Langsung ke konten utama

Serba Serbi Penjahit Pakaian

  •  Definisi Penjahit Pakaian

Penjahit pakaian adalah orang yang mempunyai kemampuan dan keahlian  dalam pekerjaan pembuatan , merevisi / permak dan membuat  pakaian yang sesuai permintaan  pelanggan . 

Kemampuan yang harus dimiliki penjahit baju atau pakaian adalah memotong bahan kain , pembuatan pola baju dalam skala apapun , serta menjahitnya , sehingga terwujud baju atau pakaian yang bagus , sesuai dengan permintaan pelanggan . Semua pekerjaan menjahit baju / pakaian di batasi dalam pembuatan semua baju , berbagai celana untuk wanita dan pria .

Penjahit yang mempunyai pengalaman dan keahlian umumnya mengerjakan pakaian dan baju dalam spesialisasi khusus disesuaikan kemampuan yang paling baik dimilikinya . Tidak semua penjahit mengerjakan pakaian dengan berbagai desain dalam pekerjaannya . 

Penjahit baju wanita jarang ada yang mampu menjahit pakaian pria , demikian juga sebaliknya . Seorang penjahit permak baju tidak akan mampu mendesain sebaik penjahit baju sekelas Tailor atau Butik .


Penjahit Pakaian
Penjahit Pakaian

Dari semua hal di atas perlu garisbawah, meskipun berbeda beda keahlian dalam menjahit pakaian , mereka memiliki peran yang penting dan saling mengisi dalam profesi penjahit . Yang utama jasa mereka bermanfaat bagi masyaakat.

  • Keuntungan Menggunakan Penjahit

Menggunakan jasa penjahit , bisa mendatangkan keuntungan dan manfaat bagi kita . Di antaranya adalah :

  • Pakaian yang anda jahitkan menjadi pas dengan ukuran badan serta tidak kebesaran atau sempit , karena diukur dengan pas sesuai ukuran tubuh pemesannya.

  • Keinginan dalam model dan gaya berpakaian anda terakomodasi karena dikerjakan oleh yang ahli dan mengerti tentang baju dan pakaian terbaru .
  • Semua hal  detail dalam baju dan pakaian akan terpenuhi oleh mereka yang ahli yaitu penjahit dalam membuat baju .
  • Menggunakan jasa penjahit , Anda bisa mendapatkatkan baju dengan biaya dan harga yang lebih murah daripada membeli di para penjual pakaian yang menjual secara online atau offline.
  •  Menghabiskan biaya yang dibayarkan kepada penjahit lebih murah , daripada dikerjakan sendiri membuat anda akan menghemat uang dan anggaran anda untuk kebutuhan lain.

  •  Trik Mendapatkan Penjahit Murah

Banyak cara dan trik untuk menemukan penjahit yang sesuai keinginan kita . Di setiap kota  banyak penjahit dengan berbagai kemampuan dan keahlian , tarifpun bermacam macam yang pasti membuat bingung ketika akan menjahitkan pakaian kita .

 Cara yang umum dan sering di lakukan adalah : 

  • Bertanya pada teman, tetangga , keluarga, kenalan kita yang pernah menggunakan jasa penjahit baju atau pakaian . Hal yang biasa di sebut informasi dari mulut ke mulut atau di sebut offline informasi .
  • Membaca informasi dari iklan majalah , koran ataupun brosur . Walaupun hal ini sangat jarang dilakukan untuk saat sekarang . Karena tidak efektif dan menghabiskan waktu , tetapi bisa untuk menjadi salahsatu pilihan.
  • Cara yang paling efektif dan paling umum dilakukan adalah mencari dengan cara online . Dengan memanfaatkan banyak mesin pencari sesuai kesukaan kita ataupun melalui blog , media sosial lainnya.

Penutup

Penjahit harus mempunyai keahlian dalam perhitungan dan desain termasuk memotong kain dan memanfaatkan semua potongan kain percah, secara maksimal dan untuk pakaian kita.

Penjahit adalah profesi yang penting bagi mereka yang membutuhkan baju ataupun pakaian . Carilah mereka yang baik dan mempunyai pengalaman serta tentu saja harganya terjangkau.


Mesin Jahit Industri
Mesin jahit para penjahit

Untuk mengetahui  yang di butuhkan dalam mendesain dan tren pekerjaan jahit bisa membaca dalam blog ini.






Komentar