Langsung ke konten utama

Tips Beli Baju Bekas Berkualitas dan Murah

 Baju bekas atau di sebut thrifting menjadi salahsatu pilihan dalam berpakaian untuk saat ini dalam gaya busana. Keunggulan dalam merk yang terkenal, model yang banyak pilihan dan tentunya tidak bisa dipungkiri adalah harganya yang murah karena dijual dalsm kondisi bekas.

Kondisi pakaian bekas yang dijual bermacam macam bahkan kadang ditemukan kondisi yang kurang layak pakai, kotor dan kumal. Cukup merugikan bagi yang terlanjur membeli baju tersebut. Kejelian dan teliti dalam membeli barang bekas termasuk baju, sangat penting dan bagi mereka yang ingin berburu baju bekas atau barang bekas.

Ada beberapa tips dan trik yang bisa dijadikan pedoman dalam melakukan pembelian baju dan pakaian bekas untuk mereka yang akan berburu baju dan barang bekas, yaitu:

Pilih Lokasi

Kios baju bekas menjamur di Indonesia

Lokasi penjualan barang barang bekas biasanya terpusat pada wilayah tertentu dengan item dan jenis barang yang berbeda beda di setiap lokasi. Pusat baju bekas biasanya terdiri dari banyak penjual baju dan pakaian bekas dengan banyak pilihan harga.

Di beberapa kota tempat penjualan baju bekas sudah dikenal hingga puluhan tahun. Sebagai contoh adalah pusat baju bekas di Jalan Gembong Surabaya yang puluhan tahun sudah dikenal sebagai pusat jual beli berbagai barang bekas termasuk baju.

Ada puluhan kios menawarkan berbagai baju bekas dengan berbagai pilihan dan harga. Sebelum membeli sebaiknya melihat dulu kios yang menjual pakaian sesuai keinginan kita. Bertanya harga barang kepada penjual sebelum membeli adalah hal yang wajib agar kita tidak tertipu.

Setelah kita mengetahui kisaran harga baju dan pakaian bekas, langkah selanjutnya adalah, 

Tentukan Baju dan Pakaian yang di Beli

Menentukan baju dan pakaian yang kita beli adalah cara yang bijaksana dalam berbelanja. 

Untuk menghindari kelebihan anggaran dalam membeli baju bekas adalah salahsatu tujuan menentukan baju dan pakaian yang akan dibeli. Selain itu tidak perlu terlalu lama di lokasi penjualan baju bekas. Apalagi dicuaca siang hari yang panas, akan menguras tenaga.

Hindari membeli barang yang terlalu banyak dalam kondisi bekas karena tidak semua barang bekas yang dijual berkualitas baik kondisinya. Setelah kita menemukan baju yang sesuai keinginan, langkah selanjutnya adalah

Periksa Kondisi Baju dan Pakaian 

Kondisi baju dan pakaian bekas yang terlihat sepintas bagus belum tentu sesuai harapan. Beberapa hal yang harus diperiksa adalah:

  • Jahitan baju, cek jahitan baju secara menyeluruh secara detil dan teliti karena biasanya baju bekas banyak terdapat jahitan yang rapuh. Untuk baju biasanya dibagian lengan sering ditemukan jahitan yang rapuh dan putus, sedang untuk celana umumnya dibagian selangkangan banyak ditemukan robek.
  • Kondisi kain, baju dan pakaian bekas umumnya sudah lama dan kain sudah lapuk atau mudah robek, cara memeriksa kain terutama baju dan pakaian berbahan katun relatif mudah, tarik perlahan kainnya, bila terlihat serat yang tertarik dipastikan  kain tersebut rapuh dan sebaiknya tidak dibeli.
  • Hindari membeli baju berwarna putih, karena umumnya bila dibeli akan nampak kusam dan sangat mudah dikenali  bahwa baju tersebut didapat dari membeli baju bekas.
Setelah kita memeriksa kondisi baju bekas yang hendak di beli langkah berikutnya adalah,

Sesuaikan Ukuran Baju

Menyesuaikan ukuran baju adalah langkah yang perlu dilakukan juga, hindari membeli tanpa memeriksa ukuran baju karena:

  • Ukuran baju yang terlalu kecil, menjadikan usaha kita sia sia belaka karena membuang tenaga, waktu, dan uang tanpa hasil.
Bila ukuran baju yang sesuai dengan badan kita tidak ditemukan, ukuran yang lebih besar adalah pilihannya, kita bisa membawa baju dan pakaian bekas ke penjahit untuk dipermak sesuai kemauan, tentu saja dengan anggaran yang tidak terlalu besar.

Tinggal beberapa langkah yang kita lalui, 

Menawar Harga Jual

Tawar harga barang dibawah harga yang ditawarkan pembeli, keahlian komunikasi dan negosiasi dibutuhkan untuk mendapat potongan harga yang menghemat anggaran kita.

Ada beberapa patokan harga baju dan pakaian bekas tahun 2023 di Surabaya yang bisa di jadikan patokan:

  • Kaos dan baju bekas harganya di kisaran Rp.10.000 hingga Rp.50.000.
  • Celana pendek dikisaran harga Rp.5.000 hingga Rp.25.000.
  • Celana jins bekas kisaran harga Rp.35.000 hingga Rp.80.000.
  • Jaket Kulit bekas rentang harga Rp.150.000 sampai Rp.300.000.

