Langsung ke konten utama

Baju Hari Raya Gak Harus Baru


Merayakan Kemenangan dengan Kesederhanaan dan Kerapian

Pakaian Hari Idul Fitri

Merayakan Idul Fitri dengan kegembiraan bersama

Hari Raya Idul Fitri identik dengan momen berkumpul bersama keluarga dan kerabat. Tak jarang, momen ini dimanfaatkan untuk tampil menawan dengan baju baru. Namun, tahukah Anda bahwa baju di Hari Raya gak harus baru?

Kesederhanaan dan kerapian adalah kunci utama dalam berpakaian di Hari Raya. Tak perlu memaksakan diri membeli baju baru jika kondisi keuangan belum memungkinkan. Baju lama yang masih layak pakai bisa menjadi pilihan yang tepat.

Keuntungan Berpakaian Sederhana di Hari Raya

  • Hemat Biaya: Membeli baju baru bisa menguras dompet. Dengan memanfaatkan baju lama, Anda bisa menghemat pengeluaran dan mengalokasikan dana untuk kebutuhan lain yang lebih penting.

  • Ramah Lingkungan: Industri fesyen merupakan salah satu penyumbang polusi terbesar di dunia. Meminimalisir pembelian baju baru berarti membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

  • Lebih Bermakna: Baju lama yang memiliki kenangan tersendiri bisa menjadi simbol perjalanan hidup dan perjuangan Anda.

Tips Berpakaian Sederhana dan Rapi di Hari Raya

Pilih baju lama yang masih kondisi baik dan rapi. Dengan langkah:

  • Periksa bahan baju. Bahan baju yang berkualitas baik akan lebih tahan lama dan tidak mudah rusak. Pilihlah baju yang terbuat dari bahan yang kuat dan tidak mudah pudar, seperti katun, linen, atau denim.

  • Teliti jahitan baju. Jahitan yang rapi dan kuat akan membuat baju lebih tahan lama. Pastikan tidak ada jahitan yang longgar atau robek.

  • Cek kondisi kancing dan ritsleting. Kancing dan ritsleting yang masih berfungsi dengan baik akan membuat baju lebih mudah dipakai dan dilepas. Pastikan semua kancing dan ritsleting masih terpasang dengan kuat dan tidak mudah lepas.

  • Baju lama yang masih memiliki warna yang cerah dan tidak pudar akan terlihat lebih menarik. Hindari baju yang sudah kusam atau pudar warnanya.

  • Baju yang dipilih harus yang bersih dan rapi akan terlihat lebih menarik. Pastikan baju tidak memiliki noda atau kotoran.

Baju sebaiknya yang masih pas di badan akan lebih nyaman dipakai. Pastikan baju tidak terlalu ketat atau terlalu longgar.

Padu padankan baju dengan aksesoris yang menarik. 

Sesuaikan dengan gaya berpakaian Anda. Jika Anda memiliki gaya berpakaian yang kasual, pilihlah yang sederhana dan tidak berlebihan. Jika Anda memiliki gaya berpakaian yang formal, pilihlah yang lebih elegan dan berkelas.

Pilih sesuai dengan warna baju Anda. Warna cerah akan cocok dengan baju yang berwarna gelap. Sebaliknya yang berwarna gelap akan cocok dengan baju yang berwarna terang.

Sesuaikan dengan bentuk tubuh Anda. Jika Anda memiliki tubuh yang mungil, pilihlah bentuk aksesoris yang kecil dan tidak terlalu besar. Jika Anda memiliki tubuh yang tinggi, pilihlah yang besar dan menonjol.

Pilihlah sesuai dengan acara yang akan Anda hadiri. Jika akan menghadiri acara formal, pilihlah  yang lebih elegan dan berkelas. Jika Anda akan menghadiri acara kasual, pilihlah yang sederhana dan tidak berlebihan.

Gunakan yang anda sukai dan membuat merasa percaya diri. Aksesoris yang disukai akan membuat  merasa lebih bahagia dan percaya diri saat memakainya di depan umum dalam suatu kesempatan dan acara.

Permak baju untuk ubah penampilan 

Jika Anda ingin sedikit mengubah penampilan dengan baju lama,  dapat memanfaatkan jasa penjahit  untuk:

  • Membuat baju yang longgar menjadi lebih pas di badan dengan menjahit ulang bagian yang terasa terlalu longgar pada bagian bagan tertentu.

  • Mengecilkan Ukuran Baju agar sesuai di badan, dilakukan bila ternyata baju salah ukuran dan terlalu besar saat dikenakan sehingga mengurangi penampilan kita.

  • Mengubah model baju agar terlihat lebih modern, dengan menambah atau mengurangi bahan kain pakaian sesuai keinginan kita agar terlihat lain dari sebelumnya dan semakin menarik dipandang mata.

