Langsung ke konten utama

Info Ongkos Menjahit Pakaian 2024

Jahit baju merupakan salah satu keterampilan yang masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain lebih hemat, menjahit baju sendiri juga bisa menjadi sarana untuk menyalurkan kreativitas. Namun, sebelum memulai menjahit baju sendiri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah harga jasa jahit baju.

Harganya di Indonesia bervariasi, tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis yang akan dijahit, tingkat kesulitan, dan lokasi penjahit. Secara umum, harga jasa jahit baju di Indonesia sangatlah bervariasi tergantung item pekerjaan yang dilakukan.

Untuk pekerjaan konveksi dalam jumlah banyak dengan model baju yang mempunyai standart X,M,L relatif murah. Karena dalam pembuatan model dan pemotongan kain dapat dilakukan dalam sekali kerja, sehingga bisa menekan ongkos biaya produksi. Fokus pekerjaan umumnya adalah kecepatan menjahit dalam volume tinggi di waktu singkat yang telah ditetapkan. Penjahit yang berpengalaman bisa menghasilkan 20 baju dalam waktu 8 jam saja.

Pekerjaan jahit custom atau berdasar pesanan khusus lebih menitikberatkan pada ukuran dan model baju / pakaian sesuai keinginan pemakai. Proses pembuatan pola dan pemotongan bahan dikerjakan secara teliti termasuk proses jahitnya harus rapi sesuai ukuran yang direncanakan. Ongkos jahit relatif lebih mahal dan membutuhkan waktu yang lama apalagi bila mengerjakan model yang rumit.

Info Harga Menjahit Baju 

Berikut adalah daftar harga jasa jahit baju di Indonesia tahun 2024:

Harga menjahit baju pria 2024
Harga menjahit baju pria 2024

Untuk pakaian dan baju pria sebaiknya diserahkan pada penjahit Tailor yang umumnya mempunyai keahlian menjahit kemeja dan pakaian untuk laki laki dalam berbagai model.

Untuk harga menjahit baju wanita bisa melihat data dibawah ini:

Biaya Jahit baju wanita 2024
Biaya jahit baju wanita 2024

Untuk wanita, terkadang agak sulit menemukan penjahit yang sesuai keinginan, karena model dan desain pakaiannya sangat cepat perubahan model dan trennya. Butuh mereka yang mempunyai kemampuan  tinggi mengadopsi desain dan membuat pola baju terbaru.

Untuk ongkos jahit seragam sekolah SD, SMP, dan SMA tidak ada perubahan karena baru diketahui saat musim sekolah dibulan Juni. Sedang untuk seragam kerja ataupun PDH bagi pegawai dan karyawan dikisaran harga Rp.160.000 perstel. Harga jahit 1 stel seragam sekolah tidak berbeda saat diluar awal tahun ajaran baru.

Harga jasa jahit baju di atas hanya sebagai perkiraan dibeberapa kota sekitar Jawa Timur dan Jawa Tengah. Harga yang sebenarnya bisa berbeda-beda, tergantung pada kesepakatan antara penjahit dan pelanggan.

Hal yang Memengaruhi Harga

Berikut adalah beberapa faktor yang memengaruhi harga jasa jahit baju:

  • Jenis baju yang akan dijahit. Baju dengan model yang sederhana dan bahan yang murah biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau. Sebaliknya, baju dengan model yang rumit dan bahan yang mahal biasanya memiliki harga yang lebih tinggi.

  • Tingkat kesulitan menjahit baju. Baju dengan model yang rumit dan membutuhkan banyak detail biasanya memiliki harga yang lebih tinggi. Penyebabnya adalah waktu yang dibutuhkan relatif lebih lama dalam pembuatannya. 

  • Waktu penyelesaian yang diinginkan, semakin  membutuhkan hasil jahitan dalam waktu singkat maka harganya lebih mahal karena penjahit harus memberikan waktu yang lebih dari biasanya. Waktu yang diberikan penjahit kepada pelanggannya bervariasi antara 7 hingga 20 hari tergantung jumlah baju dan modelnya.

  • Lokasi penjahit. Jasa jahit baju di kota-kota besar biasanya memiliki harga yang lebih tinggi daripada jasa jahit baju di kota-kota kecil. Tetapi penjahit diperkotaan umumnya memiliki kelebihan dalam mendesain model model baju dan pakaian terbaru yang sedang menjadi tren.
Semua hal di atas adalah bagian yang harus diketahui oleh semua yang menjadi konsumen jahit, selain serba serbi penjahit pakaian saat menerima pekerjaan, yang tentunya dengan harga yang disesuaikan.

Tips Mendapatkan Harga Murah

Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan harga jasa jahit baju yang murah:

  • Bandingkan harga dari beberapa penjahit. Sebelum memutuskan untuk menjahit baju di suatu tempat, sebaiknya bandingkan harga dari beberapa penjahit terlebih dahulu. Biasanya mereka punya standart harga yang berbeda berdasar pengalaman dan keahlian khusus dalam membuat pakaian

  • Diskusikan harga dengan penjahit. Jangan ragu untuk menawar  dengan penjahit. Dengan kenal secara pribadi harga ongkosnya bisa dirundingkan. Menjahitkan baju lebih dari 1 potong bisa mendapatkan potongan harga, apalagi bila memberikan pekerjaan dalam jumlah banyak. 

  • Bawa sendiri bahan. Jika Anda membawa sendiri bahan yang akan dijahit, biasanya Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Penjahit akan menambahkan ongkos beli bahan kain dan transportasi karena memberikan jasa diluar pekerjaannya.

