Langsung ke konten utama

Idul Adha 1444 H

Berdoa dan ibadah di Hari Raya

Tanggal 29 Juni 2023 adalah hari Idul Adha yang diperingati oleh setiap muslim dipenjuru dunia. Salahsatu hari besar yang sangat diagungkan dan dirayakan dengan kegiatan spiritual dari pagi hingga malam.

Puncak Ibadah Haji Dunia

Yang paling utama adalah puncak dari segala ibadah atau penyempurna ibadah semua umat muslim jatuh pada hari Idul Adha yaitu puncak Haji di tanah suci Mekkah -Arab Saudi . Tidak membedakan asal negara , suku , warna kulit dan jenis kelamin pada hari Idul Adha di laksanakan secara bersama berdasar rangkaian kegiatan yang telah ada sejak masa lalu .

Datang dari berbagai sudut dunia secara berbondong - bondong puluhan hari sebelum hari raya Haji , seluruh peserta Ibadah haji mengadakan puncak kegiatan didepan Ka'bah untuk melengkapi rukun Islam yaitu berhaji .

Baju Ihram Pakaian Berhaji

Pakaian Ihram adalah selembar kain putih tanpa jahitan yang dililitkan pada bagian tubuh yang berfungsi sebagai baju dan pakaian yang wajib di kenakan ketika beribadah umrah dan haji .

Para jamaah Ibadah haji dan umroh , diwajibkan memakai baju Ihram dalam mengikuti serangkaian ibadah haji baik wanita ataupun pria .

Shalad Ied 

Bagi umat Islam yang tidak berhaji dan berada di manapun di anjurkan untuk melakukan ibadah shalat Ied di pagi hari yang dilakukan di lapangan terbuka ataupun di masjid masjid. 

Terdiri dari shalat 2 rakaat di iringi takbir setiap rakaatnya , kemudian ditutup oleh ceramah Hari Raya yang isinya tentang sejarah dan cerita peringatan Idul Adha .

Selanjutnya ritual berkorban ternak sapi , kerbau , kambing , biri biri bahkan onta yang memenuhi syarat dilaksanakan  . Daging dari hewan tersebut di bagikan kepada tetangga atau orang orang yang tidak mampu dalam ekonomi.

Demikian serangkaian cerita tentang salah satu Hari Raya umat Islam yang di peringati di Indonesia dan seluruh dunia.

Selain perayaan agama Islam di Bulan Juni 2023 ada peringatan Hari Waisak bagi umat Budha yang diperingati dengan khidmat oleh pemeluknya.


Komentar