Tips Tambahan

Ada beberapa tips tambahan dalam berburu baju bekas,

  • Jangan berburu baju bekas dihari minggu atau hari libur, karena pedagang biasanya menaikkan harga di hari tersebut.
  • Usahakan dalam bernegosiasi menggunakan bahasa daerah yang digunakan penjual, umumnya pedagang barang bekas menghargai dan memberi potongan harga kepada orang yang berasal dari satu daerah asal pedagang menjual.
  • Hindari membeli baju bekas secara online, karena tidak bisa di lihat bentuk fisiknya dan foto baju yang dijual umumnya menggunakan efek editing.

Demikian beberapa tips dalam membeli baju dan pakaian bekas yang bisa dipraktekkan untuk berburu baju bekas berkualitas.

Untuk membeli bahan baju dan kain di Surabaya artikel tentang tenpat berjualan kain bisa menjadi bahan referensi bagi mereka yang berasal dari luar kota.


Terima kasih sudah membaca.







Komentar

  1. Terima kasih tipsnya.

    BalasHapus
  2. Tips memilih baju bekas tapi Masi berkualitas ni

    BalasHapus
  3. "Ya betul"bang Marno.Apa kabarnya sekarang?

    BalasHapus
  4. Aku mau baju pengantin mas tolong buatin ya wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk thrifting baju pengantin online saya rekomendasikan Ova Meyer https://www.facebook.com/ova.meyer.1?

      Hapus
  5. iyaaa ini di solo juga ada beberapa kali kegiatan thrifting selalu ramai peminat..mesti pintar-pintar pilih baju biarku second tapi masih banyak yang bagus2 lhooo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya mas, daerah ngaglik Solo tempatnya barang bekas seingat saya. Pasar klewer murah murah juga lho.

      Hapus
  6. Syap, makasih tipsnya mas jadi ngerti meski bekas kini tetep bisa milih yg lebih berkualitas hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak penjual baju bekas berkualitas bila jeli memilih.

      Hapus
  7. Ini tips sangat bermanfaat pastinya

    BalasHapus
  8. Kalo saya sih suka ajak temen klo mau beli2 baju . Soalnya bingung kalo sendirian hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu salah satu tipsnya. Jangan sendirian beli baju bekas.

      Hapus
  9. saya termasuk salah satu org yg suka bgt berburu baju2 bekas eks eskpor dan berkualitas serta nyaman dipake.. di artikel ini diberi tips dan saran cara2 memillah baju2 yang berkualitas walau bekas, dengan melihat kondisi2 baju terlebih dahulu.. trims sudah berbagi tips nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan kalap klo lihat baju yang menarik. Bisa menguras kantong dan tidak terasa.

      Hapus
  10. Terima kasih tipsnya, Kak. Sangat bermanfaat buat saya. Saya biasanya juga beli baju thrifting, Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup.thrifting saat ini menjadi alternatif dalam membeli baju dan pakaian.

      Hapus
  11. Mantap kak tipsnya, terutama ketika ingin membeli di saat dompet tipis hehe

    BalasHapus
  12. Terimakasih atas tips, pengetahuan, serta wawasan yg sudah mas berikan dalam artikel ini tentang bagaimana mana cara memilih pakaian bekas yg berkualitas, jadi teringat sekitar 4 atau 5 taun lalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda berpengalaman lama dalam trifting baju. Terima kasih komentarnya

      Hapus
  13. saat membeli baju bekas, salah satu hal yang sulit yaitu melihat apakah ada noda atau tidak di baju tersebut karena biasanya toko / tempat menjual baju bekas tersebut tidak dilengkapi penerangan yang memadai seperti di toko yang menjual baju baru.. untungnya sekarang sudah ada senter di ponsel, jadi lebih memudahkan kalau untuk mengecek ada noda atau tidak..

    BalasHapus
  14. Noda apalagi bekas cat minyak susah dihilangkan. Terima kssih komentarnya.

    BalasHapus
  15. Jaman masih kuliah, kalau mau ada event dan ada konsep dresscodenya. Pasti nyari di daerah Gembong Surabaya yang pusatnya barang bekas ini. Tapi meski jeli sama kondisi baju emang, karena enggak semua baju/barangnya prima. Di pasar Gembong ini juga langganan bapak buat caru bahan² sparepart mesin buat eksperimen di bengkelnya. 😂

    BalasHapus
  16. Gembong sudah tertib tidak seperti mssalalu.

    BalasHapus
  17. Sebenernya seneng banget barang-barang thrifting karena beda, unik, dan murah tentunya! Tapi kendalanya aku gak enakan nawar, jadi kayak susah kalau pergi ke tempat thrifting sendirian karena gakbisa nawar. Udah mah aku orang Bandung yang gak bisa Bahasa Sunda, pasti dikasih mahalll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, solusinya mengajak teman yang paham dalam berkomunikasi dengan penjual

      Hapus
  18. Wah ini nih tips yang aku cari, sering beli baju bekas tapi asal asalan, hasilnya selalu kurang memuaskan hha.

    BalasHapus
  19. Harus hati hati dan teliti bila membeli barang bekas.

    BalasHapus

Posting Komentar