  • Jahit baju di luar hari khusus. Biasanya, harga jasanya akan lebih murah bila jauh waktunya dari hari raya, dan saat menjelang tahun ajaran sekolah. Penjahit umumnya akan menerima pekerjaan yang banyak  pada saat tersebut bahkan menolak pemesanan bila dianggap waktunya sangat terbatas.

Kesimpulan

Harga jasa jahit baju di Indonesia bervariasi, tergantung pada beberapa faktor. Sebelum menjahit baju sendiri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah harga jasa jahit baju. Dengan mengetahuimya Anda bisa mendapatkan harga yang terbaik, pakaian yang berkualitas serta menghemat waktu. Usaha jahit rumahan yang menguntungkan haruslah mengutamakan pelayanan terbaik untuk pelanggannya.

Harga diatas, harus dipahami bukan menjadi acuan yang mengikat bagi konsumen dan penjahit lainnya, karena hanya berdasar informasi yang didapat oleh Penjahit alamanda dari sesama relasinya saja. Selanjutnya pembaca perlu memahami  aturan dan privacy kami apabila bila dikemudian hari ada hal yang ternyata tidak sesuai dalam penyampaian ongkos menjahit.

Komentar

  1. Kalau bicara masalah jasa ini banyak banget pertimbangannya, gak selalu yang lebih murah itu yang dipilih karena kualitas juga penting dan biasanya harga berbanding lurus dengan kualitas. Tapi jangan sampai juga kita terjebak sama harga yang terlalu mahal

    BalasHapus
  2. Saya termasuk kerap menjahitkan baju karena keadaan. Yeah, yg saya jaitkan itu seragam sih, baik seragam sekolah maupun seragam PKK. Kalau ongkosnya kisaran di bawah 100 ribu. Maklum di penjahit biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penjahit yang membedakan hanya dikemampuan membuat pola dan model. Untuk kualitas bila berpengalaman umumnya sama baiknya.

      Hapus
  3. Dengan rentang harga demikian, masih masuk akal banget, apalagi ada kepuasan tersendiri kalau menjahitkan baju. Terasa pas aja gitu karena memang dibuat secara khusus di penjahit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga ongkos jahit rata - rata di Indonesia relatif sama.

      Hapus
  4. Kaak. Menerima jasa jahit jarak jauh kah jd bahannya dikirim ke sana?

    Tarif jasa jahit juga menyesuaikan di kotanya ya, dan skill penjahitnya juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya benar, untuk antar wilayah biasanya menggunakan ukuran yang umum ( x, m, l, xl ) dengan harga yang kompetitif.

      Hapus
  5. Penjahit memang cocok-cocokan. Di tempat saya, ada juga penjahit yang cukup bagus. Tapi, sejak pandemi gak pernah kelihatan lagi. Padahal enak tuh karena lokasinya dekat rumah dan harganya juga gak mahal

    BalasHapus
  6. Pas banget tadi menjahit baju gamis sekitar 120 k emang harganya segitu ternyata.

    BalasHapus
  7. sepertinya kalau untuk baju wanita lebih kompleks ya apalagi kalau modelnya yg detail begitu. tapi kalau sudah cocok dengan penjahit tertentu, jadi pasrah saja dgan harga yang dipatok

    BalasHapus
  8. Paling sering saya jahit baju, karna bagi saya lebih cocok ukuran di badan kalau jahit sendiri di bandingkan beli jadi, tinggal kita cari bahan yang bagus. Memang sih kita harus pintar cari penjahit yang benar benar bagus agar tidak mengecewakan hasilnya

    BalasHapus
  9. Harus pintar cari penjahit yang bagus. Soalnya, aku pernah pengalaman jahit baju pesta di penjahit. Kecewa berat sama hasilnya. Gak sesuai ekspektasi, parahnya, kainnya kebalik astagaa

    BalasHapus
  10. Wah, jadi tahu deh berapa harga rata-rata jasa jahit baju di tanah air. Kunci lainnya memang perlu cari penjahit yang kualitas jahitannya bagus dan rapi juga sih ya. Asiknya jahit baju sendiri memang akhirnya si pakaian yang dikenakan tuh berasa banget limited edition-nya.

    BalasHapus
  11. Aku selama ini hampir ga pernah ke penjahig buat bikin baju, paling kayak permak baju atau gamis aja yang aku pas ga sempet jahit sendiri. Kalau waktu luang, biasanya jahit sendiri wkwk. Suka ngejahit bikin bikin apa gitu, sampe sekarang tapi udah lama ga ngejahit lagi...

    BalasHapus
  12. Mbak itu seriusan segitu? Kok mayan miring yaa? Di sini denger2 udah 150 atau bahkan ada yang lebih huhu. Tapi jadi tahu nanti kalau misalnya mau deal2nya jahit perkiraan harganya.
    Kebetulan mau jahitin seragam anak. Terima kasih ya infonya.

    BalasHapus
  13. Aku sampai saat ini pun kalau ada pakaian yang robek atau ingin mengecilkan dan membesarkan celana selalu pesan untuk dijahitkan. Wahhh boleh dong kak buka cabangnya di Belitung, pasti jadi langganan saya banget hhe

    BalasHapus
  14. Nice juga nih infonya.. Bisa buat rekomendasi nanti untuk acara acara besar bersama dengan keluarga

    BalasHapus

Posting Komentar