Tips mencari penjahit baju:

  • Tanyakan rekomendasi dari teman atau keluarga yang pernah menggunakan jasa penjahit yang menurut mereka terpercaya dan baik dalam pengerjaannya.

  • Cari informasi penjahit online di internet terutama yang terindex dalam situs pencarian seperti Google, Bing dan sejenisnya, karena umumnya jenis jasa jahit jarang bisa ditemukan dalam media sosial atau situs jual beli online.

  • Pastikan penjahit memiliki reputasi yang baik, dengan membaca ulasan yang diberikan oleh pelanggan setelah menggunakan jasa penjahit tersebut. Semakin banyak ulasan positif yang diberikan adalah pilihan  saat mencari penjahit yang terekomendasi.

Baju di Hari Raya gak harus baru. Kesederhanaan dan kerapian adalah kunci utama dalam berpakaian. Dengan memanfaatkan baju lama dan sedikit kreasi, Anda tetap bisa tampil menawan di Hari Raya.

Komentar

  1. Lebaran tahun ini alhamdulillah tidak beli baju karena masih banyak stok baju yang masih baik dan layak. Yup, memang ga harus baru, ya baju lebarannya untuk membuat vibe lebaran tetap khidmat

    BalasHapus
  2. Mas Joko Yu nih yang paling males beli baju baru dan baginya cukup apa yang ada di rumah karena menurutnya sih udah ada baju banyak yang ada dan sayang bila harus beli lagi

    BalasHapus
  3. Saya masih penasaran dengan penjahit online. Itu kita yang kasih kain dikirim atau bagaimana. Nanti ukuran kita informasikan kepada mereka juga. Gitu kali ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang lebih seperi itu kakak. Untuk area 1 kota biasanya untuk pengukuran dan fitting bisa offline.

      Hapus
  4. Tips yang manfaat banget ni buat kaum mendang mending, selain bisa buat irit biaya, cara ini bisa untuk memaksimalkan pakaian yang ada.

    BalasHapus
  5. setuju baju yg bagus itu justru yang sederhana dan rapih jahitannya gak mesti baru juga yang penting hati kita bersih dalam menghadapai hari raya

    BalasHapus
  6. Setuju banget, baju untuk hari raya tak selalu baru. Tahun ini, aku pun mengenakan baju yang sudah kubeli beberapa bulan yang lalu.

    BalasHapus
  7. sudah berapa Lebaran belakangan ini saya tidak pernah beli baju baru lagi saat Lebaran karena baju lama pun sebenarnya jarang kepake jadi ya itu diputar-putar aja, tahun lalu pake baju A, tahun depannya baju B, dua tahun lalunya pakai baju C, begitu aja terus sih, yang penting nyaman aja dipakainya, udah di tahap gak apalah gak sesuai trend seperti tahun ini yang shimmer-shimmer :D
    yang penting anak-anak aja dulu, secara mereka emang bertumbuh kan jadi bajunya pada gak muat dan biasanya beli baju ya pas Lebaran tiba :)

    BalasHapus
  8. Gak harus pake baju baru, baju lama pun gakpapa yang penting masih terlihat bagus dan rapih

    BalasHapus
  9. Nah ini yang aku lakuin Lebaran kemaren sama anak gadisku. Gak bikin atau beli baju baru. Tapi coba permak baju lama yang udah kegedean. Alhamdulillah badan sedikit langsingan sekarang. Tapi huhu... di sini cari penjahit udah susah. Kmaren ngantri bangeeet. :D

    BalasHapus
  10. Nah ini yang aku lakuin Lebaran kemaren sama anak gadisku. Gak bikin atau beli baju baru. Tapi coba permak baju lama yang udah kegedean. Alhamdulillah badan sedikit langsingan sekarang. Tapi huhu... di sini cari penjahit udah susah. Kmaren ngantri bangeeet. :D

    BalasHapus
  11. Aku hampir gak pernah beli baju baru saat lebaran hehe. Bener sih gak harus baru apalagi kalau baju2nya masih banyak yang bagus2 yaa.
    Nah dipermak salah satu ide yang bagus. Syukur2 pinter jahit sendiri, pasti keren dan bangga banget pakai baju hasil kreasi sendiri :D

    BalasHapus
  12. Setuju banget kak...udah bbrp tahun juga aku pakai baju lama.. dan udah terbiasa gak harus beli baju buat lebaran, untungnya anak2 ku gak rewel gk hrs beli baju baru

    BalasHapus
  13. Aku tahun ini juga gak beli baju baru, soalnya baju yang lama masih bisa dimix and match jadi keliatan baguss lagiii hehehe.

    BalasHapus
  14. Sebagai penganut sustainable fashion, saya sendiri lebih suka untuk gunakan baju lama dan lakukan sedikit mix and match. Menambah koleksi baju, malah akan semakin menambah limbah pabrik yang ada. Saya benar-benar anti dengan fast fashion

    BalasHapus

Posting Komentar