Langsung ke konten utama

Manfaat Kain Perca Bagi Penjahit

Kain percah adalah sisa kain hasil jahitan berupa potongan , dengan banyak motif dan bahan kain . Penjahit umumnya membuang kain perca dan jarang ada yang memanfaatnya kembali . Umumnya dianggap sampah atau limbah hasil industri yang kemudian dibuang untuk di bakar.

 
Kain Perca ada nilainya
Kain Percah

Kain Perca bisa bernilai ekonomi bila kita mempunyai kreatifitas dan ketekunan dalam mengolahnya .  Hanya bermodalkan kemauan dan meningkatkan kemampuan dalam hal tersebut.

Manfaat Kain Perca

Pemanfaatan kain perca mempunyai tujuan antara lain :
  • Meningkatkan kreatifitas dengan menciptakan produk baru yang berbahan dasar kain . Banyak produk baru bisa dibuat dari kain perca , seperti dompet , keset , boneka , kain lap , kain pel bahkan untuk aksesoris tambahan pakaian atau baju.
Dompet kain percah
Hasil penggunaan kain perca

  • Semakin sering kita menciptakan produk baru , otomatis menambah ketrampilan dan keahlian kita mengolah produk berbahan kain percah .
  • Selain hal di atas , kita juga bisa mengurangi hasil sampah atau limbah kain bekas . Pemanfaatan dampah untuk hal hal produktif sangatlah penting untuk menjaga lingkungan .
  • Mendapat tambahan pemasukan ekonomi dari bahan bahan yang relatif murah dan banyak tidak terpakai , walaupun tidak terlalu besar nilainya.

  • Sebagai bahan kain dalam usaha dan pekerjaan permak baju yang biasanya membutuhkan kain bekas untuk menambal baju atau pakaian yang berlubang atau bolong.

Bagi para penjahit fungsi kain perca bisa sebagai kain cadangan bila ada pekerjaan menjahit , ternyata bahan kain yang didapat dari pelanggan kurang dari kebutuhan seharusnya .

Kain Perca yang di Pilih

Dalam memanfaatkan kain perca disarankan antara lain :

  • Bersih dari kotoran dan noda yang membuat kualitas kain rusak dan tidak bisa digunakan kembali.
  • Memilah kain berdasar motif dan bahan kain sehingga mempermudah dalam penanganan pekerjaan kain percah.
  • Kering dan tidak terkena limbah atau cairan yang membuat lembab dan basah kain percah .
  • Bebas akan jamur karena biasanya kain percah yang terlalu lama akan berjamur dan lembab.
  • Simpan stok kain percah dalam ruang kering yang terlindungi dari hujan ataupun panas.

Itulah beberapa tips dalam memanfaatkan kain perca .   Penjahit yang baik seharusnya menghitung secara cermat kebutuhan kain agar tidak terbuang menjadi perca , terutama untuk kain batik .







Komentar

  1. Baru tau kalau itu namanya kain percah dan dapat mengurangi limbah tentunya jika dimanfaatkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tujuan utamanya mengurangi limbah yang terbuang percuma dan meningkatkan manfaatnya.

      Hapus
  2. Cukup terinspirasi, agar limbah kain dapat didaur ulang dan tidak menjadi sampah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak kerajinan yang memanfaatkan limbah dan menjadi sumber ekonomi.

      Hapus
  3. Manfaat Kain Perca
    Kain perca adalah sisa-sisa kain dari bekas pembuatan kain yang biasanya mudah ditemukan di pabrik-pabrik garmen atau penjahit pakaian[1%5E]. Meskipun merupakan limbah, kain perca ini masih memiliki banyak manfaat jika digunakan dengan cara yang kreatif dan inovatif.

    Kerajinan Tangan: Kain perca dapat disulap menjadi barang-barang kerajinan yang unik dan bermanfaat. Ini bisa menjadi boneka, sprei, atau dekorasi lainnya[1%5E]. Selain itu, kerajinan tangan hasil dari kain perca ini memiliki nilai jual yang tinggi karena proses pembuatannya yang cukup rumit3.

    Peluang Bisnis: Mengolah kain perca bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Pasalnya, produk-produk yang dihasilkan dari kain perca banyak diminati oleh masyarakat.

    Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat: Pemanfaatan kain perca bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Contohnya adalah masyarakat di Desa Balongbendo, Balongbendo, Sidoarjo yang melakukan daur ulang kain perca menjadi kain maju.

    Mengurangi Limbah: Dengan memanfaatkan kain perca, kita bisa mengurangi jumlah limbah di lingkungan. Kain perca merupakan limbah industri non organik yang sangat sulit untuk diurai oleh bakteri dan lingkungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Limbah kain dalam jumlah besar bernilai ekonomi bila jeli lihat peluang.

      Hapus
  4. Kain perca bisa juga dimanfaatkan sebagai lap atau jika kreatif bisa sebagai taplak meja dan lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memanfaatkan limbah bekas jahitan untuk banyak kerajinan, yang dibutuhkan hanya ketelatenan.

      Hapus
  5. Manfaat kain perca itu banyak nah, inget dulu pas pelajaran seni budaya ada praktek membuat alas kaki dari kain perca, ada juga dompet mini dll. Daripada dibuang, lebih baik diolah kembali menjadi sesuatu yang berguna

    BalasHapus
  6. Benar. Bisa membawa nilai ekonomis bila jeli memanfaatkan peluang dalam mengolah kain limbah.

    BalasHapus
  7. Artikel yang bagus mengenai kain perca! Terlalu sering kain perca dianggap sebagai sampah, padahal ada begitu banyak manfaat yang dapat diambil darinya. Meningkatkan kreativitas dengan mengolah kain perca menjadi produk-produk baru adalah ide yang bagus. Selain itu, mengurangi limbah kain bekas adalah langkah yang baik untuk menjaga lingkungan. Terima kasih atas informasi tentang cara memilih kain perca yang baik dan tips untuk penjahit. Semoga artikel ini dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk memanfaatkan kain perca dengan lebih kreatif dan efisien.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas komentarnya. Semoga pemanfaatan kain perca membawa nilai tambah.

      Hapus
  8. dulu sya pernah memanfaatkan kain perca menjadi seni kriya seperti lukisan rajutan di atas kain atau alas kaki.. dan sebenarnya nyaris banyak jenis sampah dapat diolah kembali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Temanya adalah daur ulang kain perca dan kain limbah agar bernilai lebih.

      Hapus
  9. artikel yang menaruk.. ulasannya juga bermanfaat

    BalasHapus

Posting Komentar