut :

Modal alat dan bahan :

- Mesin Jahit seharga Rp.2.000.000

-Benang Jahit selama sebulan Rp.25.000

Sewa tempat perbulan Rp.500.0000

Pendapatan :

Ongkos permak pakaian Rp.15.000

Pendapatan perhari dengan asumsi 10 pakaian perhari adalah Rp.150.000

Pendapatan kotor yang didapat perbulan adalah Rp.4.500.000 .

Pendapatan  dikurangi modal dan beli mesin jahit di bulan pertama adalah : 

Rp.4.500.000 - Rp.2.525.000 = Rp.1.975.000

Untuk bulan selanjutnya pendapatan diharapkan minimal Rp.3.975.000 .

Penggunaan bahan kain bekas potong, biasa disebut kain percah adalah salahsatu alternatif dalam menekan biaya usaha dalam permak pakaian karena harganya relatif murah bahkan gratis.

Permak baju menjadi alternatif untuk memperbarui ukuran terutama mereka yang membeli baju bekas yang berkualitas sehingga tampil sesuai seperti keinginan.

Demikian tulisan tentang usaha permak baju dan pakaian yang bisa dijadikan inspirasi bagi yang berprofesi sebagai penjahit .

Kesimpulannya

Usaha Permak baju adalah usaha yang paling mudah dan menjanjikan hasil bagi para penjahit pemula. Tidak dibutuhkan keahlian khusus dalam membuat pola baju dan memotong kain.

Modal yang dibutuhkan relatif kecil untuk memulainya, cukup mesin jahit portabel dengan penggerak manual atau dinamo listrik kecil.

Usaha permak baju bisa menjadi tambahan penghasilan para ibu rumahtangga tanpa menghabiskan banyak waktu untuk mengerjakannya. Permak baju terkadang menjadi kebutuhan terutama  seragam sekolah yang sering butuh dibesarkan seiring pertumbuhan putra dan putri kita saat usia belajar.


Pesan Online

Komentar

  1. Saat mau lebaran atau hari raya besar lainnya, pasti usaha jahit dan permak pakaian laris banget. susah di waktu2 sekarang ini cari tukang jahit biasanya sampai ada yang nolak pesanan....

    BalasHapus
  2. Momen lebaran lagi rame-rame nya tukang jahit. Kalo ndak persiapan dan mesan dari jauh hari bisa-bisa prosesnya telat dan gabisa pakai baju seragam keluarga untuk lebaran. Penjahit Alamanda ini kayaknya bisa jadi opsi. Kualitas prima dan proses cepat. Mantap 🔥🔥

    BalasHapus
  3. Profesi kaya gini tuh masuknya ahli. Katna gak semua orang bisa kerja kaya gini. Penjahit kalo mau lebaran apa lagi banyak job laris manis hehe penjahit alamanda di bandung terkenal banget.

    BalasHapus
  4. Dulu saya suka mengandalkan mamah karena pintar menjahit. Bahkan ketika kecil, baju saya jahitan mamah semua. Tapi, karena sekarang udah sepuh, mamah udah gak sanggup menjahit. Jadinya sekarang mengandalkan tukang jahit. Karena saya gak bisa menjahit.

    BalasHapus
  5. wah betul sekali sih di tempat saya juga ada pemilik permak pakaian, dan memang katanya lumayan menjanjikan mengingat di tempat saya juga tidak ada penjahit lainnya, jadi sangat ramai tetapi memang secara kualitas jahitannya juga sangat bagus, tapi menurut saya tetap perlu keahlian khusus

    BalasHapus
  6. wah benar nih, usaha permak pakaian yang kaki lima itu kayaknya emang cuma dilakoni oleh para lelaki aja ya, belum pernah lihat sih permak ibu-ibu yang keliling gitu, selama ini baru lihat yang laki-laki aja sih.

    BalasHapus
  7. Usaha jahit menjadi usaha yang ga da matinya karena menjadi kebutuhan manusia akan fashion atau gaya.. Inspiratif makasih sharing nya

    BalasHapus
  8. Bener banget, usaha jahit dan permak pakaian ini menggiurkan sekali. Apalagi di masa mau lebaran kayak gini. Orderan banyak banget. Inget sama mertua yang jago jahit, dulu waktu muda. Karena jago bikin pola, jahitnya rapi, pelanggannya banyak. Jahitnya juga mahal. Dulu 20 tahun lalu aja, jahit model simpel udah 100 ribu. Padahal mertua ngerjainnya cuma sejam - dua jam aja. Kepengen deh bisa jahit rapi. Bukan buat usaha sih, tapi biar bisa jaiht baju sendiri. Beli baju mahal-mahal. Penjahit juga udah susah. Sekalinya ada, mahal.

    BalasHapus
  9. Bener banget, usaha jahit dan permak pakaian ini menggiurkan sekali. Apalagi di masa mau lebaran kayak gini. Orderan banyak banget. Inget sama mertua yang jago jahit, dulu waktu muda. Karena jago bikin pola, jahitnya rapi, pelanggannya banyak. Jahitnya juga mahal. Dulu 20 tahun lalu aja, jahit model simpel udah 100 ribu. Padahal mertua ngerjainnya cuma sejam - dua jam aja. Kepengen deh bisa jahit rapi. Bukan buat usaha sih, tapi biar bisa jaiht baju sendiri. Beli baju mahal-mahal. Penjahit juga udah susah. Sekalinya ada, mahal.

    BalasHapus
  10. Pengusaha jahit permak pakaian ini biasanya laris saat menjelang hari raya. Malah kadang susah untuk cari yang mau jahit permak karena penuh orderan.

    BalasHapus
  11. Setelah dipikir-pikir bener juga ya, Kak. Soalnya temen-temen kantorku tuh sering banget paje jasa permak baju seperti ini, terlebih baju seragam anak-anak, tiap lepas pasang bed sekolah.

    BalasHapus
  12. Kalo secara kasar itung -itunganmya masuk sih, tapi fakta dilapangan suka berbeda. Hha

    BalasHapus
  13. Tukang sayur deket rumahku merangkap usaha permak2 gini nih, mayan banget. Buat aku yang gak bisa jahit juga sangat membantu hehe. jadi gak perlu beli baju baru karena baju lawas yang mungkin rusak2 dikir bisa dipermak :D

    BalasHapus
  14. Ini masuk ke dalam profesi ahli. Bisa dibilang apapun yang masuk ke ranah profesi ahli maka bayarannya mayan banget.

    Btw sekedar saran, untuk fotonya diperjelas lagi yaa, soalnya kecil banget ini gabisa liat dengna jelas :(

    BalasHapus
  15. Apalagi memasuki hari raya gitu makin banyak banget yang custom-custom gitu untuk dibuatkan pakaian yang sesuai keinginannya makin banyak lagi untungnya tuh

    BalasHapus
  16. Entah kenapa akhir-akhir ini tertarik banget sama dunia jahit, pengen banget belajar dari nol biar bisa bikin baju sesuai selera wkwk

    BalasHapus

Posting Komentar